10 Oktober 2024

Pemko Padang Tingkatkan Kesadaran Hukum Warga


PADANG, (GemaMedianet.com) | Dalam rangka memupuk kesadaran hukum di lingkup keluarga dan masyarakat, Pemerintah Kota (Pemko) Padang bersama Kantor Wilayah Hukum dan HAM Sumatra Barat  menggelar Lomba Kelompok  Sadar Hukum (Kadarkum) Tingkat Kota Padang.

Asisten I Pemerintahan dan Kesra Edi Hasymi mengatakan melalui momen seperti ini diharapkan pihak-pihak kecamatan dan kelurahan mampu menjadikan peserta sebagai duta-duta di wilayahnya untuk mengingatkan kesadaran   terkait hukum.

"Mulai dari orang terdekatnya bahwa banyak aturan dari perundang-undangan yang harus diketahui oleh masyarakat baik tentang lalu lintas apalagi tentang ITE yang berdampak pada pidana," ujarnya saat memberi sambutan pada kegiatan Lomba Kadarkum di Bagindo Aziz Chan, Selasa (8/10/2024).

Edi menambahkan, lembaga eksekutif, yudikatif dan legislatif  mempunyai peran dalam mensejahterakan kehidupan masyarakat.

"Suatu negara harus ada aturan, hukum juga memberikan pemahaman, pentingnya hukum dalam berkehidupan. Kegiatan ini sebagai modal untuk meningkatkan kesadaran hukum," harapnya.

Sementara itu, Kepala Kemenkumham Sumatra Barat yang diwakili Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Yuliana Pendah Harsiwi menjelaskan hukum memiliki peranan penting sebagai pilar utama yang mengatur kebijakan di tengah masyarakat.

"Keluarga sebagai unit terkecil dalam proses  kesadaran hukum. Saya sangat mengapresiasi upaya  Pemko Padang untuk terus meningkatkan kesadaran hukum melalui berbagai  upaya, salah satunya kerja sama penyuluhan untuk mengantisipasi pelanggaran-pelanggaran," ujarnya.

Terpisah, Kepala Bagian Hukum Setda Kota Padang Rita Engleni menjelaskan sebelum mengadakan lomba seluruh peserta sudah dibina kemudian diseleksi sehingga terpilih lima orang dari perwakilan kecamatan untuk mengikuti lomba tersebut.

"Materi yang dilombakan terkait narkotika, sistem peradilan pidana anak, Lalu Lintas Angkutan Jalan (LLAJ), pemberantasan  tindak pidana perdagangan orang, informasi dan transaksi elektronik serta pemberantasan tindak pidana terorisme. Untuk juara pertama akan dikirim ke tingkat provinsi," tutup Rita.

Di akhir kegiatan, lomba Kadarkum juara I diraih oleh Kecamatan Lubuk Kilangan, juara II Koto Tangah, juara III Kuranji. Kemudian lomba yel- yel terbaik diraih oleh Kecamatan Padang Barat. (d)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN

Iklan

POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

Iklan

iklan

Arsip Blog