29 September 2024

Tancap Gas Pasca Dilantik Sebagai Wali Kota Padang, Hendri Septa Boyong 29 Penghargaan Sepanjang 2021


PADANG, (GemaMedianet.com) |  Sosok yang satu ini patut diacungi jempol. Betapa tidak, selain muda juga energik. Lihat saja ketika Mahyeldi resmi menjadi Gubernur Sumbar, Hendri Septa yang sebelumnya Wakil Wali Kota Padang naik menjadi Wali Kota Padang kemudian langsung tancap gas mengurus ibukota Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) ini.

Alhasil, Hendri Septa B.Bus (Acc), M.I.B yang dilantik pada tanggal 7 April 2021 sebagai Wali Kota Padang sisa masa jabatan 2019-2024 ini berhasil memborong sebanyak 29 penghargaan di tahun tersebut.

Hebatnya lagi, prestasi itu diraih justeru di saat Indonesia tengah didera pandemi COVID-19 dengan ketatnya beragam aturan.

Berikut, sederet penghargaan yang berhasil diraih di 2021. Dimulai dari penghargaan yang diberikan BNPB atas Kinerja dan Sinergitas Dalam Penanggulangan Bencana di Kota Padang kepada BPBD Kota Padang, 10 Maret 2021.

Masih Bulan yang sama, tepatnya 30 Maret 2021, PR Indonesia dan PT. Isentia mengganjar penghargaan pada Pemko Padang kategori Pemerintah Kota Terpopuler di Media Cetak selama tahun 2020 dalam kegiatan The 6th Public Relations Indonesia Awards (PRIA) 2021. 

Kemudian, 9 April 2021, Bank Indonesia (BI) PerwakilanSumbar memberikan penghargan sebagai Inisiator Implementasi E-Retribusi Pasar, E-RetribusiPariwisata,  E-Retribusi QRIS.  Penghargaan ini bersaman dengan penghargaan dari Pemerintah Provinsi Sumatera Barat kategori Kota Terbaik I dalam Pembangunan Daerah Tahun 2021 Tingkat Provinsi Sumatera. Bulan April ini juga, Pemko Padang diganjar penghargaan Pengarusutamaan Gender Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2020.

Bulan Mei juga ada tiga penghargaan. Pertama dari Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/ Bappenas, 4 Mei 2021 Terbaik II kategori kota, karena dari sisi perencanaan memiliki kebijakan penyusunan RKPD yang memuat upaya penanganan pandemi COVID-19 melalui inovasi Kongsi COVID-19.

Kemudian di 7 Mei 2021, Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2020 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sumbar. Sedangkan pada 24 Mei 2021, penghargaan datang dari PT. PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Sumatera Barat atas Konsistensi Pembayaran Listrik Tepat Waktu Untuk Tahun 2020.

Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, 29 Juli 2021 mengganjar Kota Padang dengan penghargaan bergengsi sebagai Layak Anak Tingkat Nindya.

Dan, 10 September 2021 Majalah Top Bussiness bekerja sama dengan Institut Otonomi Daerah (I-OTDA) yang didukung beberapa lembaga, asosiasi dan konsultan bisnis, mengganjar Penghargaan Top Pembina BUMD Tahun 2021 pada Wako Hendri Septa dalam upaya memajukan Perumda Air Minum Kota Padang.

Berlanjut di bulan Oktober, tepatnya 13 Oktober 2021, Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Kategori Madya 2020, atas keberpihakan pada kesetaraan dan kesejateraan Gender, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak diberikan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Republik Indonesia ke Pemko Padang.

Kemudian Pemko Padang berturut-turut menerima penghargan lainnya di bulan Oktober ini, yakni Tanggal 16 Oktober 2021, Penghargaan Narwasita Tantra Tahun 2019 atas penyusun DIKPLHD terbaik pada Tahun 2019 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Tanggal 18 Oktober 2021, PenghargaanPeringkat I (Pertama) pada Kategori 2 terkait Implementasi Sistem Aplikasi Pelayanan Kepegawaian (SAPK) dan Pemanfaatan Computer Assisted Test (CAT) dari BadanKepegawaian Negara (BKN).

Tanggal 18 Oktober 2021, Peringkat 3 (ketiga) untuk kategori 4 tentang Implementasi Penilaian Kerja dari Badan Kepegawaian Negara (BKN). 25 Oktober 2021 Penghargaan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) Tahun 2020 dari Menteri Keuangan Republik Indonesia.

28 Oktober 2021, Penghargaan Anugerah Tangguh Adhiwirasana Kategori Wira Sandya Laksana, Atas Kinerja Unggul Dalam Penanggulangan Bencana Non-Alam (COVID-19) dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Tak terhenti sampai di situ, bulan November sederet penghargaan kembali diraih Pemko Padang. Diantaranya di 8 November 2021, Wako Hendri Septa dinobatkan menerima Penghargaan Kepala Daerah Peduli Pemuda dari KNPI Sumatera Barat.

Sedangkan di 17 November 2021, Pemprov Sumbar dalam lomba yang diadakan Dinas Pariwisata, memberikan tiga gelar juara ke Kota Padang. Yakni, Juara I Lomba Toilet Bersih di Masjid padaKawasanDaya Tarik Wisata Unggulan (DTWU) diberikan kepada Masjid Al Hakim, Juara II Lomba Toilet Bersih di Masjid pada Kawasan Wisata Terpadu (KWT) Gunung Padang, Juara II Lomba Toilet Bersih di Masjid pada Kawasan Wisata Terpadu (KWT) Gunung Padang.

Prestasi yang membanggakan diraih kafilah Kota Padang di tanggal 19 November 2021, yakni meraih Juara Umum MTQN ke-39 Tingkat Provinsi Sumatera Barat yang digelar di Kota Padang Panjang. Berkat kepiawaian seorang Hendri Septa, gelar juara umum yang sempat lepas di MTQ ke-38 di Kota Solok tahun 2019 lalu, kini kembali diraih.

“Alhamdulillah, ini berkat kerja keras bersama, termasuk pelatih, ofisial dan kafilah yang bisa memaksimalkan target yang telah diberikan untuk kembali merebut kembali gelar juara umum yang sempat lepas. Ini juga janji kami sewaktu dilantik menjadi wali kota pada 7 April 2021 lalu, akan berusaha merebut kembali gelar juara umum MTQ,” ucap Hendri Septa penuh haru.

Selanjutnya, tanggal, 25 November 2021 Kota Padang mendapat dua penghargaan sekaligus, berupa Terbaik II Perencanaan dan Pencapaian Daerah Tingkat Kota se-Indonesia Tahun 2021 dan Terbaik III Perencanaan dan Pencapaian Daerah Tingkat Kota se-Indonesia Tahun 2020 dari Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/KepalaBappenas.

Penutup tahun 2021, di bulan Desember 6 penghargaan juga diterima Pemko Padang, yakni: Pertama, Implementasi Program Smart City (Kota Cerdas) kategori Smart Society Gerakan Menuju Smart City dari Kemenkominfo RI (14 Desember 2021). Kedua, Top Digital Implementation 2021 Level Stars 4 bagi Pemko Padang dari Majalah It Works yang bekerjasama dan didukung oleh beberapa Asosiasi dan Perusahaan Konsultan TI TELCO/Digital (21 Desember 2021).

Di hari yang sama juga ada penghargaan ketiga, yakni Penghargaan Top Leader on Digital Implementattion 2021 (Majalah It Works yang bekerjasama dan didukung oleh beberapa Asosiasi dan Perusahaan Konsultan TI TELCO/ Digital). Keempat, Penghargaan Top CIO on Digital Implementation 2021 (Majalah It Works yang bekerjasama dan didukung oleh beberapa Asosiasi dan Perusahaan Konsultan TI TELCO/ Digital).

Untuk yang kelima, penghargaan bergengsi dari Kementerian Kominfo RI dengan menobatkan  Media Center Kota Padang sebagai Media Center Daerah Terbaik Pertama Kategori Pemberitaan. Terakhir, bertepatan Hari Ibu 22 Desember, Kota Padang dianugerahi Penghargaan Atas Peran Pemerintah dalam Mendukung UMKM Kota Padang dari HIPMI Sumbar.

Menapaki tahun 2022 ini, di tengah kesibukan pelaksanaan vaksinasi dan perang melawan virus Corona di Kota Padang, Ketua DPD Partai Amanat Nasional (PAN) Kota Padang ini, punya obsesi besar membangun Kota Padang. Ia menargetkan pembangunan gedung DPRD Kota Padang, dan gedung Youth Centre di tahun 2022 bisa dimulai.

Kedua gedung ini sangat penting. Karena ia melihat gedung DPRD saat ini sudah tidak memadai di era milenial saat ini.

“Gedung DPRD dibangun sejalan dengan pembangunan Youth Centre yang menjadi dua titik kemajuan Kota Padang di era milenial,” ujarnya. (pr)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN

Iklan

POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan

iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

Iklan

iklan

Arsip Blog