08 September 2024

Sempat Hambat Akses Jalan, Pohon Tumbang Sepanjang 16 Meter Dibersihkan Tim BPBD Padang


PADANG, (GemaMedianet.com) | Sebuah Pohon Trambesi sepanjang 16 meter dan berdiameter 70 cm tumbang di ruas jalan kawasan Kelurahan Kampung Pondok, Kecamatan Padang Barat, Minggu, (8/9/2024) sekitar pukul 18.00 WIB.

Peristiwa itu diakibatkan oleh hujan deras disertai angin kencang yang melanda wilayah RT 03 RW 11  tersebut.

Pohon tumbang tersebut sempat menghambat akses jalan dan menimpa jaringan kabel telepon, hingga menyebabkan gangguan sementara di wilayah sekitar.

Mendapat laporan, BPBD Kota Padang segera turun tangan dengan mengerahkan 10 personel, dilengkapi mesin chainsaw untuk melakukan pembersihan pohon tumbang.

Proses penanganan turut dihadiri oleh Lurah Kampung Pondok, Babinsa, Bhabinkamtibmas, LPM, RW, RT, serta Pak Kobeng,
warga setempat. Mereka bersama-sama membantu memastikan situasi agar tetap terkendali.

Sementara itu Kalaksa BPBD Kota Padang, Hendri Zulviton memberikan imbauan kepada masyarakat untuk tetap waspada terhadap potensi bencana alam, terutama saat terjadi cuaca ekstrem seperti hujan deras dan angin kencang.

Masyarakat diharapkan untuk melaporkan segera apabila terdapat pohon yang berpotensi membahayakan di sekitar tempat tinggal.

"Pohon-pohon besar yang sudah tua atau berada di dekat jaringan listrik dan telekomunikasi perlu mendapat perhatian khusus. Kami berharap masyarakat dapat bekerja sama dengan pemerintah dalam menjaga lingkungan dan keselamatan bersama," ujar Hendri.

Dia juga mengharapkan masyarakat tetap mengikuti informasi resmi dari pemerintah dan BMKG, serta tidak mudah terpengaruh oleh informasi yang belum jelas kebenarannya.

Tak lupa dia juga meminta masyarakat untuk memanfaatkan kanal pengaduan darurat milik Pemerintah Kota Padang melalui kontak 112, serta BPBD Kota Padang di nomor 0751-778775, WhatsApp 085891522181 dan radio komunikasi/HT 170.300 MHz untuk melaporkan kejadian bencana alam yang terjadi. (gmn)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN

Iklan

POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan Bank Nagari

iklan KPU Pesisir Selatan

   

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

Iklan

iklan

Arsip Blog