21 September 2024

Progul Layanan Bus Trans Padang Tuntas, Masyarakat Puas : Terimakasih Pak Hendri Septa


PADANG, (GemaMedianet.com) | Kendati sempat berjuang sendiri dalam memimpin Kota Padang periode 2019-2024, namun hal itu bukan menjadi penghalang bagi seorang Hendri Septa untuk menjalankan amanah sebaik-baiknya sebagai Wali Kota Padang tanpa wakil.

Hal itu dibuktikan Hendri Septa dengan keberhasilannya menjalankan sekitar 82 persen dari 11 program unggulan (progul) Pemerintah Kota (Pemko) Padang hingga pertengahan tahun 2023.

Persentase yang cukup tinggi itu dilaksanakannya tanpa wakil. Padahal, seperti diketahui bersama Padang bukanlah sebuah kota kecil di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar). Luas wilayahnya saja tersebar di 11 kecamatan dan 104 kelurahan dengan jumlah penduduk yang padat.

Selain itu, kota ini juga berstatus sebagai ibukota provinsi, tentu saja menjadi barometer bagi kabupaten dan kota lainnya di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Diantaranya dalam memaksimalkan penataan transportasi di ibukota provinsi tersebut. Upaya itu dilakukan dengan menuntaskan pembukaan 6 koridor Trans Padang. Salah satu solusi yang dihadirkan, untuk membantu mengatasi kemacetan dan polusi udara.

Hal itu menjadi perhatian serius Hendri Septa, karena sektor itu termasuk salah satu dari 11 Progul 2019-2024, yakni melanjutkan penataan angkutan umum dengan pembukaan koridor baru Trans Padang, serta melakukan manajemen dan rekayasa lalulintas untuk memperlancar pergerakan orang dan barang.

Enam Koridor Trans Padang itu, yakni Koridor 1 Pusat Kota - Air Pacah, Koridor 2 Pusat Kota - Bungus Teluk Kabung, Koridor 3 Pusat Kota - Lubuk Begalung, Koridor 4 Pusat Kota - Jati, Koridor 5 Pusat Kota - Kuranji dan Koridor 6 Pusat Kota - Indarung.

Empat dari enam koridor itu telah beroperasi dengan 50 unit Bus Trans Padang. Sedangkan sisanya dua koridor telah dibuka akhir tahun 2023, yakni koridor 2 dengan 12 unit armada Bus Trans Padang, 
dan koridor 6 dengan 10 unit armada. Dengan demikian total unit Bus Trans Padang beroperasi di 6 koridor menjadi 72 unit Bus Trans Padang.

Peresmiannya pun dilakukan langsung oleh Wali Kota Hendri Septa pada 11 Desember 2023. Hal itu guna menjawab kebutuhan dan animo masyarakat yang tinggi akan keberadaan dua koridor tersebut.

Seperti diketahui, jadwal operasi koridor Bus Trans Padang dimulai pukul 06.00 WIB sampai pukul 19.00 WIB setiap harinya. Untuk bisa memanfaatkan layanannya, pengguna tinggal menunggu di halte-halte Trans Padang yang sudah tersebar di jalur koridor masing-masing. 

Besaran tarif Bus Trans Padang untuk semua koridor sama, untuk pelajar Rp1.500 dan umum Rp 3.500 per penumpang. Bus yang telah beroperasi saat ini melewati tempat-tempat strategis di Kota Padang seperti kampus, sekolah, gedung perkantoran dan sejumlah rumah sakit.

"Kami sangat dimudahkan dengan adanya program layanan 6 koridor Bus Trans Padang ini. Masyarakat pengguna menikmatinya dengan rasa aman, nyaman dan puas. Terima kasih pak Hendri Septa," ungkap Diva (18) dan rekan-rekannya, mahasiswi dari salah satu perguruan tinggi negeri terkemuka di Kota Padang, Jum'at (20/9/2024).

Secara Umum 11 Progul Tuntas 116,04 Persen

Pada Mei 2023 di sisa masa jabatan periode 2019-2024 Wali Kota Padang Hendri Septa telah didampingi Wakil Wali Kota, Ekos Albar. Sepertinya kehadiran sang wakil menjadi penyemangat baru di lingkungan Pemko Padang.

Bersama mereka kemudian menuntaskan 11 Progul Pemko Padang. Hingga Mei 2024, rata-rata persentase realisasi 11 Progul Wali Kota dan Wakil Wali Kota masa jabatan 2019-2024 telah mencapai 116,04 persen. Angka ini jauh melampaui target yang direncanakan untuk Desember 2024.

Capaian itu kemudian mendapatkan apresiasi dari Gubernur Sumbar Mahyeldi saat pelantikan Pj Wali Kota Padang pada 17 Mei lalu.

Bahkan dari data Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Padang, hampir seluruh progul Wali Kota dan Wakil Wali Kota Padang telah terlaksana 100 persen. Bahkan ada yang melebihi dari target yang telah ditentukan. (adv)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN

Iklan

POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan Bank Nagari

iklan KPU Pesisir Selatan

   

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

Iklan

iklan

Arsip Blog