09 September 2024

Pohon Tumbang di Jalur Dua Belimbing Timpa Sebuah Mobil dan Jaringan Kabel Telepon


PADANG, (GemaMedianet.com) | Sebatang pohon jenis Lansano dengan panjang 12 meter dan diameter 45 cm tumbang di Jalan Markisah Raya Jalur Dua Belimbing Kelurahan Kuranji Kecamatan Kuranji, Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar), Senin (9/9/2024) sekitar pukul 09.30 WIB.

Peristiwa ini dipicu oleh hujan deras  disertai angin kencang yang melanda kawasan tersebut.

Pohon tumbang tersebut selain menimpa jaringan kabel telepon, juga menimpa sebuah mobil, dan sempat menghambat akses jalan serta menyebabkan gangguan sementara di wilayah sekitar.

Mendapat laporan, BPBD Kota Padang segera menurunkan tim reaksi cepat (TRC) Penanggulangan Bencana di bawah Komando Kabid KL. Dengan dilengkapi mesin chainsaw tim segera melakukan pembersihan pohon tumbang tersebut.

Selain TRC BPBD Padang, dalam proses penanganan turut dihadiri oleh lurah setempat, Babinsa, Bhabinkamtibmas, pihak PLN dan kecamatan. Mereka bersama-sama membantu memastikan situasi tetap terkendali.

Kalaksa BPBD Kota Padang, Hendri Zulviton memberikan imbauan kepada masyarakat untuk tetap waspada terhadap potensi bencana alam, terutama saat terjadi cuaca ekstrem seperti hujan deras dan angin kencang.

Masyarakat diharapkan, melaporkan segera apabila terdapat pohon yang berpotensi membahayakan di sekitar tempat tinggal.

"Pohon-pohon besar yang sudah tua atau berada di dekat jaringan listrik dan telekomunikasi perlu mendapat perhatian khusus. Kami berharap masyarakat dapat bekerja sama dengan pemerintah dalam menjaga lingkungan dan keselamatan bersama," ujarnya.

Hendri juga mengharapkan, masyarakat tetap mengikuti informasi resmi dari pemerintah dan BMKG, serta tidak mudah terpengaruh oleh informasi yang belum jelas kebenarannya. Kemudian, manfaatkan kanal pengaduan darurat milik Pemerintah Kota Padang melalui kontak 112 serta BPBD Kota Padang di nomor 0751-778775, WhatsApp 085891522181 dan radio komunikasi / HT 170.300 MHz untuk melaporkan kejadian bencana alam yang terjadi.

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN

Iklan

POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan Bank Nagari

iklan KPU Pesisir Selatan

   

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

Iklan

iklan

Arsip Blog