10 September 2024

BPBD Kota Padang Persiapan Peringati HKBN dan Gempa 30 September 2009



PADANG, (GemaMedianet.com) | Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang tengah melakukan berbagai persiapan guna memperingati Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN), sekaligus mengenang Gempa 30 September 2009 yang mengguncang Sumatera Barat (Sumbar). 

Gempa besar yang melanda Sumatera Barat 15 tahun lalu itu masih menyisakan memori mendalam bagi masyarakat, terutama di Kota Padang, yang menjadi salah satu daerah terdampak paling parah.

Kegiatan HKBN yang akan digelar pada 30 September 2024 nanti, dirancang untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kesiapsiagaan menghadapi potensi bencana, terutama gempa bumi dan tsunami. 

Dalam rangkaian kegiatan tersebut, BPBD Kota Padang akan menyelenggarakan berbagai lomba yang mengedukasi dan melibatkan masyarakat serta pelajar. Diantaranya, lomba video kesiapsiagaan bencana yang melibatkan Kelompok Siaga Bencana (KSB) antar-kelurahan se-Kota Padang, dan lomba video kesiapsiagaan yang diikuti oleh Satuan Pendidikan tingkat SD dan SMP. Lomba tersebut juga mencakup pembuatan video lagu mars tangguh.

Selain itu, kampanye kesiapsiagaan juga akan dilakukan melalui berbagai media. BPBD Kota Padang akan mengadakan talkshow kebencanaan di radio lokal, simulasi evakuasi dan tsunami (tsunami drill), kuliah umum tentang kebencanaan di beberapa perguruan tinggi, serta penyebaran poster dan imbauan kesiapsiagaan baik melalui media sosial maupun turun langsung ke masyarakat.

Tidak hanya fokus pada edukasi dan sosialisasi, BPBD Kota Padang juga melakukan pembenahan pada tugu peringatan gempa yang terletak di Kota Padang sebagai salah satu simbol mengenang tragedi tersebut. 

Pembenahan ini dilakukan sebagai bentuk penghormatan bagi para korban, serta pengingat akan pentingnya kesiapsiagaan menghadapi bencana yang mungkin terjadi di masa mendatang.

Kalaksa BPBD Kota Padang, Hendri Zulviton menyatakan, bahwa rangkaian kegiatan itu bertujuan untuk meningkatkan ketangguhan masyarakat terhadap bencana. 

"Kita tidak bisa memprediksi kapan bencana akan datang, tetapi kita bisa mempersiapkan diri dengan baik. Melalui kegiatan ini, kami berharap masyarakat lebih sadar dan siap menghadapi potensi bencana, khususnya gempa bumi dan tsunami," ujarnya.

Rangkaian kegiatan peringatan Gempa 30 September ini menjadi momentum penting bagi warga Kota Padang untuk kembali mengingat pentingnya kesiapsiagaan bencana dan melibatkan semua elemen masyarakat dalam mewujudkan Kota Padang yang lebih tangguh.

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN

Iklan

POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan Bank Nagari

iklan KPU Pesisir Selatan

   

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

Iklan

iklan

Arsip Blog