27 Agustus 2024

Program Genius Kembali Dilaksanakan di Tiga SD Kota Padang




PADANG, (GemaMedianet.com)| Sebanyak tiga Sekolah Dasar (SD) di Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) kembali melaksanakan Gerakan Edukasi dan Pemberian Pangan Bergizi (Genius) untuk 2024. Tiga SD tersebut adalah SDN 09 Surau Gadang, SDN 13 Lolong, dan SDN 30 Lubuak Lintah.

Genius sendiri bertujuan untuk memberikan edukasi pangan dan gizi bagi siswa dan orangtua serta pemberian kudapan pangan bergizi untuk siswa. Genius 2024 secara resmi dilaunching Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kota Padang Corri Saidan di SDN 09 Surau Gadang, Senin (26/8/2024).

Dia mengatakan, pelaksanaan Genius 2024 sudah berdasarkan hasil evaluasi dari pelaksanaan Genius 2023 yang mendapati sebanyak 47,1 persen anak SD tidak dan jarang sarapan. Untuk itu, Pemerintah Kota (Pemko) Padang akan memaksimalkan program tersebut sebaik mungkin.

Menurut dia, upaya penanganan rawan pangan dan gizi, pemenuhan gizi bagi generasi muda saat ini sangat diperlukan untuk memastikan terciptanya target Indonesia Emas 2045.

"Salah satu kelompok sasaran  yang perlu mendapatkan perhatian dalam penanganan rawan pangan dan gizi adalah anak usia sekolah yang pada tahun 2045 memasuki usia produktif," ujar Corri Saidan.

Genius merupakan program jangka panjang yang telah disiapkan oleh Badan Pangan Nasional yang bekerjasama dengan Asosiasi Institusi Pendidikan Tinggi Gizi Indonesia (AIPGI) untuk dapat mewujudkan ketahanan pangan dan perbaikan permasalahan gizi di Indonesia sekaligus untuk membangun SDM yang sehat, aktif serta produktif.

Kepala Bidang (Kabid) Ketersediaan dan Distribusi Pangan Dinas Perikanan dan Pangan Kota Padang, Nila Sari Ardi menjelaskan, tujuan dari pelaksanaan Genius adalah untuk meningkatkan pengetahuan siswa sekolah dasar tentang pangan dan gizi serta mempertahankan dan meningkatkan asupan pangan dan gizi serta status gizi siswa dalam rangka mendukung Generasi Emas 2045.

"Pemberian kudapan pangan bergizi ini diberikan sebanyak 20 kali makan selama dua bulan. Jadi dalam satu bulan diberikan 10 kali kudapan bergizi untuk masing-masing siswa," katanya.

Kepala SDN 09 Surau Gadang Guslinda menggungkapkan, rasa terimakasih kepada Pemko Padang dan pihak terkait yang telah mempercayakan SDN 09 dalam kegiatan Genius 2024 ini.

"Ini merupakan harapan yang sangat besar sekali, kami ucapkan terimakasih kepada pihak-pihak terkait yang telah mempercayakan kepada kami untuk menerima program GENIUS Tahun 2024," katanya.

Pada kesempatan itu juga dilakukan peyerahan penyerahan secara simbolis bantuan baju kaos dari Badan Pangan Nasional terhadap siswa SDN 09 Surau Gadang. (d)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN

Iklan

POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan Bank Nagari

iklan KPU Pesisir Selatan

   

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

Iklan

iklan

Arsip Blog