25 Agustus 2024

Peringati Harganas ke-31, Sumbar Wujudkan Keluarga Utuh Anak Berkualitas


PADANG, (GemaMedianet.com) | Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) menggelar peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-31, Minggu (25/8/2024).

Adapun tema yang diangkat dalam peringatan Harganas Tahun 2024 ini yakni "Keluarga berkualitas menuju Indonesia Emas. Dengan semangat Harganas kita wujudkan keluarga utuh anak berkualitas".

Kegiatan tersebut berlangsung di halaman kantor DP3AP2KB Sumbar di Jalan Rasuna Said No.74 Kota Padang.  Bersamaan dengan kegiatan tersebut, di lingkungan sekitar tengah diterapkan Car Freeday, kawasan bebas kenderaan bermotor.

Alhasil, bentangan spanduk "Cegah kekerasan terhadap anak" di depan kantor tersebut menarik perhatian masyarakat  yang berolahraga dan berseliweran di kawasan sepanjang Jalan Rasuna Said tersebut.

Pantauan media ini, bentangan spanduk itu merupakan titik start dimulainya kegiatan jalan santai bersama Kepala Daerah, BUMN, BUMD, Kepala Dinas OPD, Instansi vertikal, dan ASN di lingkup Pemprov Sumbar, Lembaga Layanan Perempuan dan Anak serta masyarakat.

Kepala Dinas P3AP2KB Sumbar, Dr Herlin Sridiani menyebutkan, selain jalan santai, pada peringatan Harganas ke-31 Tahun 2024 ini  dimeriahkan dengan sejumlah rangkaian acara. Diantaranya Kampanye Perlindungan Perempuan dan Anak dari tindak kekerasan.

Kemudian dilanjutkan dengan acara resmi yakni pembukaan kegiatan dengan sambutan oleh Gubernur Sumbar sekaligus keynote speaker dengan tema “Keluarga Berkualitas”.

Seterusnya, dilaksanakan penyerahan hadiah dan penghargaan bagi sembilan orang Pemenang ASN Model Program KKBPK Lingkungan Pemprov Provinsi Sumbar Tahun 2024 oleh Gubernur Sumbar.

"ASN Pemenang adalah sebagai Duta ASN Informan KKBPK (Duta ASIK) yang kita harapkan sebagai role model Ketahanan Keluarga di lingkungan kantor dan tempat tinggalnya," ujar Herlin.

Tak hanya itu, juga ada beberapa layanan seperti pemeriksaan kesehatan gratis untuk masyarakat oleh Dinas Kesehatan.

Seterusnya, Layanan Puspaga (Pusat Pembelajaran Keluarga), yakni memberi layanan konsultasi gratis bersama psikolog tentang masalah keluarga dan parenting kepada masyarakat oleh Unit UPTD PPA

Terakhir, setelah acara resmi dilanjutkan dengan pembagian doorprize dari pelaksanaan kegiatan jalan santai, tutur Herlin.

Sebelumnya, Kepala D3AP2KB Sumbar, Herlin Sridiani dalam laporannya mengawali kegiatan tersebut mengatakan, tujuan pelaksanaan kegiatan ini untuk meningkatkan pengelolaan pelaksanaan disain program pembangunan keluarga melalui pembinaan ketahanan keluarga dan kesejahteraan keluarga ASN lingkup Pemprov Sumbar.

“Dengan menerapkan delapan fungsi keluarga sebagai dasar ketahanan keluarga yang tangguh, maka akan mewujudkan keluarga kecil bahagia sejahtera dan berkualitas untuk Menuju Indonesia Emas,” ucap Herlin.

Sementara Gubernur Sumbar Mahyeldi dalam sambutannya menegaskan, bahwa membangun ketahanan keluarga menjadi fokus Pemprov Sumbar saat ini. Salah satunya dalam hal memberikan kepastian hukum dalam penyelenggaraan pembangunan ketahanan keluarga, telah dihasilkan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 17 Tahun 2018 tentang Penyelenggaraan Pembangunan Ketahanan Keluarga.

“Perda ini sebagai dasar bagi pemerintah daerah dalam merumuskan kebijakan penyelenggaraan pembangunan ketahanan keluarga di daerah,” cakapnya.

(mz)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN

Iklan

POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan Bank Nagari

iklan KPU Pesisir Selatan

   

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

Iklan

iklan

Arsip Blog