05 Agustus 2024

Lestarikan Tradisi, Festival Makan Bajamba Sambut HJK Padang ke-355


PADANG, (GemaMedianet.com| Festival Makan Bajamba merupakan rangkaian Festival Siti Nurbaya dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kota (HJK) Padang ke-355 digelar pada Sabtu (3/8/2024) di Youth Center Bagindo Azizchan.

Kegiatan itu diikuti oleh tim perwakilan dari 11 kecamatan se-Kota Padang dengan setiap tim menghidangkan lima jamba sekaligus menggelar makan bersama.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang Yudi Indrasyani mengatakan, kegiatan ini bertujuan melestarikan tradisi makan bersama di masyarakat Minangkabau, sekaligus meningkatkan kunjungan wisatawan ke Padang.

“Jadi, selain lomba, kita mengundang wisatawan untuk makan bajamba ini. Kalau tahun lalu peserta dan juri saja yang makan. Kali ini, dari lima jamba, tiga di antaranya kita khususkan untuk wisatawan yang datang," ujar Yudi.

Setiap tim tampak menampilkan berbagai hidangan menu masakan tradisional khas Minang mulai dari rendang, kepala ikan, kali daging, anyang, babat, asam padeh, dll

Yudi menyebut, antusiasme pengunjung untuk datang melihat acara ini cukup ramai. 

"Terlihat pengunjung ada dari berbagai kalangan, tua hingga muda. Bahkan, juga tampak ada yang dari luar negeri, seperti Korea dan Vietnam, yang kebetulan mereka juga pelajar pelajar AIESEC," terangnya.

Untuk penilaian, lanjut Yudi, akan dilakukan oleh tokoh masyarakat dari Bundo Kandung dan Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) serta Dinas Pariwisata. (d)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN

Iklan

POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan Bank Nagari

iklan KPU Pesisir Selatan

   

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

Iklan

iklan

Arsip Blog