19 Agustus 2024

Kapolda Sumbar Buka Taklimat Awal Audit Kinerja Itwasum Polri Tahap II



PADANG, (GemaMedianet.com) | Kapolda Sumbar Irjen Pol. Suharyono, S.IK., S.H., membuka Taklimat Awal Audit Kinerja Inspektorat Pengawasan Umum (Itwasum) Polri tahap II tahun 2024, Senin (19/8/2024) di ruang Jenderal Hoegeng lantai IV Polda Sumbar.

Kedatangan Tim Itwasum Polri tersebut diketuai oleh Irwil II Itwasum Polri Brigjen Pol. Drs. Sjamsul Sidiq M.H., Beserta Tim dalam rangka melaksanakan tugas Audit Kinerja tahap II aspek Pelaksanaan dan Pengendalian T.A 2024.

Kegiatan Taklimat Awal Itwasum Polri ini, dibuka oleh Kapolda Sumbar Irjen Pol. Suharyono, S.IK, S.H, yang dihadiri oleh Wakapolda Sumbar, Pejabat Utama Polda Sumbar dan Kapolres sejajaran Polda Sumbar. 

Dalam sambutannya Kapolda sumbar menyampaikan, “kegiatan dimaksudkan untuk memberikan gambaran kepada objek audit tentang sasaran yang akan diperiksa maupun program kegiatan tim dalam pelaksanaan audit Indonesia kepada satker dan satwil di jajaran polda Sumatera Barat”.

Audit kinerja merupakan salah satu fungsi manajemen yang perlu dilaksanakan dalam rangka pengawasan terhadap kinerja suatu organisasi, termasuk polri.

Irjen Pol. Suharyono mengungkapkan, Audit kinerja merupakan hal yang penting untuk memberikan keyakinan yang memadai dan menjamin bahwa proses manajemen telah dilakukan dengan baik dalam rangka pelaksanaan tugas pokok dan fungsi organisasi.

“Kami sangat bersyukur di samping untuk melihat bagaimana kinerja kami pastinya juga sebagai tim pengawas bukan hanya sekedar mengawasi tetapi menjadi mitra yang terbaik untuk memberikan petunjuk arahan bagaimana organisasi ini berjalan dengan baik, mulai dari perencanaan, mulai dari kritik penugasan, dan pelaksanaan tugas, dan kritik akhir tugas bisa dilakukan dengan baik, sesuai bidang yang akan didalami, yang akan dilihat secara langsung sehingga kita bisa menganalisa dan mengevaluasi untuk kedepan kinerja kita,baik yang Satker dan Satwil semakin optimal,” ujarnya.

Melalui audit kinerja ini diharapkan dapat membuat roda organisasi benar-benar berjalan dengan aktif, efektif, efisien sehingga kinerja polda Sumatera Barat dan jajaran ke depannya akan lebih baik lagi, dan juga dalam rangka mencegah terjadinya penyimpangan yang berakibat pada kerugian keuangan negara, serta dalam rangka tercapainya postur Polri yang presisi,prediktif, responsibilitas, dan transparansi berkeadilan.

“Tentunya hari ini untuk mempererat hubungan antara kami sebagai pelaksana tugas di lapangan dengan para senior, para petinggi ,dan juga baik secara struktural dan fungsional. Yang pastinya petunjuk arahan itu selalu kami dapatkan pada saat sebelum, saat pelaksanaan, maupun pasca pelaksanan,” sebutnya.

Kapolda sangat menaruh harapan yang besar atas kehadiran tim audit kinerja Itwasum Polri berkenan untuk dapat mengecek kembali administrasi, serta penggunaan anggaran terkait dengan belanja pegawai, belanja barang, dan belanja modal, apakah kiranya sudah sesuai dengan mekanisme yang ada, serta apakah penggunaannya sudah tepat sasaran guna meluruskan serta perbaikan ke depan apabila terjadi kesalahan, dan juga untuk menghindari penyalahgunaan anggaran.

“Mengingat pentingnya kegiatan audit kinerja ini, saya minta kepada para kasatker dan kasatwil jajaran Polda Sumbar agar membantu kelancaran tim audit kinerja Itwasum Polri dalam rangka melaksanakan tugasnya sesuai dengan objek yang sasaran yang akan diperiksa, dengan memberikan informasi dan data yang sebenar benarnya dan sejujur jujurnya sesuai dengan kenyataan yang ada di lapangan," ucapnya.

Selain itu, lanjut Kapolda mengatakan,  konsultasikan dengan tim serta ikuti rekomendasi tim audit kinerja Itwasum Polri, apapun yang menjadi temuan tim audit hendaknya dijadikan sebagai sarana evaluasi dan konsultasi terhadap permasalahan yang dihadapi baik satker, maupun satwil sehingga berbagai temuan sebelumnya dapat ditindaklanjuti serta diperbaiki untuk kelancaran pelaksanaan tugas dimasa mendatang, serta mencegah temuan yang bersifat berulang, maupun temuan yang bersifat startegis,” tuturnya.

Terakhir, Irjen Pol. Suharyono berharap, hasil dari audit kinerja ini dapat memberikan kontribusi positif bagi satuan kerja di jajaran Polda Sumbar guna mempertahakan opini wajar tanpa pengecualian, sekaligus meminimalisir temuan oleh tim wasrik eksternal seperti halnya BPK RI. (pr)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN

Iklan

POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan Bank Nagari

iklan KPU Pesisir Selatan

   

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

Iklan

iklan

Arsip Blog