07 Agustus 2024

Hari Ini Kota Padang Injak Usia 355 Tahun



PADANG, (GemaMedianet.com|  Puncak peringatan Hari Jadi Kota (HJK) Padang ke-355 ditandai dengan digelarnya Sidang Paripurna Istimewa DPRD Kota Padang di Gedung DPRD, Aie Pacah, Padang, Rabu (7/8/2024).

Sidang paripurna istimewa itu dipimpin langsung oleh Ketua DPRD kota Padang Syafrial Kani.

Tahun 2024 ini, peringatan HJK Padang ke-355 menjadi mementum untuk merefleksikan perjalanan panjang kota yang kaya akan sejarah dan budaya, sekaligus menatap masa depan yang lebih cerah.

"Momentum HJK Padang ke-355 tahun ini, bukan hanya sekadar perayaan, tetapi juga menjadi momen kita untuk kembali mengingat perjuangan para pendahulu. Nilai-nilai keberanian dan semangat gotong royong harus kita wariskan kepada generasi muda," ujar Syafrial Kani.

Agenda itu turut dihadiri Gubernur Sumbar Mahyeldi, para penjabat dan tokoh masyarakat.

Seperti diketahui, sejarah penetapan HUT Kota Padang diambil dari peristiwa perlawanan masyarakat pribumi melawan penjajahan Belanda. Puncak perlawanan terjadi  pada tanggal 7 Agustus 1669. 

Saat itu sebagian besar wilayah Padang terbakar. Momentum dari peristiwa ini dikenang sebagai simbol perjuangan masyarakat dan akhirnya ditetapkan sebagai hari jadi Kota Padang. (mz)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN

Iklan

POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan Bank Nagari

iklan KPU Pesisir Selatan

   

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

Iklan

iklan

Arsip Blog