17 Agustus 2024

Aswandi : Sesuai Perpres No 80 Tahun 2024, Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Dilantik 10 Februari 2025


PESSEL, (GemaMedianet.com) | Komisi Pemilihan Umum KPU Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), merilis tanggal pelantikan kepala daerah terpilih berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 80 Tahun 2024, Jum'at (16/8/2024).

Ketua KPU Pessel, Aswandi mengatakan, setelah Perpres No 80 Tahun 2024 disahkan Presiden Joko Widodo, maka Bupati dan Wakil Bupati serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota terpilih hasil Pilkada Serentak 2024 bakal dilantik pada 10 Februari 2025.

Kemudian untuk pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur hasil Pilkada 2024 akan digelar terlebih dahulu dari pelantikan bupati dan wakil bupati, yaitu 7 Februari 2025.

Dijelaskannya, untuk pelantikan kepala daerah terpilih, yakni Bupati dan Wakil Bupati, serta Wali kota dan Wakil Wali kota itu dilaksanakan secara serentak. Hal itu merujuk pada ketentuan dalam Perpres Nomor 80 Tahun 2024 tentang Perubahan Atas Perpres Nomor 16 Tahun 2016 tentang Tata Cara Pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Wali kota dan Wakil Wali kota.

"Mempedomani Perpres tersebut maka untuk pelantikan Bupati dan Wakil Bupati serta Wali Kota dan Wakil Wali Kota hasil pelaksanaan Pilkada Serentak 27 November  2024 itu dilaksanakan secara serentak pada tanggal 10 Februari 2025,” ujarnya.

Perpres tersebut juga mengatur, jadwal pelantikan boleh dilaksanakan jika melewati tanggal yang telah ditetapkan apabila terdapat beberapa hal yang tidak bisa dilakukan pelantikan itu.

"Salah satunya adalah gugatan perselisihan hasil pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah di Mahkamah Konstitusi yang sedang berjalan," pungkasnya.(***)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN

Iklan

POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan Bank Nagari

iklan KPU Pesisir Selatan

   

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

Iklan

iklan

Arsip Blog