17 Juli 2024

Setelah 40 Tahun Maek Festival 2024 Resmi Ditabuh




50KOTA, (GemaMedianet.com)|Festival Maek 2024 resmi ditabuh, Rabu (17/7/2024) malam. Agenda tersebut menyuguhkan berbagai atraksi kebudayaan yang menggambarkan peradaban masa lalu dari seniman lokal hingga internasional. 

Festival Maek yang digagas oleh Ketua DPRD Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Supardi dimulai pada pukul 19.50 WIB dan terpusat di Jorong Koto Tangah Nagari Maek Kabupaten Limapuluh Kota.

Ketua DPRD Sumbar Supardi mengatakan, dalam rangkaian Festival Maek 2024, nantinya akan ada beberapa pertunjukan, diantaranya kolaborasi seni dari tiga negara hingga penampilan Rabab Maek. Terkait Maek Festival yang dibalut dengan pertunjukan seni kebudayaan, merupakan upaya untuk mengenalkan peninggalan sejarah peradaban manusia pada zaman megalitikum kepada generasi muda.

"Salah satu tujuan Festival Maek adalah, untuk mengenalkan situs tersebut kepada masyarakat luas, nantinya para arkeolog dari Mesir, Jepang, Australia, Jerman, dan India akan hadir untuk melakukan berbagai hal dalam mengungkapkan misteri maek,” katanya.

Menurut Supardi, hingga kini peradaban Maek masih menyimpan teka-teki sejarah yang mesti dipecahkan ilmuan. Sebab, meskipun Universitas Gadjah Mada (UGM) sudah meneliti sebuah tengkorak manusia pada 1985, namun belum berhasil mengungkap sejarah peradaban di Nagari Maek.

"Menhir sebagai jejak peradaban menyimpan banyak misteri. Pada pameran ini masyarakat bisa melihat hasil penelitian para ahli termasuk artefak kuno dari peradaban Maek," jelas Supardi.

Dia mengatakan, Maek Festival jika berhasil akan membuktikan pada dunia bahwa di Sumbar terdapat situs arkeologi yang bakal mengubah narasi sejarah. "Selama ini kita tak acuh pada cagar budaya dari peradaban kuno ini, baru setelah 40 tahun, untuk pertama kalinya Maek dipamerkan," ucap Supardi.

Dalam menyukseskan Maek Festival itu masyarakat hingga seluruh unsur yang terlibat telah melakukan berbagai persiapan, termasuk bergotong royong merapikan pusat acara yang terdapat berbagai Menhir. 

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN

Iklan

POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan Bank Nagari

iklan KPU Pesisir Selatan

   

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

Iklan

iklan

Arsip Blog