22 Juli 2024

Ratusan Produk EXPO SMK Siap Dipamerkan, Supardi : Kita Tak Ingin Tamatan SMK jadi Pekerja


PAYAKUMBUH, (GemaMedianet.com|  Setelah melalui tiga tahapan, akhirnya produk untuk EXPO SMK bisa diputuskan. Finalisasi itu dilakukan oleh tenaga ahli saat pertemuan dengan Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Senin (22/7/2024). 

Dengan demikian, ratusan produk dari SMK se-Sumbar siap dipamerkan pada acara yang akan diadakan pada 7-11 Agustus 2024 mendatang.

Ketua Tim Tanaga Ahli, Sepris Yonaldi, SE, MM mengatakan, tahap pertama menjadi presentasi dari calon peserta. Kemudian, tenaga ahli memberikan bimbingan bagaimana sebuah produk itu bisa ‘dipasarkan’ dari beragam sisi. Baik dari dari kemasan hingga strategi pemasaran. 

"Baru di tahap terakhir, calon peserta kami minta lagi untuk presentasi sebagai penilaian akhir,” terangnya

EXPO SMK ini sudah dirancang sejak dua tahun lalu. Sejak Bimtek Digitalisasi untuk guru SMK se-Payakumbuh diadakan. Niatnya adalah untuk mengatakan, bahwa SMK Sumbar memiliki produk yang bersaing. Terutama, dalam hal inovatif.

“Kami tak ingin, siswa SMK hanya jatuh jadi pekerja. Mesti ada yang memberitahu, bahwa siswa SMK Sumbar dan sekolah mampu bersaing secara kompetitif,” ujar Ketua DPRD Sumbar Supardi yang juga menjadi inisiasi expo melalui pokok-pokok pikiran anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (Pokir DPRD).

Ia menambahkan, expo akan mengeksplorasi bentuk pameran semaksimal mungkin. “Expo ini akan memperlihatkan sisi festivalnya secara maksimal. Saya ragu, apakah pernah ada expo seperti ini di Indonesia,” ujarnya.

Sementara Kepala Bidang PSMK Dinas Pendidikan Sumbar, DR. Ariswan, S.Ag, M.Pd. melihat lulusan SMK yang kompeten akan berkontribusi positif meningkatkan daya saing produk nasional. Produk yang dihasilkan SMK diharapkan  menerapkan SNI, baik SNI terkait sistem manajemen, maupun produk. 

Selanjutnya produk-produk tersebut perlu juga terakreditasi oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN), dan mendapatkan Hak Kekayaan Intelektual (HAKI). 

Dia juga mengajak, agar seluruh partisipan baik terkait dengan dunia usaha untuk mendatangi program ini.

“Datanglah. Karena Expo ini beda dengan yang lain,” promosinya.

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN

Iklan

POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan Bank Nagari

iklan KPU Pesisir Selatan

   

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

Iklan

iklan

Arsip Blog