16 Juli 2024

Napak Tilas Peringati Gugurnya Bagindo Aziz Chan Kembali Digelar


PADANG, (GemaMedianet.com) I Setelah sempat vakum selama empat tahun terakhir, Napak Tilas  memperingati gugurnya pahlawan nasional asal Kota Padang, Bagindo Aziz Chan kembali digelar, Kamis (18/7/2024) malam.

Kegiatan itu merupakan salah satu rangkaian kegiatan peringatan HUT Kota Padang yang ke-355.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Padang, Afriadi menyebut bahwa Napak Tilas memperingati gugurnya Bagindo Aziz Chan terakhir digelar pada 2019 silam.

"Setelah 2019 sempat berhenti karena COVID-19. Sekarang kita mulai lagi," katanya, Selasa (16/7).

Dikatakan Afriadi, Napak Tilas memperingati gugurnya Bagindo Aziz Chand akan start di Kantor Balai Kota Lama dan rombongan akan dilepas Penjabat (Pj) Wali Kota Padang Andree Algamar.

Untuk rutenya, Balai Kota Lama - kantor pos - Disdik Sumbar - Simpang Adabiah - Simpang Tinju - Simpang Ulak Karang - Taman Makam Pahlawan Lolong (Museum Adityawarman) - Simpang Hotel Axana - Masjid Nurul Iman - rumah Bagindo Aziz Chan (belakang Hotel Grand Zuri) - Masjid raya ganting (Salat Shubuh) - finish di Rumah Sakit dr. Reksodiwiryo di Ganting.

"Di perkirakan finish sekitar pukul 06.00 WIB. Nanti di lokasi finish ada acara serah terima bendera dan penyerahan foto Bagindo Aziz Chan. Setelahnya, peserta akan dibawa ke Balai Kota Aie Pacah untuk melaksanakan upacara," terangnya.

Terkait peserta, dia menyebut bahwa seluruh Organisasi Kepemudaan (OKP) se-Kota Padang akan diikutkan dengan masing-masing OKP mengirimkan tujuh orang waklinya.

"Dari OPD (Organisasi Perangkat Daerah) itu ada Damkar, BPBD, Dishub, dan Satpol PP," terangnya.

Menurut Afriadi, Napak Tilas mengenang gugurnya Bagindo Aziz Chan penting dilaksanakan untuk mereview kembali jejak-jejak pahlawan nasional asal Kota Padang yang harus gugur pada usia muda (36 tahun) setelah terlibat pertempuran melawan pasukan Belanda.

"Memperingati berarti mengenang kembali bagaimana perjuangan Bagindo Aziz Chan. Bagaimana sejarahnya, masih muda belia sudah jadi Wali Kota Padang dan memperjuangkan kemerdekaan, jiwa raganya beliau korban untuk memperjuangkan kemerdekaan," tambah dia.

Dikatakan Afriadi, generasi muda saat ini harus meneladani sosok Bagindo Aziz Chan dengan menyesuaikan dengan kondisi dan keadaan terkini.

"Generasi muda sekarang isilah kemerdekaan dengan hal-hal positif. Jangan ada tawuran, jangan ada minum-minuman keras, dan jangan jadi provokator," ulasnya.

Pihak Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Padang bekerja sama dengan KNPI Kota Padang juga menyiapkan doorprize untuk peserta Napak Tilas mengenang gugurnya Bagindo Aziz Chan.

"Doorprize atau hadiah ini tidak akan mengecewakan namun bukanlah hal utama, tapi bagaimana kita teladani Bagindo Aziz Chan sebagaimana beliau dulu," pungkas Afriadi. (d)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN

Iklan

POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan Bank Nagari

iklan KPU Pesisir Selatan

   

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

Iklan

iklan

Arsip Blog