25 Juli 2024

Kadis Parpora Ekraf Pessel Buka Pelatihan Pengelolaan Desa Wisata




PAINAN, (GemaMedianet.com| Kepala  Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, Ekonomi Kreatif (Disparpora Ekraf) Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) Suhendri membuka Pelatihan Pengelolaan Desa Wisata yang diadakan pada 24 – 26 Juli 2024 di Hotel Saga Murni Painan. 

Menurut Suhendri, tujuan utama diadakannya Pelatihan Pengelolaan Desa Wisata selama 3 hari tersebut adalah meningkatkan peran serta masyarakat dalam pembangunan pariwisata, dan mendorong pertumbuhan ekonomi melalui sektor pariwisata yang membawa manfaat pada kesejahteraan masyarakat. 

Diharapkan, dengan adanya pelatihan ini akan meningkatkan jumlah kunjungan dan lama tinggal di Kabupaten Pessel, serta memberikan semangat baru bagi pokdarwis dan pegiat pariwisata di desa untuk membangun wisata di desanya.

Menurut Suhendri, tujuan kegiatan pelatihan untuk meningkatkan pengetahuan, motivasi dan kompetensi pengelola wisata agar lebih profesional dan berkualitas dalam rangka pengelolaan desa wisata, serta untuk meningkatkan pelayanan kepada wisatawan.

Untuk mencapai tujuan tersebut, maka pemerintah daerah berusaha meningkatkan kapasitas dan kemampuan personel melalui pelatihan pengelolaan desa wisata sehingga dapat meningkatkan kemampuan para pengelolaan desa wisata. 

“Melalui pelatihan ini diharapkan para peserta dapat mengambil ilmu dan menerapkan ilmunya dalam melayani para wisatawan,” pungkasnya

Salah satu pemateri pada kegiatan ini Syafriwati menjelaskan, Desa Wisata diharapkan dapat menjadi salah satu bentuk percepatan pembangunan desa terpadu untuk mendorong kesejahteraan masyarakat di dalamnya. Desa wisata yang telah maju nantinya akan memberikan efek domino berupa peningkatan kualitas lingkungan, kesejahteraan masyarakat dan kelestarian budaya.

“Kita sadari bersama bahwa pengetahuan tentang desa wisata sangat dibutuhkan oleh para pelaku wisata/pengelola desa wisata, sehingga pengelola desa wisata lebih profesional dan berkualitas dalam melakukan pengelolaan desa wisata dan memberikan pelayanan kepada wisatawan yang berkunjung,” jelasnya.

Pariwisata lanjut dia, merupakan salah satu sektor  strategis yang memiliki peran penting dalam pembangunan perekonomian nasional maupun daerah kedepan. Karena itu membutuhkan kesiapan kita untuk menjadikan pariwisata sebagai bagian kebutuhan atau gaya hidup. (El)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN

Iklan

POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Pasang Iklan Anda Di Sini

   

iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

Iklan

iklan

Arsip Blog