13 Juli 2024

Cuaca Ekstrim, Pohon Bertumbangan di Tiga Titik Kota Padang


PADANG, (GemaMedianet.com) I Cuaca ekstrim berupa hujan deras disertai dengan angin kencang terjadi di sebagian besar wilayah Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) mengakibatkan terjadinya pohon tumbang di tiga titik, Sabtu (13/7/2024).

Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops PB) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang mencatat atau menerima laporan tiga titik, yakni di Taman Ruang Hijau Imam Bonjol, Di Halaman Dukcapil Eks SMA 1 Padang, serta di UPTD BKIM Jalan Gajah Mada No.28 Gunung Pangilun.

Al Banna selaku Kabid Kedaruratan dan Logistik membenarkan pihaknya mendapatkan laporan pohon tumbang yang diakibatkan oleh hujan dan angin kencang.

Dijelaskan, untuk lokasi di Lapangan Ruang Terbuka Hijau Imam Bonjol Padang pihaknya membutuhkan kerja ekstra karena sebanyak 5 pohon dengan diameter  ± 120 cm sekaligus tumbang, sehingga aktivitas masyarakat untuk menikmati rindangnya pohon di lokasi tersebut terganggu

Sedangkan di lokasi pekarangan Disdukcapil Kota Padang, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dengan mempergunakan Crane melakukan pengerjaan pemotongan karena kondisi pohon tumbang tersebut bergelantungan dengan pohon lain, serta menimpa kabel listrik bertegangan tinggi.

Selanjutnya, di lokasi UPTD BKIM Jalan Gajah Mada No.28 Pohon  berjenis duku merusak pagar. Akibat peristiwa itu diperkirakan mengalami kerusakan sekitar 1,5 juta rupiah. 

Kendati demikian, sebutnya, untuk pohon tumbang di tiga titik tersebut tidak ada korban jiwa.

"Alhamdulillah, dalam pengerjaan pohon tumbang tersebut kita dibantu DLH, Kecamatan, Kelurahan, Babinsa, Bhabinkamtibmas," ungkapnya. 

Sekaitan itu kepada seluruh warga Kota Padang BPBD menghimbau untuk terus meningkatkan kewaspadaan mengingat kondisi cuaca ekstrem yang terjadi akhir-akhir ini

Terakhir jangan lupa memanfaatkan kanal pengaduan darurat milik Pemerintah Kota Padang melalui kontak 112, serta BPBD Kota Padang dengan telpon 0751-778775, WhatsApp 085891522181, dan radio komunikasi/HT 170.300 MHz untuk melaporkan kejadian pohon tumbang, banjir, longsor dan bencana alam lainnya yang terjadi di sekitarnya, pungkas Al Banna.

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN

Iklan

POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan Bank Nagari

iklan KPU Pesisir Selatan

   

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

Iklan

iklan

Arsip Blog