31 Juli 2024

DPRD Sumbar Paripurnakan Penyampaian Nota Pengantar Ranperda Perubahan APBD Sumbar 2024


PADANG, (GemaMedianet.com| Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat menggelar rapat paripurna dengan agenda Penyampaian Nota Pengantar terhadap Ranperda tentang Perubahan APBD Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Tahun 2024, Rabu (31/7/2024).

Polisi Update Perkembangan Kasus Penemuan Mayat di bawah Jembatan Kuranji Padang



PADANG, (GemaMedianet.com| Pihak kepolisian kembali memberikan keterangan lanjutan terkait perkembangan kasus penemuan mayat di bawah jembatan Kuranji Kota Padang. 

30 Juli 2024

Kabid BM Pastikan Bakal Tindak Tegas Semua Rekanan Nakal


PADANG, (GemaMedianet.comSekaitan pemberitaan Pekerjaan  Long Segment Jalan Utama Pantai Air Manis dengan Nomor Kontrak : 001/Kont-PJ/DAK/DPUPR/2024 dengan Anggaran Rp.5.485.888.732.91 yang dikerjakan oleh Nada Pratama diklarifikasi oleh Risky selaku Kabid Bina Marga Kota Padang. 

Ancaman Kekeringan, BPBD Padang Distribusikan Air Bersih


PADANG, (GemaMedianet.com| Musim kemarau yang terus melanda Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) dalam satu bulan terakhir membuat sejumlah wilayah di Ranah Bingkuang tersebut mulai dilanda kekeringan.

Pekerjaan Long Segment Jalan Utama Pantai Air Manis Disinyalir Asal-asalan


PADANG, (GemaMedianet.com| Kendati masuk dalam kewenangannya, namun Kabid Binamarga (BM) Dinas PUPR Kota Padang bungkam seribu bahasa saat dikonfirmasi awak media terkait kegiatan Penyelenggaraan Jalan Kabupaten Kota pada Pekerjaan Long Segment Jalan Utama Pantai Air Manis.

29 Juli 2024

Komisi A DPRD Toba Pelajari Penyusunan Komposisi KUPA PPAS ke DPRD Sumbar




PADANG, (GemaMedianet.com| Komisi A DPRD Kabupaten Toba Provinsi Sumatera Utara (Sumut) datangi DPRD Sumatera Barat (Sumbar), Senin (29/7/2024). 

Ketua DPRD Sumbar Dorong Kebudayaan dan Sejarah Jadi Aset Pemacu Pemajuan Daerah


BUKITTINGGI, (GemaMedianet.com| Kebudayaan dan sejarah merupakan aset kekayaan yang berpotensi bisa memacu pemajuan daerah. Jika tidak dilestarikan dan dieksplorasi, maka daerah sangat merugi. 

Operasi Patuh Singgalang 2024 Berakhir, Ini Imbauan Ditlantas Polda Sumbar


PADANG, (GemaMedianet.com| Operasi Patuh Singgalang 2024 yang dimulai sejak tanggal 15 Juli 2024 di Polda Sumbar dan jajaran telah berakhir pada tanggal 28 Juli 2024.

Maraknya Aksi Terorisme dan Intoleransi di Indonesia : Ustad Devi Rusli Tekankan Pentingnya Ajaran Islam Menjaga Kedamaian


PADANG, (GemaMedianet.comMaraknya aksi terorisme dan sikap intoleran yang menghiasi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) saat ini telah berdampak signifikan terhadap kehidupan masyarakat.

28 Juli 2024

Cuaca Panas Lahan Pertanian di Padang Kekeringan, Ini Imbauan Pemko


PADANG, (GemaMedianet.com| Cuaca panas melanda Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) sejak beberapa waktu belakangan ini. Kondisi itu membuat petani mengeluh, karena lahan pertanian mulai mengering. 

Turnamen Bulutangkis Kapolri Cup Pintu Masuk Ikuti Kejuaraan Nasional dan Internasional




JAKARTA, (GemaMedianet.comKepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyebut para juara di turnamen bulutangkis "Kapolri Cup Badminton Championship 2024" berpeluang untuk mengikuti kejuaraan tingkat nasional dan internasional. 

27 Juli 2024

Pelantikan 45 Anggota DPRD Padang Terpilih 2024-2029 Tunggu SK Gubernur


PADANG, (GemaMedianet.com| Pemilihan Umum (Pemilu) Presiden dan Legislatif sudah lama selesai. Di Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) sebanyak 45 anggota DPRD terpilih periode 2024-2029, masih menunggu kepastian untuk dilantik. 

DPRD Sumbar Setujui KUA-PPAS 2025 dan Perubahan KUA-PPAS 2024


PADANG, (GemaMedianet.com| DPRD Provinsi Sumatera Barat menyetujui Rancangan KUA-PPAS Tahun 2025, dan Rancangan Perubahan KUA-PPAS Tahun 2024. Masing-masing menjadi KUA-PPAS Tahun 2025 dan Perubahan KUA-PPAS Tahun 2024.

Polda Sumbar Ungkap 34 Kasus Narkotika Dalam Sepekan



PADANG, (GemaMedianet.comPolda Sumatera Barat dan jajaran berhasil mengungkap 34 kasus narkotika dalam sepekan terakhir terhitung tanggal 19 hingga 26 Juli 2024, dengan rincian 8 kasus melibatkan ganja dan 26 kasus lainnya terkait sabu. Dari pengungkapan kasus-kasus tersebut, pihak kepolisian menyita barang bukti berupa 22 kilogram ganja dan 177,33 gram sabu.

26 Juli 2024

Pj Walikota Padang Terima Petisi Pencopotan Try Hadiyanto Sebagai Kadis PUPR Padang




PADANG, (GemaMedianet.com| Para jurnalis dari berbagai wadah organisasi kompak serahkan langsung petisi pencopotan Try Hadiyanto sebagai Kepala Dinas (Kadis) PUPR Padang kepada Pj.Walikota Padang, H. Andre Algamar, Kamis 25 Juli 2024.

HNSI Agam Dukung Kebijakan Pemerintah Dalam Pengendalian BBM Bersubsidi di Wilayah Sumbar


PADANG, (GemaMedianet.com| Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Agam, Arman Aciak mengadakan pertemuan dan diskusi dengan para anggota kelompok yang tergabung dalam HNSI Kabupaten Agam.

25 Juli 2024

Kaops NCS Polri Minta Para Kapolres di NTB Bisa Kelola Potensi Konflik Jelang Pilkada Serentak 2024


NTB, (GemaMedianet.com| Kepala Operasi Nusantara Cooling System (Kaops) Polri, Irjen Pol Asep Edi Suheri meminta kepada seluruh Kapolres dan Kapolsek di Polda Nusa Tenggara Barat (NTB) harus bisa mengelola potensi konflik menjelang Pilkada Serentak 2024. 

Kadis Parpora Ekraf Pessel Buka Pelatihan Pengelolaan Desa Wisata




PAINAN, (GemaMedianet.com| Kepala  Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga, Ekonomi Kreatif (Disparpora Ekraf) Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) Suhendri membuka Pelatihan Pengelolaan Desa Wisata yang diadakan pada 24 – 26 Juli 2024 di Hotel Saga Murni Painan. 

Balqis Angelita, Penyabet Juara Umum Perenang Terbaik Danseskoad Cup 2023 ikuti Seleksi Catar Akpol


BANDUNG, (GemaMedianet.comSebagai atlet renang, Balqis Angelita Permata Styandi (18) punya rasa percaya diri mengikuti seleksi Calon Taruna (Catar) Akademi Kepolisian (Akpol) 2024. 

Artefak Peninggalan Nabi Muhammad SAW Dipamerkan di HJK Padang ke-355



PADANG, (GemaMedianet.com| Pameran artefak peninggalan Nabi Muhammad SAW akan dipamerkan pada Hari Jadi Kota (HJK) ke-355. Pameran direncanakan akan berlangsung pada tanggal 7- 13 Agustus 2024 mendatang.

OPD Pengampu Proyek Strategis Nasional Diharapkan Konsultasi Kejari



PADANG, (GemaMedianet.com| Guna meminimalisir pelanggaran hukum dalam pengerjaan proyek strategis nasional, Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Kota Padang Yosefriawan meminta kepada jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk selalu berkonsultasi dan meminta pendampingan Kejaksaan Negeri (Kejari) Padang. 

24 Juli 2024

96.457 Anak Jadi Sasaran PIN Polio 2024

 


PADANG, (GemaMedianet.com)|96.457 anak usia 0-7 tahun di Kota Padang menjadi target sasaran  Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio.  Program ini bertujuan untuk melindungi anak-anak dari ancaman penyakit polio yang dapat menyebabkan kelumpuhan permanen. 

Kapolda Sumbar Buka Rakernis Humas Polda


PADANG, (GemaMedianet.com| Polda Sumatera Barat (Sumbar) melalui Bidang Hubungan Masyarakat (Bidhumas) menggelar Rakernis Fungsi Humas Polda Sumbar Tahun Anggaran 2024, Rabu (24/7).

23 Juli 2024

Supardi Ajak Lurah se Payakumbuh Antisipasi Ragam Persoalan Dengan Tingkatkan Kepekaan Sosial


PADANG, (GemaMedianet.comKetua DPRD Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Supardi mengajak seluruh Lurah se Kota Payakumbuh untuk mengantisipasi berbagai persoalan sosial yang berpotensi terjadi. Salah satunya dengan meningkatkan kepekaan sosial.

Pemko Padang Gandeng Shenzhen Bus Group Fokus Pembangunan Ramah Lingkungan




PADANG, (GemaMedianet.com| Selaraskan blue economy and green economy, Pemerintah Kota Padang fokus melanjutkan pembangunan yang ramah lingkungan dengan mengurangi emisi karbon.

250 IRT Diberikan Pelatihan Menjahit dan Membatik




PADANG, (GemaMedianet.com| Diikuti oleh 250 ibu rumah tangga (IRT), Penjabat (Pj) Wali Kota Padang Andree Algamar mendukung kegiatan pelatihan menjahit dan membatik oleh PT PLN UID Sumatera Barat dan Yayasan Sahabat Rangkul Indonesia di Reffan House Padang, Senin, (22/7/2024). 

22 Juli 2024

Ratusan Produk EXPO SMK Siap Dipamerkan, Supardi : Kita Tak Ingin Tamatan SMK jadi Pekerja


PAYAKUMBUH, (GemaMedianet.com|  Setelah melalui tiga tahapan, akhirnya produk untuk EXPO SMK bisa diputuskan. Finalisasi itu dilakukan oleh tenaga ahli saat pertemuan dengan Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Senin (22/7/2024). 

Ini Kata Kapolda Sumbar Saat Buka Diktukba Polri Gelombang II TA 2024


PADANG, (GemaMedianet.comKapolda Sumbar Irjen Pol Suharyono, S.Ik. SH menghadiri sekaligus menjadi inspektur upacara dalam rangka pembukaan Pendidikan Pembentukan Bintara (Diktukba) Polri Gelombang II T.A 2024 di SPN Polda Sumbar, Senin (22/7/2024)..

Polda Sumbar Terbitkan Ribuan Tilang Selama Enam Hari Ops Patuh Singgalang 2024




PADANG, (GemaMedianet.comPolda Sumbar menggelar Operasi Patuh Singgalang 2024 dalam rangka menciptakan keamanan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas. 

21 Juli 2024

Warung Makan di Jalan Raya Indarung Hangus Dilahap Si Jago Merah



PADANG, (GemaMedianet.com)|Sebuah warung makan milik warga di Jalan Raya Indarung, RT 001 RW 003, Kelurahan Tanah Sirah, Kecamatan Lubuk Begalung pada Minggu (21/7/2024) sore hangus dilahap si jago merah.

Aliansi Jurnalis Kota Padang Minta Kadis PUPR Kota Padang Dicopot


PADANG, (GemaMedianet.com)|Sejumlah wartawan/jurnalis Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) yang tergabung di dalam Aliansi Wartawan Padang (AWP) melakukan aksi penandatanganan petisi, copot Kadis PUPR Padang, Sabtu (20/7/2024) bertempat di kawasan GOR. H. Agus Salim Padang.

20 Juli 2024

PJ Wali Kota Padang Pimpin Upacara Peringatan ke-77 Gugurnya Bagindo Aziz Chan




PADANG, (GemaMedianet.comPj Wali Kota Padang Andree Algamar mengajak  untuk meneladani nilai kepahlawanan dan semangat juang Bagindo Aziz Chan sekaligus mengaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Pemko Padang Peringati Gugurnya Bagindo Aziz Chan



PADANG, (GemaMedianet.com| Pemerintah Kota (Pemko) Padang memperingati peristiwa heroik bersejarah bagi Kota Padang yang terjadi 77 tahun lalu, gugurnya Wali Kota Padang ke-2 Bagindo Aziz Chan yang ditembak oleh serdadu Belanda. Peringatan itu, dilaksanakan dengan upacara bendera di Lapangan Imam Bonjol, Jumat, (19/7/2024). 

55 Atlet Disabilitas SOIna Kota Padang Siap Melaju ke PeSODa 2024




PADANG, (GemaMedianet.com| Penjabat (Pj) Wali Kota Padang Andree Algamar mendukung 55 atlet disabilitas yang tergabung dalam Spesial Olympics Indonesia (SOIna) Kota Padang yang akan melaju menuju Pekan SoIna Daerah (PeSODa) Sumbar 2024.

Meriahkan HJK ke-355, Pemko Padang Kembali Tawarkan Diskon Belanja untuk Warga




PADANG, (GemaMedianet.com| Hari Jadi Kota (HJK) Padang semakin dekat, untuk memeriahkan HJK Ibu Kota Provinsi itu, Pemerintah Kota (Pemko) Padang kembali menggelar 'Padang Great Sale'. 

19 Juli 2024

Sekwan DPRD Sumbar Terima Kunjungan Komisi III DPRD Kalimantan Tengah


PADANG, (GemaMedianet.com| Sekretaris DPRD (Sekwan) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Raflis menerima kunjungan kerja komisi III DPRD Provinsi Kalimantan Tengah. Kunjungan itu dalam rangka membahas peran DPRD dalam mendorong sektor pariwisata dan sumber daya manusia serta mendongkrak kunjungan wisata.

Ketua BK DPRD Sumbar Terima Kunjungan BK DPRD Sulawesi Tenggara




PADANG, (GemaMedianet.com| Ketua Badan Kehormatan (BK) DPRD Provinsi Sumatera Barat, Muzli M Nur menerima kunjungan BK DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara, Kamis (18/7/2024).

Wakapolda Sumbar Buka Pelatihan Walpri VIP Untuk Pilkada Serentak 2024




PADANG, (GemaMedianet.com) I Polda Sumatera Barat (Sumbar) mengadakan pelatihan pengawalan VIP (Walpri) bakal Calon Walikota, Wakil Walikota dan Bupati serta Wakil Bupati dalam rangka Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak Tahun 2024.

Sambut Kunjungan Komisi I DPRD Agam, DPRD Sumbar Dorong Proses DOB



PADANG, (GemaMedianet.com|Sekretaris Komisi I DPRD Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Rafdinal menerima kunjungan Kerja Komisi I DPRD Kabupaten Agam di ruang bawah Masjid Asy- Syura DPRD Provinsi Sumbar, Jumat, (19/7/2024).

Mario Syah Johan Minta Disdik Sumbar Carikan Solusi Semua Permasalahan PPDB


PADANG, (GemaMedianet.com) I Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Mario Syah Johan meminta Dinas Pendidikan (Disdik) Sumbar untuk bijak dalam menyikapi semua permasalahan dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB) Tahun 2024.

Forum Komunikasi Jurnalis Piaman Dukung Penyidik Terapkan Hukuman Potong Alat Vital Pemerkosa Anak Kandung


PADANG, (GemaMedianet.com) I Heboh, perbuatannya mencoreng kampung, dunia pun sinis melihat kebiadaban ayah kandung memperkosa dan bersetubuh berulang kali dengan anak kandungnya hingga melahirkan.

Wartawan asal piaman (Padang Pariaman dan Pariaman) menamakan diri Forum Komunikasi Jurnalis Piaman, mendesak penyidik kepolisian dan penuntut kejaksaan untuk menjerat hukuman maksimal, yaitu potong alat vital atau dengan cara lain kepada tersangka kekerasan seksual terhadap anak.

"Perbuatan apak rutiang itu (tersangka) sangat mencoreng keharuman nama Piaman di dunia. Untuk itu kami mendukung kepolisian dan kejaksaan menerapkan hukuman kebiri kimia kepada apak rutiang itu," ujar dedengkot Forum Komunikasi Jurnalis Piaman yang dikenal sebagai wartawan aliran keras Sumbar Novrianto Ucokz ba'da Jum'at (19/7/2024) di Padang.

Dari literasi hukum kata Ucok,  tindakan kebiri kimia dikenakan untuk jangka waktu paling lama dua tahun, dan dilakukan melalui tiga tahapan yaitu penilaian klinis, kesimpulan, dan pelaksanaan. Tindakan dilakukan dengan cara pemberian zat kimia melalui penyuntikan atau metode lain untuk menekan hasrat seksual berlebih, yang disertai rehabilitasi.

“Penilaian klinis sebagaimana dimaksud meliputi wawancara klinis dan psikiatri; pemeriksaan fisik; dan pemeriksaan penunjang,” bunyi Pasal 7 ayat (2).

"Tapi baiknya kalau bisa potong saja alat kelamin tersangka itu," kata Ucok geram

Penilaian klinis dimulai paling lambat tujuh hari kerja setelah diterimanya pemberitahuan, dan  hasilnya akan disampaikan dalam bentuk kesimpulan untuk memastikan pelaku persetubuhan layak atau tidak layak untuk dikenakan tindakan kebiri kimia.

Kesimpulan ini disampaikan pada jaksa paling lambat 14 hari kerja sejak diterimanya pemberitahuan dari jaksa.

“Pelaksanaan tindakan kebiri kimia dilakukan setelah kesimpulan sebagaimana dimaksud menyatakan pelaku persetubuhan layak untuk dikenakan tindakan kebiri kimia,” tertuang dalam Pasal 9 huruf a Undang Undang Perlindungan Anak.

Dalam jangka waktu paling lambat tujuh hari kerja sejak diterimanya kesimpulan, jaksa memerintahkan dokter untuk melaksanakan tindakan kebiri kimia.

Tindakan ini dilaksanakan di rumah sakit milik pemerintah, atau rumah sakit daerah yang ditunjuk.

Dalam Pasal 10 ayat (1) disebutkan, bila kesimpulan menyatakan pelaku tidak layak untuk dikenakan tindakan kebiri kimia, maka pelaksanaan tindakan ditunda paling lama enam bulan.

“Selama masa penundaan sebagaimana dimaksud dilakukan penilaian klinis ulang dan kesimpulan ulang untuk memastikan layak atau tidak layak dikenakan tindakan kebiri kimia,” bunyi Pasal 10 ayat (2).

Jika masih disimpulkan pelaku persetubuhan tidak layak, maka jaksa memberitahukan secara tertulis kepada pengadilan yang memutus perkara pada tingkat pertama dengan melampirkan hasil penilaian klinis ulang dan kesimpulan ulang.

Selain itu, Hukum Indonesia kata Ucok juga beri ruang melakukan tindakan Pemasangan Alat Pendeteksi Elektronik.

"Tindakan pemasangan alat pendeteksi elektronik dikenakan kepada pelaku persetubuhan dan perbuatan cabul. Alat pendeteksi dapat berupa gelang elektronik atau lainnya yang sejenis. Tindakan pemasangan alat pendeteksi elektronik kepada pelaku sebagaimana dimaksud diberikan paling lama 2 (dua) tahun,” bunyi Pasal 14 ayat (3)," ujar Novrianto asli Sunua Padang Pariaman mengutip pasal UU Perlindungan Anak.

Untuk pemasangan alat pendeteksi elektronik, kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang hukum menyampaikan surat pemberitahuan kepada jaksa, kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang kesehatan, dan kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang sosial paling lama satu bulan sebelum pelaku kekerasan seksual terhadap anak selesai menjalani pidana pokok.

Pemasangan dilakukan segera setelah pelaku menjalani pidana pokoknya.

“Pemasangan alat pendeteksi elektronik dilakukan atas perintah jaksa dengan memerintahkan kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang hukum bekerja sama dengan kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang sosial dan kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang Kesehatan,” bunyi Pasal 16 huruf e.

Sementara, pelepasan alat pendeteksi juga dilakukan oleh kementerian yang sama atas perintah jaksa.

"Sanksi kebiri ini diberikan sebagai bentuk tindakan kepada pelaku kejahatan seksual terhadap anak, di samping pengenaan sanksi pidana penjara dan denda, yang diatur dalam Pasal 81 Perpu 1/2016," ujar Ucok.

Sementara informasi didapat Ucok, Kapolres Padang Pariaman menegaskan menjerat tersangka pemerkosa berulang kepada anak kandung itu dengan Pasal 81 ayat 1, 2 dan 3 serta juncto Pasal 76 ternyata Perlindungan anak dengan hukuman maksimal 15 tahun penjara.

Segera Bentuk KPAI Sumbar !!!

Sedangkan Ketua Jaringan Pemred Sumbar yang juga orang Piaman Adrian Tuswandi mengatakan, kejadian kekerasan seksual kepada anak sudah berulang terjadi.

"Mestinya semua kasus kekerasan pada anak psikis maupun psikologis seperti kekerasan seksual, jadi pintu masuk Pemprov Sumbar dan DPRD Sumbar untuk membentuk Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Sumatera Barat, koo tidak juga ada KPAI Sumbar, sudah banyak pihak mendesak dibentuk lembaga yang diperintahkan oleh UU Perlindungan Anak, atau biar pelaku pedofil anak berkeliaran terus dan anak Sumbar nanar menatap masa depannya ke depan," ujar Toaik biasa Ketua JPS ini disapa banyak kalangan di Sumbar. (pr)

Ratusan Siswa di Kota Padang Dibekali Edukasi Merawat Gigi dan Mulut


PADANG, (GemaMedianet.com) I Ratusan siswa-siswi Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Adzkia 1 Padang dibekali edukasi cara merawat gigi dan mulut. Kegiatan tersebut merupakan dalam rangka World Oral Health Day (WOHD) yang diinisiasi Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) cabang Kota Padang.

18 Juli 2024

Sambut HUT ke-355, Padang Gelar Sport Tourism Gowes Adventure



PADANG, (GemaMedianet.com) I Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Padang yang ke-355, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Padang bakal menggelar kegiatan sport tourism berupa Gowes Adventure untuk para goweser yang ingin menikmati tempat-tempat wisata di Ibu Kota Provinsi Sumbar tersebut.

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN

Iklan

POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Pasang Iklan Anda Di Sini

   

iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

Iklan

iklan

Arsip Blog