13 Juni 2024

52 OPD Pemko Padang Tandatangani Komitmen Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip




PADANG, (GemaMedianet.comI Sebanyak 52 perangkat daerah di Lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Padang, Sumatera Barat (Sumbar) melakukan penandatangan komitmen bersama gerakan nasional sadar tertib arsip, Rabu (12/6/2024). 

Penandatanganan itu sebagai bentuk komitmen untuk sadar dan tertib arsip dalam rangka meningkatkan sistem pemerintah yang transparan, akuntabel, dan terpercaya serta mewujudkan pengelolaan arsip yang handal.

Prosesi penandatangan dilakukan di sela-sela rapat staf Pemko Padang di Ruang Rapat Bagindo Aziz Chand, Aie Pacah.

Penjabat (Pj) Wali Kota Padang, Andree Algamar menyebut bahwa penandatanganan komitmen tersebut penting karena arsip atau dokumen negara mempunyai peran yang sangat strategis dalam mensukseskan penyelenggaraan negara. Arsip merupakan identitas dan jati diri bangsa, sekaligus sebagai memori kolektif dan bahan pertanggungjawaban dalam penyelenggaraan pemerintahan.

"Penandatanganan komitmen ini sebagai bentuk keseriusan dan kesepakatan seluruh OPD untuk melakukan penanganan, penataan, pemeliharaan dan penyusutan arsip sebagai bagian dari daur hidup arsip yang meliputi penciptaan arsip, distribusi, penggunaan, pemeliharaan dan pemusnahan arsip sesuai prosedur yang berlaku," kata Andree Algamar.

Penandatangan komitmen tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan sistem pemerintah yang transparan, akuntabel, dan terpercaya, terwujudnya pengelolaan arsip yang handal, terjaminnya keselamatan dan keamanan arsip, keselamatan aset daerah, meningkatkan kualitas pelayanan publik serta meningkatan kesadaran semua elemen birokrasi pemerintah. 

"Keseriusan Pemko Padang juga dibuktikan dengan pengangkatan 57 orang tenaga PPPK dalam jabatan fungsional arsiparis," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas (Kadis) Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang, Feri Mulyani Hamid menyebut bahwa dalam kegiatan tersebut juga dilakukan penyerahan arsip usul serah/permanen dari 5 (lima) perangkat daerah pencipta arsip, dengan total arsip 103.512.

"Kami juga melaksanakan pemusnahan arsip 9 (sembilan) perangkat daerah, total dengan total 170.946 berkas," katanya.(d)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN

Iklan

POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan Bank Nagari

iklan KPU Pesisir Selatan

   

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

Iklan

iklan

Arsip Blog