30 Desember 2023

Launching e-Audit, Wali Kota Padang Tekankan Pengawasan Internal Berintegritas


PADANG, (GemaMedianet.com) I Pemerintah Kota (Pemko) Padang menyelenggarakan Rapat Koordinasi Pengawasan Daerah (Rakorwasda), sekaligus melaunching sistem pengawasan e-audit, Rabu (27/12/2023).

Dibuka langsung oleh Wali Kota Padang, Rakorwasda ini dihadiri oleh seluruh Kepala OPD di lingkup Pemko Padang tanpa diwakilkan.

Bertemakan “Transformasi Pengawasan dalam Menyukseskan Program Pemerintah Daerah”, Hendri Septa menyampaikan bahwa penyelenggaraan Rakorwasda di akhir tahun 2023 ini sangat tepat untuk dilaksanakan, karena bisa langsung efektif diterapkan pada Tahun Anggaran 2024 mendatang.

“Sangat tepat Rakorwasda dilakukan akhir tahun anggaran ini, apalagi kita juga melaunching sebuah sistem pengawasan baru, e-Audit. Jadi e-Audit ini bisa langsung action di 2024,” ujar Hendri Septa.

Lebih lanjut disampaikan, bahwa ke depannya e-Audit yang digagas oleh Inspektorat Kota Padang ini harus menjadi sistem pengawasan yang yang memiliki akuntabilitas, efektif dan efisien.

“Inspektorat sebagai APIP (Aparat Pengawas Intern Pemerintah) memiliki peran penting. Sebagai APIP mereka harus independen dan profesional dalam melakukan pengawasan. Ditambah dengan sistem pengawasan e-Audit, tentunya membuat pengawasan internal di Pemko Padang semakin akuntable, efektif dan efisien,” harap dia.

Inspektur Kota Padang, Arfian, mengatakan, bahwa e-Audit ini adalah sistem pengawasan yang mengedepankan penggunaan teknologi informasi, sehingga pengawasan yang dilakukan semakin independen, objektif dan memiliki integritas tinggi.

“Sesuai arahan Bapak Wali Kota Padang tadi, bahwa predikat WTP dari BPK itu sudah bukan target lagi, tapi sudah menjadi karakter Pemko Padang dalam penyelenggaraan anggaran pemerintah. Dengan penerapan e-Audit ini maka pengawasan internal kita bisa semakin baik, sehingga kinerja Pemko Padang bisa semakin efisien dan efektif dalam semua aspek” tutupnya.

Turut hadir dalam kegiatan yang diselenggarakan di Pangeran Beach Hotel Padang ini, narasumber dari BPK dan BPKP. (pkp)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN

Iklan

POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Pasang Iklan Anda Di Sini

   

iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

Iklan

iklan

Arsip Blog