05 November 2023

Sekda Andree Algamar Kuliah Umum di UT Padang



PADANG, (GemaMedianet.com) I Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Padang Andree Algamar memberikan kuliah umum di hadapan 575 Wisudawan Universitas Terbuka (UT) Padang, Sumatera Barat (Sumbar) di Hotel Truntum,, Sabtu (4/11/2023).

Dalam kesempatan itu, Sekda Andree Algamar memberikan Seminar Akademik dengan tema Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk Menghadapi Persaingan Dunia Kerja. Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Direktur UT Padang Prof. Dr. Karnedi, MA. 

Sekda mengatakan, menurut Bank Dunia pada tahun 2018, kualitas SDM Indonesia berada di peringkat 87 dari 157 negara. Sementara menurut Business World ranking 45 dari 63 negara, kalah dari Singapura dan Malaysia yang masing-masing berada di peringkat 13 dan 22.

"Ini menjadi tantangan bagi kita semua bagaimana meningkatkan kualitas SDM bangsa Indonesia agar dapat bersaing dengan negara - negara lain di Indonesia. Terutama di era digitalisasi ini," ucap Sekda.

Lebih lanjut Sekda mengatakan, salah satu upaya dalam rangka pengembangan SDM untuk menghadapi persaingan dunia kerja adalah dengan meningkatkan pemahaman tentang ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), agar terwujud SDM yang berdaya saing dan unggul.

"Penerapan Artificial Intelligence (AI) atau teknologi berbasis kecerdasan buatan telah membawa perubahan signifikan dalam dunia kerja. Banyak pekerjaan yang mulai digantikan oleh mesin. Misalnya saja hari ini kami di Pemerintah Kota Padang sudah menggunakan Aplikasi Srikandi dalam urusan surat menyurat," ucap Sekda.

Dalam penyampaiannya, Sekda Andree Algamar juga menjadikan Kota Padang sebagai objek pembahasan dalam seminar tersebut, mulai dari sisi sosial, ekonomi, keuangan daerah hingga capaian-capaian pembangunan yang telah dilaksanakan.

"Beberapa yang tengah kami lakukan di Kota Padang saat ini diantaranya, melakukan penerimaan PPPK, mengatasi persoalan sampah, dan menurunkan angka stunting. Ini 'PR' yang harus kami kerjakan segera. Kami Pemerintah Kota Padang tentunya juga membutuhkan dukungan dari lulusan UT yang mana pada umumnya sudah bekerja untuk bersama-sama mengatasi masalah ini terutama stunting dan penanganan Sampah," pungkasnya. 

(pr) 

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN

Iklan

POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Pasang Iklan Anda Di Sini

   

iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

Iklan

iklan

Arsip Blog