13 November 2023

LKKPN Pekanbaru Lakukan Pengembangan Pulau-pulau Kecil di Padang


PADANG,  (GemaMedianet.com) I Wali Kota Padang Hendri Septa menyambut baik upaya yang dilakukan oleh Loka Kawasan Konservasi Perairan Nasional (LKKPN) Pekanbaru dalam mengembangkan beberapa pulau kecil yang ada di kawasan Kota Padang.

Hal tersebut disampaikan Wako Hendri Septa sewaktu mengunjungi Pulau Pandan yang berada di sisi Barat Kota Padang, Sabtu (11/11/2023).

"Atas nama Pemerintah Kota Padang kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada LKKPN Pekanbaru telah membantu Pemerintah Kota Padang dalam mengembangkan pulau - pulau kecil di Kota Padang. Salah satunya Pulau Pandan yang telah dijadikan tempat konservasi Penyu," ucap Wako Hendri Septa.

Wako Hendri Septa menambahkan, pengembangan pulau - pulau kecil merupakan bagian dari program unggulan Pemerintah Kota Padang yaitu, melanjutkan pengembangan Kawasan Wisata Terpadu Gunung Padang, pulau-pulau kecil, wilayah Timur Kota Padang.

"Sesuai visinya Kota Padang di bidang pariwisata, kita Pemerintah Kota Padang telah melakukan beberapa upaya. Pertama terkait dengan wisata terpadu gunung Padang, kita sudah bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dalam pengembangan kawasan Kota Tua. Kemudian pengembangan wisata Bagian Timur, kita sudah bekerjasama sama dengan PT. Semen Padang dalam pengembangan Goa Kelelawar Padayo. Dan hari ini pengembangan pulau kecil - kecil bekerjasama dengan LKKPN," ungkap Wako Hendri Septa.

Wako Hendri Septa berharap, Pulau Pandan ini dapat dikembangkan menjadi salah satu objek wisata berbasis konservasi alam di Kota Padang. Pulau Pandan memiliki banyak potensi diantaranya, vegetasi hutannya masih alami, memiliki bangunan peninggalan zaman Belanda, dikelilingi oleh batu karang, dan memiliki sumber mata air.

"Saya mengajak warga Kota Padang untuk menjaga dan merawat pulau Pandan ini, karena ini merupakan asetnya Kota Padang yang ditinggalkan oleh para orang tua kita untuk anaknya. Mari bersama-sama kita kunjungi Pulau Pandan ini, kita nikmati keindahannya," pungkas Wako Hendri Septa.

Sementara itu, Kepala LKKPN Pekanbaru Rahmat Irfansyah mengatakan, Pulau Pandan masuk dalam kawasan konservasi nasional Pulau Pie yang dikelola oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia. Terdapat 3 pulau di Kota Padang yang dikelola, yakni Pulau Pandan, Pulau Air dan Pulau Toran.

"Pulau Pandan ini memiliki luas lebih kurang 16,4 hektar. Dulunya pulau ini bekas penjajahan Belanda. Hari ini kita dari LKKPN mengadakan bersih - bersih Pantai, melihat penangkaran penyu, dan mengunjungi bangunan bersejarah peninggalan Belanda," sebutnya.

Turut hadir mendampingi Wako Hendri Septa, Sekda Andree Algamar, Kadis Pariwisata Yudi Indra Sani, Kadis Perhubungan Ances Kurniawan, Kabag Prokopim Imral Fauzi, Camat Koto Tangah Darmalis, Camat Padang Barat Junie Nursyamza, dan dari OPD terkait lainnya di lingkungan Pemko Padang.

Juga hadir dalam kesempatan tersebut, Kepala Seksi Keselamatan Berlayar Penjagaan dan Patroli (KBPP) Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Teluk Bayur Sumatera Barat Capten Tohara.(Mul/Prokopim Pdg).

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN

Iklan

POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Iklan Bank Nagari

iklan KPU Pesisir Selatan

   

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

Iklan

iklan

Arsip Blog