29 Agustus 2023

Pokdarwis di Pessel Diberikan Pelatihan Pemandu Wisata Outbound


PAINAN, (GemaMedianet.com| Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga melalui anggaran DAK Non Fisik 2023 melaksanakan kegiatan pelatihan outbond kepada kelompok ekowisata dan pemandu wisata yang ada di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Sumatera Barat (Sumbar).

Kegiatan tersebut berlangsung selama tiga hari di Hotel Hannah Painan, Selasa -Kamis (29-31/8/2023).

Pelatihan ini guna meningkatkan minat masyarakat untuk mendatangkan suatu kawasan wisata perlu adanya atraksi wisata yang dipadukan dengan potensi yang ada di kawasan tersebut. Atraksi yang biasa dilakukan diantaranya adalah outbond.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Suhendri menjelaskan, sebuah metode pelatihan yang bertujuan untuk meningkatkan kinerja dan pemenuhan kompetensi sumber daya manusia pada sebuah organisasi, sekolah maupun perusahaan itulah arti singkat dari program outbound training.

Program pelatihan berbasis outdoor activities ini didesain setelah mengetahui kebutuhan atau harapan yang diinginkan oleh wisatawan. Karenanya setiap wisatawan  yang mau mengadakan pelatihan, tentu mereka mempunyai kebutuhan yang berbeda-beda maka untuk itu perlu mendapatkan informasi

"Untuk itu program training ini kita gelar guna meningkatkan SDM kelompok sadar wisata (Pokdarwis) yang ada," ujarnya.

Dijelaskannya Program outbound training ini dijalankan dengan menggunakan pembelajaran edukatif, reflektif, afirmasi dan terapan. Dimana Edukatif Experiential Learning Process. Peserta menjalankan dan merasakan proses pembelajaran yang terjadi selama pelatihan secara langsung dan terus menerus. Sehingga banyak hal yang bisa didapatkan, sesuai dengan tujuan yang dimaksudkan..

"Mengingat pentingnya suatu perusahaan (corporate) melakukan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) yang merupakan asset utama, maka pelatihan ini tidak hanya sebagai wujud aktifitas saja, melainkan harus dikelola secara benar sesuai kebutuhan berdasar pada perencanaan, yang dimulai dari tahap awal (pre-programme), proses pelaksanaan (training programme), tahap akhir pelaksanaan (post-programme).

"Membangun mentalitas dasar untuk mencapai kinerja yang baik. Memberikan pelatihan dan pembekalan kepada setiap pegawai/karyawan dengan dasar sikap mental," ujarnya

Dijelaskannya, pelatihan ini mendatangkan narasumber yang berkompeten, dimana materi yang mereka sampaikan adalah terkait  merencanakan program kegiatan rekreasi dan pembelajaran, memandu kegiatan tali rendah dan tali tinggi serta merencanakan kegiatan outbond pada pemanduan.

Dan peserta pelatihan ini akan mengadakan studi lapangan ke Anailand  Kabupaten Pariaman, tukasnya.

(Elfi)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN

Iklan

POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Pasang Iklan Anda Di Sini

   

iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

Iklan

iklan

Arsip Blog