14 Juni 2023

Diskusi KPU Sumbar Dengan MOI Sumbar Mewujudkan Pemilihan Yang Adil



PADANG, (GemaMedianet.com| Komisi Pemilihan Umum (KPU), merupakan lembaga Penyelenggara Pemilu yang bersifat nasional, tetap dan mandiri yang bertugas melaksanakan Pemilu. Begitu selanjutnya dengan KPU provinsi dan KPU kabupaten/kota adalah penyelenggara Pemilu di Provinsi dan kabupaten/kota.

Kendati bersifat mandiri, KPU membutuhkan andil masyarakat dalam membangun pemilihan yang adil, sebagaimana yang disampaikan oleh Surya Efitrimen, salah satu Komisioner KPU Sumatera Barat (Sumbar) saat pertemuannya dengan MOI Sumbar pada Rabu (14/6/2023). 

"Bahwasanya KPU bukan apa-apa tanpa masyarakat," tuturnya dalam diskusi santai bersama pengurus dan anggota MOI Sumbar. 

Diskusi yang dilaksanakan itu berjalan dengan hikmat, dan di kesempatan itu MOI Sumbar juga memberi beberapa masukan untuk bahan evaluasi dari yang terjadi pada saat pemilihan sebelumnya.

Sosok yang menerima masukan dan tidak anti kritik itu diperlihatkan oleh Komisioner KPU yang dulunya juga menjabat sebagai Komisioner Bawaslu ini dalam menerima masukan yang diberikan oleh MOI Sumbar.

“Semua kritik dan saran itu akan kami diskusikan kembali bersama ketua-ketua yang lainnya,” ujar Surya Efitrimen. 

Sementara untuk kebijakan yang akan dijalankan seperti Pemilu Proposional terbuka atau tertutup merupakan keputusan dari Mahkamah Konstitusi, dan KPU tidak memiliki andil untuk ikut campur.

Dengan pengalaman sebagai Komisioner Bawaslu, Surya Efitrimen yakin akan memberikan yang terbaik di KPU. 

”Di Bawaslu saya mengawasi KPU, dan sekarang di KPU saya tahu apa saja yang harus saya lakukan dan saya hindari, jadi tidak mungkin saya melakukan kesalahan karena saya tahu hukumannya,” ucap Surya.

Susunan Keanggotaan KPU sekarang masih terbilang baru, namun Surya Efitrimen yakin hal itu bukan menjadi alasan bagi KPU untuk tidak memberikan yang terbaik pada Pemilu yang akan datang.

Tak lupa Surya Efitrimen juga mengajak rekan-rekan MOI Sumbar untuk bekerja sama mencapai pemilu yang adil, dengan menyiarkan hal-hal yang dibutuhkan. 

"Dengan demikian, pada gilirannya nanti pemilih akan dapat lebih cerdas, dan tidak gampang dimanipulasi," pungkasnya. 

(RD)

0 comments:

Posting Komentar

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN

Iklan

POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Pasang Iklan Anda Di Sini

   

iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

Iklan

iklan

Arsip Blog