30 Juni 2022

Polda Sumbar Gelar Upacara Ziarah di Makam Pahlawan Kusuma Bangsa Lolong




PADANG, (GemaMedianet.com| Dalam rangka memperingati hari Bhayangkara ke-76, Kepolisian Daerah Sumatera Barat (Polda Sumbar) menggelar upacara Ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan Kusuma Bangsa di Jalan S. Parman Lolong, Padang, Rabu (29/6/2022).

Ziarah ke TMP Kalibata, Kapolri Lanjutkan Semangat Pahlawan Wujudkan Indonesia Emas



JAKARTA, (GemaMedianet.com| Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit Prabowo berziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan. Kegiatan ini sebagai bentuk penghormatan kepada para pahlawan yang telah berjuang untuk Bangsa Indonesia.

Ratusan Personel Polda Sumbar dan Jajaran Naik Pangkat Setingkat Lebih Tinggi




PADANG, (GemaMedianet.com| Ratusan personel kepolisian daerah Sumatera Barat beserta jajarannya mendapatkan kenaikan pangkat setingkat lebih tinggi dari sebelumnya untuk periode 1 Juli 2022.

KPK RI Sambut Baik Inisiatif JMSI Ikut Kampanyekan Pemberantasan Korupsi di Tanah Air



SAMARINDA, (GemaMedianet.com| Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia (KPK RI) diwajibkan oleh undang undang untuk menggandeng masyarakat dalam upaya mencegah dan memberantas praktik korupsi.

Kewajiban itu tercantum pada Pasal 1 UU Nomor 19 Tahun 2019 tentang Perubahan Kedua atas UU Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI.

Di dalam Pasal 1 ayat (4) UU itu disebutkan bahwa, Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi adalah serangkaian kegiatan untuk mencegah dan memberantas terjadinya tindak pidana korupsi melalui upaya koordinasi, supervisi, monitor, penyelidikan, penyidikan, penuntutan,
pemeriksaan di sidang pengadilan, dengan peran serta masyarakat sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Karena perintah UU itulah, KPK menyambut baik inisiatif organisasi perusahaan pers Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) ikut mengkampanyekan pemberantasan korupsi di tanah air.

BACA JUGA : JMSI Mesti Kawal Pembangunan IKN, Ikut Orkestrasi Pemberantasan Korupsi, dan Kedepankan Gagasan Calon Pemimpin Nasional

Demikian disampaikan Deputi Pendidikan dan Peran Masyarakat KPK RI Wawan Wardiana, ketika menjadi keynote speaker dalam Seminar Nasional bertema "Media dan Wartawan Berintegritas Melawan Korupsi" yang diselenggarakan Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) di Hotel Aston, Samarinda, Rabu (29/6/2022).

Seminar tersebut merupakan rangkaian kegiatan Pengukuhan Pengurus Daerah JMSI Kaltim oleh Ketua Umum JMSI Teguh Santosa, dan dihadiri sejumlah pejabat pemerintah di Bumi Etam seperti Ketua DPRD Kaltim Makmur HPK, Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Brigjen (Pol) Wisnu Andayana, Bupati Kutai Timur Ardiansyah Sulaiman, Wakil Walikota Bontang Najirah, dan Ketua DPRD Bontang Andi Faisal Sofyan Hasdam, serta Kepala Dinas Kominfo Provinsi Kaltim Muhammad Faisal.

Pembicara dalam Seminar Nasional tersebut adalah Walikota Samarinda yang juga Ketua Asosiasi Pemerintah Daerah Kepulauan dan Pesisir Seluruh Indonesia (Aspeksindo) Andi Harun, dan Ketua Jurnalis Anti Hoax Kaltim Charles Siahaan.

Adapun Wawan hadir mewakili Ketua KPK RI Firli Bahuri yang mendadak berhalangan hadir.

Dalam pemaparannya, Wawan mengajak pengelola media dan wartawan menjaga integritas dalam melawan korupsi.

Dia juga mengimbau agar reportase media mengenai kegiatan KPK RI dilakukan secara berimbang. Artinya, tidak hanya fokus pada upaya penindakan, tetapi juga memberikan ruang yang cukup pada informasi-informasi seputar pendidikan dan pencegahan korupsi yang dilakukan secara sistematik.

Peran serta masyarakat, sambungnya, sangat diharapkan membantu pemberantas korupsi. Bila hanya mengandalkan KPK dan upaya penindakan, pemberantasan korupai tidak akan pernah selesai.

Wawan juga menyampaikan sejumlah program Kedeputian yang dipimpinnya, seperti Desa Antikorupsi, Pemberdayaan Peran Serta Masyarakat/Komunitas, Kelas Pemuda/LSM Antikorupsi, Keluarga Berintegritas (KERTAS), Insersi Pendidikan Antikorupsi pada Kurikulum, dan Pembangunan Integritas Ekosistem
Pendidikan, serta Pemberdaya Jejaring Pendidikan.

"Integritas adalah keselarasan pikiran, perkataan, dan perbuatan dengan standar norma hukum dan nilai yang berlaku," ujar Wawan.

Doktor Ilmu Komunikasi dari Universitas Padjadjaran (Unpad) ini juga memperkenalkan "jembatan keledai" Jumat Bersepeda Kakak yang merupakan singkatan dari sembilan nilai anti korupsi, yakni jujur, mandiri, tanggung jawab, berani, sederhana, peduli, disiplin, adil, dan kerja keras.

Wawan juga berpesan agar media dan wartawan menghindarkan konflik kepentingan, menginternalisasikan integritas dalam diri dan organisasi, tolak segala bentuk gratifikasi, serta mencegah dan melaporkan peristiwa orupsi yang diketahui. 

(pr)

Wujudkan Mudik yang Aman, Sehat dan Bahagia, Ini 10 Tips Dari Polri



JAKARTA, (GemaMedianet.com| Kepala Divisi Hubungan Masyarakat (Kadiv Humas) Polri memaparkan 10 tips mudik yang aman dan sehat bagi masyarakat. Menurutnya, jika melakukan hal itu maka warga yang pulang ke kampung halamannya bisa dalam kondisi tenang dan bahagia.

JMSI Mesti Kawal Pembangunan IKN, Ikut Orkestrasi Pemberantasan Korupsi, dan Kedepankan Gagasan Calon Pemimpin Nasional



SAMARINDA, (GemaMedianet.com| Media siber yang tergabung dalam organisasi perusahaan pers Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) di Kalimantan Timur diminta ikut proaktif mengawal pembangunan Ibukota Nusantara (IKN) di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

29 Juni 2022

Bhabinkamtibmas BPA Hadiri Penyampaian Aspirasi Pedagang Kaki Lima P3L Kota Bukittinggi




BUKITTINGGI, (GemaMedianet.com| Guna terciptanya Kamtibmas yang kondusif di wilayah binaan, Bhabinkamtibmas Kelurahan Benteng Pasar Atas (BPA) Polsek Kota Bukittinggi Aipda Yon Aidir, SH menanggapi Aspirasi Pedagang Kaki Lima P3L Kota Bukittinggi. 

ACT Padang dan IHH NL Bangun Sumur Wakaf di Surau Durian Taba



PADANGPARIAMAN, (GemaMedianet.com| Pembangunan tempat wudhu sudah selesai dan sudah dimanfaatkan oleh Jamaah Surau Durian Taba, tepatnya di Dusun Sungai Pingai, Nagari III Koto Aua Malintang Selatan, Kecamatan IV Koto Aua Malintang, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat.

Mabes Polri Raih WTP Sembilan Kali Berturut-turut




JAKARTA, (GemaMedianet.com) | Markas Besar (Mabes) Polri kembali meraih predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) untuk yang kesembilan kalinya secara berturut-turut.

Dirlantas Polda Sumbar Tindak Delapan Pengemudi Angkot di bawah Umur, Warning Bagi Pemilik Angkot



PADANG, (GemaMedianet.com) Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Kepolisian Daerah Sumatera Barat (Polda Sumbar) menindak delapan orang anak di bawah umur yang kedapatan membawa angkutan umum.

Wakapolri Letakkan Batu Pertama Pembangunan Masjid Al Kostoeri Pekanbaru



PEKANBARU, (GemaMedianet.com) | Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono berkesempatan melakukan peletakan batu pertama pembangunan Masjid Al Kastoeri, Jalan Sri Sejahtera Kelurahan Agrowisata Kecamatan Rumbai Barat, Kota Pekanbaru, Riau, Selasa (28/6/2022).

28 Juni 2022

Puluhan Wali Murid SMP Negeri 1 Padang Datangi DPRD Sumbar



PADANG, Cakrawala.co,- Puluhan wali murid Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Kota Padang, mendatangi DPRD Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Selasa (28/6/2022).

Kedatangan wali murid tersebut, untuk memperjuangkan nasib anak mereka yang tercoret pada sistem PPDB jalur presetasi.

“Dikarenakan markup nilai rapor yang tidak diketahui oleh walimurid, anak kita tercoret sistem PPDB khususnya jalur presetasi. Sekarang nasib mereka harus mengikuti jalur zonasi, secara perhitungan jelas tidak akan masuk di SMA negeri yang jauh dari rumah,” kata salah satu walimurid Ibas.

Secara administrasi, lanjutnya, Kepala sekolah SMAN 1 Padang telah mengeluarkan surat terkait persoalan ini, namun surat tersebut terkesan memberatkan siswa yang tidak mengetahui adanya markup nilai.

”Jumlah murid yang tersandung masalah ini sebanyak 50 orang, sekarang tidak mengetahui akan menyambung sekolah negeri dimana,” katanya.

Menanggapi persoalan ini, Ketua PPDB tingkat SMA/SMK Sumbar, Suryanto mengungkapkan Praktek Dugaan Mark Up Nilai ini salah satu perbuatan yang bertentangan dengan kaidah pendidik.

“Sesuai dengan Pasal 28 PPDB, intinya kalau tidak mengunakan dokumen yang sah atau tidak menggunakan dokumen semestinya sesuai dengan undang-undang itu bisa dibatalkan. Kita anggap tidak valid datanya,” ujarnya

Dia juga mengatakan tidak akan mungkin untuk mengulangi PPDB karena pasti akan jauh lebih rumit lagi.

Sementara itu PLT Kepala Dinas Pendidikan Sumbar, Sadrianto mengatakan, sistem PPDB harus berjalan sesuai dengan regulasi yang ada, jika ada kecurangan akan diberikan sanksi administrasi, terkait masalah markup nilai hampir dipastikan mereka dibatalkan.

Meski ada dalil bahwa yang melakukan markup nilai adalah pihak sekolah, itu tidak ada hubungannya dengan dinas, melainkan pada sekolah bersangkutan.

“Sanksi administrasi yang diberlakukan hanya untuk jalur prestasi, jika ingin masuk melalui zonasi masih bisa,”katanya.

Dia mengatakan, calon peserta didik baru Sumbar sebanyak 85,440 sedangkan daya tampung SMA/SMK sebanyak 79,868 diperkirakan enam ribu lebih siswa dipastikan akan masuk sekolah swasta.

Ketua DPRD Sumbar Supardi yang menyabut kedatangan para wali murid mengatakan, akan mengkoordinasikan hal ini kepada pihak terkait, apa yang terjadi sekarang jadikan bahan evaluasi Dinas Pendidikan Sumbar. 

"Aspirasi akan ditampung dan akan menjadi catatan DPRD secara kelembagaan," tukasnya.

Antisipasi Curnak Jelang Hari Raya Qurban, Bhabin Koordinasi Dengan Wali Korong Ladang Rimbo Timur



PARIAMAN, (GemaMedianet.com) |  Untuk mengantisipasi pencurian ternak (Curnak), terutama jelang hari raya qurban, Bhabinkamtibmas Kenagarian Sungai Sirah Kuranji Hulu melakukan silaturahmi dan koordinasi dengan Wali Korong Ladang Rimbo Timur Amir Hosen, Senin (27/6/2022) siang.

Ciptakan Kamtibmas Kondusif, Bhabin Koordinasi Dengan Wali Nagari Sungai Sirah Kuranji Hulu



PARIAMAN, (GemaMedianet.com) | Untuk terus memelihara kamtibmas yang kondusif,  Bhabinkamtibmas Kenagarian Sungai Sirah Kuranji Hulu Polsek Sungai Geringging Polres Pariaman secara rutin melakukan kegiatan tiada hari tanpa silaturahmi dengan masyarakat wilayah binaan.

Manfaat Restorative Justice, Begini Penjelasan Kapolda Sumbar




PADANG, (GemaMedianet.com) | Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Barat (Kapolda Sumbar) Irjen Pol Teddy Minahasa P, SH, S.Ik, MH menyebut, sepanjang tahun 2022, dari 2.257 kasus kriminal terdapat 257 kasus yang dapat diselesaikan dengan Restorative Justice (RJ). Sementara sepanjang 2021, 1.011 kasus diselesaikan dengan RJ dari 5.585 kasus.

Akpol 96 Luncurkan Buku "Berjuang di Sudut-sudut Tak Terliput" di Berbagai Daerah



JAKARTA, (GemaMedianet.com) | Akademi Kepolisian (Akpol) 1996 meluncurkan buku berjudul 'Berjuang di Sudut-sudut Tak Terliput'. Buku yang ditulis oleh Iqbal Aji Daryono itu berisi peran anggota kepolisian yang bertugas di berbagai daerah. 

Kapolda dan Forkopimda Sumbar Hadiri Pelepasan KRI Cakalang-852 di Pelabuhan Teluk Bayur




PADANG, (GemaMedianet.com) | Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Barat (Kapolda Sumbar) Irjen Pol. Teddy Minahasa P, SH, S.I.K, MH menghadiri acara pelepasan KRI Cakalang-852 dalam rangka memberikan pelayanan kas keliling Bank Indonesia di daerah 3T wilayah Provinsi Sumatera Barat.

Berantas Peredaran Narkotika Jenis Shabu, Polres Dharmasraya Tangkap AT di Jorong Sakato



DHARMASRAYA, (GemaMedianet.com) | Upaya Polres Dharmasraya dalam menyelamatkan generasi penerus bangsa dari bahaya Narkotika, kembali membuahkan hasil.

Hendri Septa Walikota Pertama di Indonesia Khatib Jumat di Jerman




HILDESHEIM, (GemaMedianet.com) | Dalam kunjungan kerjanya ke Kota Hildesheim, Jerman, Wali Kota Padang Hendri Septa berkesempatan menjadi Khatib Jumat di Masjid Ayosofia, Jumat (24/6/2022).

27 Juni 2022

Ketua KONI Tommy Irawan Sandra Apresiasi Gelaran Kejurda Atletik Se Sumbar di Kabupaten Pasaman



PASAMAN, (GemaMedianet.com) | Ketua KONI Kabupaten Pasaman, Tommy Irawan Sandra mengapresiasi Kejuaraan Daerah (Kejurda) Atletik se Sumatera Barat (Sumbar) Tahun 2022 yang dilaksanakan oleh Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PASI) Sumbar 26-29 Juni 2022 di Stadion Tuanku Imam Bonjol Lubuksikaping.

Mudahkan Calon Pequrban, ACT Pasaman Barat Berikan Harga Qurban Terjangkau Rp1,6 Juta




PASAMANBARAT, (GemaMedianet.com) | Ibadah qurban adalah ibadah yang sangat dianjurkan pada Hari Raya Idul Adha. Karenanya, Global Qurban dari Aksi Cepat Tanggap (ACT) Pasaman Barat berupaya memberikan potongan harga alias flash sale agar masyarakat yang berqurban semakin banyak.

Petakan Alet Berprestasi, Kejurda Atletik Tingkat Sumbar Dihelat di Kabupaten Pasaman



PASAMAN, (GemaMedianet.com) |  Kejuaraan Daerah (Kejurda) Atletik tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) dihelat di Kabupaten Pasaman, Senin (27/6/2022). 

Personel Polsek Pasaman Himbauan Kamtibmas di Pasar Simpang Tiga Luhak Nan Duo



PASAMANBARAT, (GemaMedianet.com) | Guna menjaga situasi tetap kondusif di tengah masyarakat, Polsek Pasaman Polres Pasaman Barat gencar memberikan himbauan-himbauan Kamtibmas di kawasan pasar tradisional.

26 Juni 2022

Polres Pariaman Gencarkan Sosialisasi dan Himbauan Pelarangan Truk ODOL



PARIAMAN, (GemaMedianet.com)   Kepolisian Resor (Polres) Pariaman melalui Satuan Lalu Lintas (Satlantas) terus gencar menyosialisasikan pelarangan truk dengan kategori Over Dimension Over Load (ODOL) atau bermuatan melebihi kapasitas di wilayah hukumnya.

Polri dan PB ISSI Bakal Pecahkan Rekor MURI Bersepeda Jakarta-Semarang 24 Jam



JAKARTA, (GemaMedianet.com)  Kepolisian Republik Indonesia dan Pengurus Besar Persatuan Ikatan Sports Sepeda Indonesia (PB ISSI) serta Presisi Khatulistiwa bakal melakukan pemecahan rekor Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI) bersepeda beregu dalam waktu 24 jam Jakarta-Semarang pada Sabtu, 25 Juni 2022.

Apel Dansat, Kapolri Paparkan Optimalisasi Sinergitas TNI-Polri Demi Wujudkan Indonesia Emas 2045



MAGELANG, (GemaMedianet.com)  | Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit Prabowo menjadi salah satu pembicara di kegiatan Apel Komandan Satuan (Dansat) TNI AD di Akademi Militer, Magelang, Jawa Tengah, Kamis (23/6/2022).

Muallaf di Tiga Dusun Kepulauan Mentawai Belum Pernah Cicipi Daging Qurban



MENTAWAI, (GemaMedianet.com)  | Membelah luasnya lautan untuk menuju ke Kepulauan Mentawai. Tim ACT berkesempatan berkunjung ke Dusun Katurei, Dusun Muntai, Dusun Mangorut di kabupaten pulau terluar Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) ini.

Teknologi Digitalisasi, Upaya Pertamina Pastikan BBM dan LPG Tepat Sasaran




JAKARTA, (GemaMedianet.com)  | Besarnya angka subsidi yang digelontorkan Pemerintah untuk BBM dan LPG, mendorong Pertamina untuk terus memastikan distribusi BBM dan LPG Subsidi agar tepat sasaran dan tidak terjadi penyalahgunaan di mata rantai distribusi mulai dari terminal BBM hingga SPBU. 

Wako Hendri Septa Diundang Khusus Peresmian Jembatan "Padang Brucke" di Hildesheim Jerman



JERMAN, (GemaMedianet.com)  | Jika di Uni Emirat Arab (UEA) terdapat jalan dan masjid yang diberi nama Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai bukti persahabatan Indonesia dan UEA yang begitu akrab dan mesra, demikian pula halnya dengan Kota Padang dan Kota Hildesheim, Jerman.

25 Juni 2022

Kapolda Sumbar Pimpin Apel Kesiapan Pamwal dan Rute HDCI Sumatera Bike Week 2022



PADANG, (GemaMedianet.com)  | Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumatera Barat (Sumbar) Irjen Pol Teddy Minahasa P, SH, S.Ik. MH memimpin apel gelar kesiapan Pengamanan, Pengawalan (Pamwal) dan Rute dalam rangka HDCI Sumatera Bike Week (SBW) 2022.

Polri Gelar Apresiasi "Setapak Perubahan Polri"




JAKARTA, (GemaMedianet.com)  | Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Listyo Sigit Prabowo menghadiri malam apresiasi kreasi "Setapak Perubahan Polri" di Gedung Tribrata, Jakarta Selatan, Rabu (22/6/2022) malam.

Jelang Hari Bhayangkara ke-76, Polri Gelar Nusantara Gemilang



JAKARTA, (GemaMedianet.com)  | Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menggelar kegiatan Nusantara Gemilang dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-76 pada 1 Juli 2022 mendatang.

Peringatan Hari Bhayangkara, 1200 Anak Ikuti Sunatan Massal Gratis Polda Sumbar




PADANG, (GemaMedianet.com)  | Kepolisian Daerah Sumatera Barat (Polda Sumbar) kembali menggelar bakti kesehatan dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-76 tahun 2022.

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN

Iklan

POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Pasang Iklan Anda Di Sini

   

iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

Iklan

iklan

Arsip Blog