31 Mei 2020

Wagub Musa Rajekshah Tinjau Kesiapan Wisma Atlet Untuk Tenaga Medis Covid-19


MEDAN, (GemaMedianet.com— Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Utara (Sumut) Musa Rajekshah meninjau kesiapan Wisma Atlet Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut di Jalan Willem Iskandar, Deliserdang yang akan digunakan untuk penginapan tenaga medis yang menangani Corona Virus Disease (Covid-19).

Sumut Transisi Menuju New Normal, Siswa Belum Diizinkan ke Sekolah


MEDAN, (GemaMedianet.com— Provinsi Sumatera Utara (Sumut) memasuki masa transisi, setelah status tanggap darurat bencana wabah penyakit akibat Covid-19 berakhir 29 Mei 2020, sesuai SK Gubernur Sumut Nomor 188.44/174/KPTS/2020.

Jelang New Normal, Kapolda Sumbar Bersama Wakapolda Tinjau Pasar Raya Padang


PADANG, (GemaMedianet.com— Provinsi Sumatera Barat merupakan salah satu provinsi yang akan melaksanakan New Normal di tengah pandemi Covid-19 di Indonesia. Begitu juga dengan Kota Padang yang juga akan mengikuti hal tersebut.

Ekonomi Amak Syaftimar Terpuruk Akibat Covid-19, ACT Siapkan Program Sahabat UMI


PADANG, (GemaMedianet.com— Tak sedikit Masyarakat Sumatera Barat yang kini harus mengalami kelumpuhan ekonomi akibat pandemi Covid-19, seperti terlilit utang, kehilangan modal, sampai harus gulung tikar.

Irwan Basir Apresiasi Gerakan Goro Masyarakat Delima Hadapi Pandemi Covid-19


PADANG, (GemaMedianet.com— Ketua Dewan Pimpinan Daerah Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (DPD LPM) Kota Padang, Irwan Basir Datuk Rajo Alam, SH, MM sekaligus Ketua Penasehat BMPN Pauh IX Kuranji memotivasi warga Blok A Perumnas Belimbing Kuranji untuk melaksanakan gotong-royong (Goro) membersihkan lingkungan RT. 01 sampai RT.08 di RW.08, Kecamatan Kuranji, Kota Padang, Sabtu (30/5/2020).

30 Mei 2020

Update 30 Mei Covid-19 Padang : Tambah 8 Positif Total 369, Tambah 8 Sembuh Total 145 dan Kematian 18


PADANG, (GemaMedianet.com— Kasus konfirmasi positif Covid-19 di Kota Padang kembali berfluktuasi. Setelah  sehari sebelumnya turun hingga hanya sebanyak 4 kasus konfirmasi positif Covid-19, pada update hari ini hingga pukul 10.00 WIB, Sabtu  (30/5/2020) bertambah 8 kasus positif baru di tiga kecamatan.

H+6 Lebaran, Arus Lalu Lintas Kelok 44 Normal

Arus Lalu Lintas di Kelok 44 (Foto : GMN/Bryan) 

AGAM, (GemaMedianet.com— Memasuki H+6 pasca lebaran Idul Fitri 1441 Hijiriah, kondisi lalulintas kendaraan di Kelok 44, Kabupaten Agam terlihat normal. Hal itu berbeda dibanding tahun sebelumnya yang ramai dipenuhi kendaraan, bahkan menjadi tempat yang sangat rawan terjadi kemacetan.

Anggota DPRD Sumbar Desrio Putra Apresiasi Usulan Gubernur Lahirkan Regulasi New Normal


PADANG, (GemaMedianet.com— Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Desrio Putra mengapresiasi adanya usulan Gubernur Irwan Prayitno untuk melahirkan regulasi dalam pencegahan dan penanganan Covid-19 terutama terkait New Normal di Sumbar.

Update 29 Mei Covid-19 Padang : Zero Positif Baru Total 361, Tambah 8 Total Sembuh 137 dan Total Kematian 18


PADANG, (GemaMedianet.com— Kasus konfirmasi positif Covid-19 di Kota Padang kembali berfluktuasi. Setelah  sehari sebelumnya turun hingga hanya sebanyak 4 kasus konfirmasi positif Covid-19, pada update hari ini hingga pukul 10.00 WIB, Jum'at (29/5/2020) tidak terdapat penambahan kasus positif baru.

GTPP Covid-19 Sumut Persiapkan Kemungkinan Pelaksanaan New Normal


MEDAN, (GemaMedianet.com— Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) menyiapkan kemungkinan penerapan New Normal di daerah ini. Hal tersebut dilakukan terkait skenario normal baru atau New Normal untuk kembali menggerakkan kegiatan sosial dan ekonomi masyarakat di tengah pandemi Covid-19 yang bakal diterapkan pemerintah pusat.

Komit Selamatkan Situs Sejarah, Tahun Ini Lahan Benteng Putri Hijau Segera Dibebaskan


MEDAN, (GemaMedianet.com— Komitmen Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) untuk menyelamatkan situs bersejarah di daerah ini akan segera direalisasikan. Hal itu ditandai dengan pengadaan (pembebasan) lahan serta penataan kawasan situs Benteng Putri Hijau yang berlokasi di Desa Deli Tua Kecamatan Namorambe tahun ini.

Tuan Rondahaim Saragih Diusulkan Jadi Pahlawan Nasional


MEDAN, (GemaMedianet.comDinilai telah berperan dalam memimpin dan melakukan perjuangan mempertahankan wilayah Indonesia dari penjajahan Belanda, Tuan Rondahaim Saragih diusulkan menjadi Pahlawan Nasional. Ia Raja ke-14 dari Kerajaan Raya (Simalungun). 

Usulan tersebut disepakati dalam Rapat Pembahasan Usulan Pemberian Gelar Pahlawan Nasional kepada Tuan Rondahaim Saragih di Ruang Rapat Kaharuddin Nasution Lt8, Kantor Gubernur Sumut Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 30 Medan, Rabu (27/5/2020).

Rapat dipimpin Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumatera Utara (Sumut) yang juga Ketua Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) Sumut R Sabrina itu diikuti Kepala Dinas Sosial Sumut Rajali, Sejarawan USU Suprayitno, Sejarawan UNIMED Ichwan Azhari, perwakilan dari Dewan Harian Daerah (DHD) 45, LVRI, Polda, Kodam 1/BB dan tim pengusul dari FIB USU Medan.

“Pada prinsipnya tentu kita semua setuju Tuan Rondahaim Saragih diusulkan menjadi salah satu pahlawan nasional dari Sumut. Bahkan bila perlu lebih banyak lagi tokoh yang kita usulkan untuk mendapatkan gelar pahlawan nasional, karena hal ini akan menjadi kebanggaan bagi kita semua,” ujar Sabrina.

Namun menurut Sabrina, usulan tersebut harus dibuat dengan sebaik mungkin, sehingga benar-benar dapat memenuhi kriteria dan syarat yang telah ditetapkan untuk mendapatkan gelar pahlawan nasional. Apalagi mengingat ini merupakan usulan yang ketiga kalinya, harus dipersiapkan secara matang.

“Ini merupakan kesempatan terakhir, karena itu saya minta tim pengusul untuk menyempurnakan lagi usulan ini. Berbagai saran dan masukan dalam rapat ini harus diakomodir dalam usulan nantinya, terutama tentang syarat dan kriteria, harus dipastikan sudah sesuai dengan yang sudah ditetapkan,” ujar Sabrina.

Hal senada juga disampaikan Sejarawan USU Suprayitno. Menurutnya masih banyak yang harus disempurnakan dalam usulan yang akan disampaikan ke Tim Peneliti Pengkaji Gelar Pusat (TP2GP), antara lain tentang bukti-bukti sejarah berupa arsip-arsip yang mendukung.

“Saya bangga dengan sosok Tuan Rondahaim Saragih. Namun tim pengusul harus bekerja lebih ekstra lagi untuk mengumpulkan bukti-bukti sejarah dan arsip yang mendukung, agar usulan kali ini dapat disetujui oleh TP2GP dan Tuan Rondahaim Saragih dapat ditetapkan menjadi salah satu Pahlawan Nasional asal Sumut,” ujar Suprayitno yang juga Anggota TP2GD Sumut.

Sejarawan UNIMED Ichwan Azhari sebagai Anggota TP2GD Sumut juga mengharapkan hal yang sama. Selain segera memperbaiki usulan, tim pengusul juga diharapkan mempersiapkan diri menerima kedatangan TP2GP ke Sumut.

“Tim harus dapat menjelaskan dan menjawab berbagai hal yang menjadi pertanyaan tim dari Jakarta serta menyiapkan berbagai bukti pendukung, sehingga mereka yakin dan Tuan Rondahaim Saragih dapat segera ditetapkan menjadi pahlawan nasional,” harap Ichwan.

Sementara itu, Anggota Tim Pengusul FIB USU Medan Hisarma Saragih menyampaikan akan segera memperbaiki usulan yang akan disampaikan ke TP2GP. 

“Secepatnya akan kami lengkapi lagi usulan ini, sesuai dengan saran dan masukan yang disampaikan dalam rapat ini,” katanya.

Sejarah Ringkas Tuan Rondahaim 

Sebelumnya, dalam paparannya, Hisarma menyampaikan, Tuan Rondahaim Saragih Garingging atau Tuan Rondahaim merupakan sosok pejuang asal Kerajaan Raya, Simalungun, Sumatera Utara (dahulu Pantai Timur Sumatera). Masa perjuangannya terentang dari 1880 hingga 1891. Awal keterlibatannya dalam perang melawan kolonialisme Belanda, adalah ketika mengetahui pemerintah Belanda membuka perkebunan secara sepihak di wilayah yang dihuni orang Simalungun. Berbagai tindak kejahatan seperti pemerkosaan, perampokan dan penyiksaan diperoleh orang Simalungun.

Sepanjang tahun 1874 hingga 1878, Tuan Rondahaim sudah mulai mendengar kabar ini. Tuan Rondahaim telah mengetahui bahwa pasukan Belanda terdiri dari pasukan yang kuat dengan dukungan persenjataan modern. Untuk itu, terlebih dahulu, ia siapkan pasukannya untuk digembleng dalam pelatihan-pelatihan militer guna mempersiapkan diri menyongsong pertempuran.

“Ia mendatangkan guru-guru perang dari Tanah Gayo, Alasa dan Aceh ke Raya untuk mendidik pasukannya. Beberapa tokoh pejuang rakyat lain, seperti Tengku Muhammad dari Aceh dan Si Singamangaraja ke-XII dari Bakkara didatangkan ke Dalig Raya untuk membahas strategi perang semesta menghadapi Belanda. Ia juga membangun komunikasi dengan Kesultanan Lima Laras (Batubara) untuk meningkatkan kerja sama di bidang pertahanan,” papar Hisarma.

Tuan Rondahaim pun memimpin pasukan Panei, Siantar, Silou dan Padang melawan Belanda yang hendak menguasai wilayahnya. Membangun jejaring dengan Kerajaan Padang, Asahan, Batubara, Bajalinggei untuk melakukan perlawanan terhadap Belanda yang telah menguasai pesisir Sumatera Timur.

“Ketatnya pertahanan yang digalang Tuan Rondahaim serta tangguhnya pasukan Raya, membuat Belanda memutuskan untuk mengundurkan diri dari usaha menundukkan raja-raja Simalungun. Tuan Rondahaim pun berhasil mengamankan wilayahnya sampai dengan akhir hayatnya. Pada tahun 1891, ia tutup usia dan dimakamkan di Raya,” jelasnya.

Melihat perjuangan Tuan Rondahaim yang mempunyai skala yang luas serta kesungguhan membela bangsanya, sepertinya patut dikenang dan diberi suatu apresiasi yang tinggi oleh pemerintah dan masyarakat negeri ini.

“Gelar pahlawan nasional dari Pemerintah Republik Indonesia adalah sepantasnya bagi sosok yang memiliki jasa besar bagi masyarakatnya,” ucap Hisarma.

#Red : Uki  l  Humas Sumut 

29 Mei 2020

Update 28 Mei Covid-19 Padang : Turun ! Positif Baru 4 Total 361, Total Sembuh 129 dan Total 18 Kematian


PADANG, (GemaMedianet.com— Kasus konfirmasi positif Covid-19 di Kota Padang kembali berfluktuasi. Setelah  sehari sebelumnya turun menjadi sebanyak 18 kasus konfirmasi positif Covid-19, pada update hari ini hingga pukul 10.00 WIB, Rabu  (28/5/2020) penurunan kembali dengan hanya sebanyak 4 kasus baru konfirmasi positif Covid-19 yang tersebar di dua kecamatan.

Polda Sumbar dan BRI Kanwil Padang Kerjasamakan Penyediaan Fasilitas Biaya Rumah Anggota Polri


PADANG, (GemaMedianet.com— Kepolisian Daerah Sumatera Barat bersama Bank Rakyat Indonesia (BRI) Tbk Kanwil Padang, melakukan kerja sama terkait penyediaan fasilitas pembiayaan rumah bagi anggota Polri dan pegawai negeri di lingkungan Polda Sumbar.

Polsek Tanjung Raya Salurkan Bantuan Beras Kepada Warga Terdampak Covid-19

Penyerahan Bantuan Beras (Foto : GMN/Bryan Adam) 

AGAM, (GemaMedianet.com— Personil Kepolisian Sektor (Polsek) Tanjung Raya, Kabupaten Agam, menyalurkan bantuan beras kepada warga yang terdampak pandemi Covid-19. Penyaluran bantuan itu dilakukan di wilayah hukum Polsek Tanjung Raya, Jumat (29/5/2020).

Zulhardi Z Latif dan Hendri Septa Apresiasi Panen Perdana Ikan Nila Hasil UEP Karta Jaya Tarantang


PADANG, (GemaMedianet.com— Anggota DPRD Kota Padang, Zulhardi Z Latif bersama Wakil Wali Kota Padang Hendri Septa menghadiri Panen Perdana Ikan Nila hasil usaha ekonomi produktif (UEP) Karta Jaya, Kamis pagi (28/5/2020).

Apresiasi Tim Labor dan Para Medis, Wagub Beberkan Upaya Pemprov Sumbar Dalam Penanganan Covid-19


PADANG, (GemaMedianet.com— Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) memberikan apresiasi terhadap tim laboratorium yang bekerja tanpa lelah selama 22 jam. Luar biasanya lagi tim telah melakukan pemeriksaaan sampel sebanyak 1.461 dalam waktu 22 jam.

PSBB Sumbar Resmi Diperpanjang Hingga 7 Juni, Minus Bukittinggi


PADANG, (GemaMedianet.com— Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) resmi memperpanjang masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang akan berakhir 29 Mei 2020. PSSB selanjutnya diperpanjang selama 9 hari, mulai 30 Mei hingga 7 Juni 2020.

DPRD Sumbar Setujui LKPJ Gubernur 2019 Dengan Beberapa Catatan


PADANG, (GemaMedianet.com— Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Kepala Daerah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Tahun 2019 akhirnya disetujui Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumbar. Pengambilan keputusan dilakukan dalam rapat paripurna yang dipimpin langsung Ketua DPRD Supardi, Jum'at (29/5/2020).

Mahyeldi Tinjau Dampak Abrasi Sungai Pisang


PADANG, (GemaMedianet.com— Kawasan Sungai Pisang Kecamatan Bungus Teluk Kabung, bakal menjelma sebagai primadona baru destinasi wisata di Kota Padang. Hal itu menyusul dibangunnya dermaga terapung untuk transportasi antar pulau.

Ali Tanjung Bergerak Cepat "Obati" Kecemasan Masyarakat Akibat Abrasi Pantai Nagari Api-api


PESSEL, (GemaMedianet.com— Abrasi pantai kembali terjadi di kawasan wisata pantai Nagari Api-api, Kecamatan Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel). Peristiwa itu mendapat perhatian dari Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat, H Ali Tanjung, Rabu (27/5/2020).

28 Mei 2020

PSBB Resmi Diperpanjang Hingga 7 Juni, Padang Minta Pengawasan Orang Keluar Masuk Diperketat


PADANG, (GemaMedianet.com— Pemerintah Provinsi Sumatera Barat kembali memperpanjang masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang akan berakhir 29 Mei 2020 besok. PSSB selanjutnya diperpanjang selama 9 hari, yakni 30 Mei hingga 7 Juni 2020.

PSBB Berlanjut Sampai 7 Juni, Pasaman Persiapan Menuju "New Normal"


PASAMAN, (GemaMedianet.com— Penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Provinsi Sumatera Barat dilanjutkan sampai tanggal 7 Juni 2020. PSBB kali ini, guna persiapan menuju "New Normal" yang akan dilakukan kedepannya.

Camat Tanjung Raya Ajak Masyarakat Sukseskan Sensus Penduduk 2020

Camat Tanjung Raya (Foto : GMN/Bryan Adam) 

BUKITTINGGI, 
(GemaMedianet.com— Camat Tanjung Raya Handria Asmi, S.Stp, M.Sc mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk berpartisipasi mendukung dan mensukseskan program sensus penduduk 2020 yang dilaksanakan secara daring atau online.

Nasrul Abit : Keluar PSBB, Bukittinggi Bersiap Masuki "New Normal"


BUKITTINGGI, (GemaMedianet.com— Dalam rangka membahas Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Sumatera Barat Khususnya Kota Bukittinggi untuk penanganan Covid-19 secara merata, Wakil Gubernur Nasrul Abit melakukan pertemuan dengan Walikota Ramlan Nurmatias di Kantor Walikota Bukittinggi, Rabu (27/5/2020).

Presiden Minta Protokol Tatanan Normal Baru Disosialisasikan Secara Masif

Presiden Joko Widodo (Foto : BPMI Setpres/Kris) 

JAKARTA, (GemaMedianet.com— Presiden Joko Widodo meminta agar protokol mengenai tatanan normal baru yang sudah disiapkan Kementerian Kesehatan dapat segera disosialisasikan secara masif kepada masyarakat. Pengenalan yang lebih dini dan masif dari protokol tersebut diharapkan bisa meningkatkan kesadaran dan kedisiplinan masyarakat agar tetap produktif dan aman di tengah pandemi Covid-19.

27 Mei 2020

Update 27 Mei Covid-19 Padang : 18 Kasus Positif Baru Total 357, Sembuh 15 Total 127 dan Kematian Total 18


PADANG, (GemaMedianet.com— Kasus konfirmasi positif Covid-19 di Kota Padang kembali berfluktuasi. Setelah dua lagi hari sebelumnya sempat Zero kasus konfirmasi positif Covid-19, kemudian terjadi lonjakan 32 kasus positif pada Selasa kemarin, namun update hari ini hingga pukul 10.00 WIB, Rabu (27/5/2020) terjadi penurunan sebanyak 18 kasus baru konfirmasi positif Covid-19 yang tersebar di tujuh kecamatan.

H+3 Lebaran, Dua Objek Wisata di Tanjung Raya Sepi Pengunjung

Objek Wisata Linggai Park (Foto : GMN/Bryan Adam) 

AGAM, (GemaMedianet.com— Memasuki H+3 libur lebaran Idul Fitri 1441 Hijiriah, sejumlah objek wisata di kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, terlihat sepi pengunjung. Padahal di tahun sebelumnya beberapa tempat wisata di wilayah itu ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Rayani Al Amin Bocah Korban Kecelakaan Pohon Tumbang Akhirnya Menghembuskan Nafas Terakhir


PASAMAN, (GemaMedianet.com— Rayani Al Amin (4 tahun) akhirnya menghembuskan nafas terakhir pada pukul 05.30 WIB shubuh tadi (Rabu, 27/5/2020) setelah menjalani perawatan intensif di RSUP M. Jamil Padang.

Vidcon Dengan Gubernur, Yusuf Lubis Ungkap Keberhasilan PSBB di Pasaman


PASAMAN, (GemaMedianet.com— Bupati Pasaman H. Yusuf Lubis, SH, M.Si bersama Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Virus Corona (PPVC) Kabupaten Pasaman lakukan Video Conference (Vidcon) dengan Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno dari kediaman Bupati Pasaman, Jalan Sudirman Lubuk Sikaping, Selasa (26/5/2020).

GTPP Sumut Apresiasi Terbentuknya Pansus Covid-19 DPRD Provinsi


MEDAN, (GemaMedianet.com— Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Sumut) mengapresiasi terbentuknya Panitia Khusus (Pansus) Covid-19 DPRD Sumut. Diharapakan pansus ini dapat membantu GTPP Covid-19 Sumut dalam penanganan pandemi Covid-19 di Sumut.

Gubernur Edy Rahmayadi dan Pejabat Sumut Sholat Idul Fitri 1441 Hijriah di Rumah


MEDAN, (GemaMedianet.com— Setelah sebulan lamanya berpuasa di bulan suci Ramadhan, hari kemenangan pun tiba. Umat muslim se dunia seperti lazimnya menandainya dengan perayaan ibadah Sholat Idul Fitri di masjid-masjid, tempat terbuka atau tanah lapang dan saling bermaafan.

Update 26 Mei Covid-19 Padang : Lonjakan 32 Positif Total 339, Total Sembuh 112 dan Total 17 Kematian


PADANG, (GemaMedianet.com— Setelah sehari sempat zero kasus konfirmasi positif Covid-19 di Kota Padang, pada update hari ini hingga pukul 10.00 WIB, Selasa  (26/5/2020) terjadi lonjakan sebanyak 32 kasus baru konfirmasi positif Covid-19 di 10 kecamatan.

26 Mei 2020

Gubernur dan Wagub Sumbar Gelar Ratas Rencana dan Strategi Pasca PSBB Tahap II


PADANG, (GemaMedianet.com— Seiring akan berakhirnya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Sumatera Barat (Sumbar) pada 29 Mei 2020 mendatang, Gubernur Irwan Prayitno menyikapi kondisi itu dengan menggelar rapat terbatas (ratas) bersama Wakil Gubernur Nasrul Abit dan OPD di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumbar.

Polda Sumbar Siap Kawal Penerapan Skenario "New Normal"


PADANG, (GemaMedianet.com— Kepolisian Daerah Sumatera Barat (Polda Sumbar) siap mengawal skenario New Normal yang akan diterapkan pemerintah menyusul keluarnya Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2020 tentang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dalam rangka percepatan penanganan Covid-19. 

Peran Vital dan Strategis Dinas Pangan Provinsi Sumatera Barat dan Kota Padang di tengah Pandemi Covid-19

Oleh : 
AZMAL AZ, SP, M.EP

Isu pangan selalu menjadi isu utama dan merupakan skala prioritas pemerintahan, baik pusat maupun daerah. Apalagi di tengah wabah pandemi Covid-19 ini. Isu utama soal pangan ini adalah ketahanan pangan, yang menyangkut ketersediaan dan keberagaman pangan, baik di lingkup rumah tangga maupun lingkup daerah provinsi dan kabupaten/kota, atau pun negara.

Akibat Angin Kencang, BPBD Agam Evakuasi Pohon Tumbang di Tanjuang Alai


AGAM, (GemaMedianet.com— Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Agam mengevakuasi rumpun bambu yang tumbang ke jalan raya Lubukbasung-Maninjau tepatnya di Jorong Tanjuang Alai, Nagari Koto Malintang, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam, Selasa (26/5/2020).

Tinjau Pasar Raya Padang Terbakar, Wako Mahyeldi Ajak Masyarakat Tingkatkan Kewaspadaan


PADANG, (GemaMedianet.com— Wali Kota Padang Mahyeldi meninjau sebanyak 16 petak toko di Pasar Raya Padang akibat hangus terbakar, Senin (25/5/2020) sore.

Update 25 Mei Covid-19 Padang : Perubahan Data Kelurahan, Positif 308, Sembuh 100 dan 17 Kematian


PADANG, (GemaMedianet.com— Situasi terkini perkembangan kasus Corona Virus Disease (Covid-19) di Kota Padang pada update hari ini hingga pukul 10.00 WIB, Senin  (25/5/2020) tidak terdapat pertambahan kasus baru konfirmasi positif Covid-19.

25 Mei 2020

Terapkan PSBB, Wagub Nasrul Abit Tak Gelar Open House Lebaran


PADANG, (GemaMedianet.com— Masih berlakunya status Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Sumatera Barat mengharuskan Wakil Gubernur (Wagub) Nasrul Abit dalam perayaan Idul Fitri tahun 1441 H/2020 M tidak menggelar open house atau halalbihalal di kediaman sebagai upaya menjaga merebaknya wabah Covid-19.

Idul Fitri 1441 H di Sumbar, Situasi Kamtibmas Berlangsung Aman dan Kondusif


PADANG, (GemaMedianet.com— Setelah 30 hari melakukan puasa di bulan suci Ramadhan 1441 Hijriah, umat Islam kini merayakan hari kemenangan yakni Idul Fitri yang jatuh pada hari Minggu tanggal 24 Mei 2020.

Rang Pauh Siampek Baleh Kunjungan Silaturahmi ke Ketua BMPN Pauh IX Kuranji M Fikar Datuk Rajo Magek


PADANG, (GemaMedianet.com— Kondisi wabah Pandemi Covid-19 tak memisahkan jarak dalam menguatkan ukhuwah islamiah serta memupuk rasa kekeluargaan. Dengan tetap memperhatikan protokoler pencegahan Covid-19, Pemuda Pauh Siampek Baleh (XIV) sambangi rumah kediaman M. Fikar Datuk Rajo Magek selaku ketua BMPN Pauh IX Kuranji.

Pola Hidup Bersih di Tengah Wabah Covid-19, Datuk M Fikar Ajak Warga Bersih Lingkungan


PADANG, (GemaMedianet.com— Hampir dua bulan Kota Padang khususnya dan Sumatera Barat umumnya dilanda pandemi wabah Corona Virus Disease (Covid-19) beserta dampak yang ditimbulkannya.

Indonesia Masih Berstatus Keadaan Darurat Bencana Nasional

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo (Foto & dok : Humas BNPB)
JAKARTA, (GemaMedianet.com— Penyebaran virus SARS-CoV-2 masih terjadi hingga kini. Situasi pandemi menyebabkan Indonesia masih berada dalam keadaan darurat bencana.

Kepemimpinan Daerah yang Kuat Kunci Keberhasilan Hadapi COVID-19 Beserta Dampaknya

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Doni Monardo (Foto & dok : HUMAS BNPB)

JAKARTA, (GemaMedianet.com— Pandemi COVID-19 sudah menjadi persoalan multidimensi yang dihadapi dunia termasuk Indonesia. Tidak hanya menyerang dan menjadi masalah kesehatan saja, pandemi yang disebabkan oleh virus SARS-CoV-2 itu juga mengancam stabilitas sosial, budaya, keamanan dan menggerogoti kondisi ekonomi bangsa.

24 Mei 2020

Pemprov Salurkan 27.237 Paket Bantuan Sembako JPS Untuk Warga Taput


TAPUT, (GemaMedianet.com— Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) menerima bantuan Jaring Pengaman Sosial (JPS) dalam bentuk sembako sebanyak 27.237 paket dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut). Bantuan ini untuk masyarakat kurang mampu dan terdampak pandemi Covid-19.

Malam Takbiran, Kapolda dan Gubernur Bersama Forkopimda Sumbar Cek Dua Pos Pengamanan


PADANG, (GemaMedianet.com— Di malam takbiran, Kapolda Sumbar Irjen Pol Drs. Toni Hermanto, MH bersama Gubernur Sumbar Prof Irwan Prayitno dan Forkopimda Sumbar melakukan kunjungan ke Pos Pengamanan Operasi Ketupat Singgalang 2020, Sabtu (23/5/2050).

Update 24 Mei Covid-19 Padang : Tambah 24 Positif Total 308, Total Sembuh 100 dan Total Kematian 17


PADANG, (GemaMedianet.com— Kasus konfirmasi positif Covid-19 kembali berfluktuasi di Kota Padang. Setelah sempat bertahan lima kasus positif baru pada Sabtu lalu, pada update  hari ini, Minggu (24/5/2020) terjadi peningkatan hingga 24 Kasus positif baru  di sembilan kecamatan.

MTQ Online Antar Pelajar dan Mahasiswa se-Kota Kota Padang Berakhir


PADANG, (GemaMedianet.com— MTQ Online antar pelajar dan mahasiswa se-Kota Padang yang telah berlangsung selama 16 hari, akhirnya berakhir dan ditutup secara resmi oleh Wakil Wali Kota Padang Hendri Septa secara live zoom dari kediaman resminya, Jalan A. Yani No.51, Sabtu (23/5/2020).

23 Mei 2020

Sumut Salurkan 15.870 Paket Bantuan Sembako di Labusel


LABUSEL, (GemaMedianet.com— Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) menyalurkan bantuan Jaring Pengaman Sosial (JPS) sembako sebanyak 15.870 paket di Labuhanbatu Selatan (Labusel). Bantuan diserahkan Kepala Dinas Perhubungan Sumut Abdul Haris Lubis secara simbolis kepada Bupati Labusel Wildan Aswan Tanjung di Kantor Bupati Labuhanbatu Selatan, Kamis (21/5/2020).

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN

Iklan

POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Pasang Iklan Anda Di Sini

   

iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

Iklan

iklan

Arsip Blog