29 Februari 2020

Wawako Hendri Septa Apresiasi Tradisi Urak Balabek


PADANG, (GemaMedianet.com— Pemerintah Kota Padang sangat mengapresiasi dan menyambut baik digelarnya acara tradisi "Urak Balabek" Alek Nagari Pauh IX Kuranji dalam rangka prosesi melewakan (mengukuhkan) gala (gelar) guru/tuo silek (silat) khususnya di daerah Kuranji.

Zulhardi Z Latif : Urak Balabek Upaya Pelestarian dan Multi Guna Nilai-nilai Adat Budaya Pauh IX Kuranji


PADANG, (GemaMedianet.com— Urak Balabek merupakan momen dalam mengenalkan nilai-nilai adat dan budaya bagi generasi muda. Sehingga dapat diterapkan dimana pun berada dan disesuaikan dengan kondisi zaman. Seperti kata pepatah Lapuak lapuak dikajangi, usang usang dipabarui.

Giliran TP PKK Kabupaten Pasaman Nilai TP PKK Nagari Tarung Tarung


PASAMAN, (GemaMedianet.com— Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Pasaman menilai gerakan TP-PKK Nagari Tarung Tarung, Kecamatan Rao di aula nagari setempat, Jumat (28/2/2020) kemarin.

Ketua KPU Lantik 60 Anggota PPK se-Pasaman, Ingatkan Netralitas, Integritas dan Profesionalitas


PASAMAN, (GemaMedianet.com— Ketua Komisi Pemilihan Umum  (KPU) Pasaman mengambil sumpah dan janji jabatan 60 anggota PPK se-Pasaman di Aula Lantai 3 Kantor Bupati Pasaman, Sabtu (29/2/2020).

Pemko Giatkan Penguatan Penanganan Terhadap Masalah Anak Jalanan


PADANG, (GemaMedianet.com— Pemerintah Kota Padang melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Lingkup Kesejahteraan Rakyat Kota Padang Tahun 2020 dengan tema "Penguatan Penanganan Masalah Anak Jalanan di Kota Padang".

28 Februari 2020

DPRD Paripurnakan Usulan Penggunaan Hak Interpelasi Terhadap Kinerja Gubernur Sumbar


PADANG, (GemaMedianet.com— Untuk pertama kali dalam sejarah Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat, penggunaan Hak Interpelasi muncul di permukaan. Hal itu dipicu sejumlah persoalan yang terjadi akhir-akhir ini, diantaranya perjalanan dinas Gubernur Sumatera Barat ke luar negeri, pengelolaan BUMD dan aset daerah.

Tahun Keempat Belum Satu Suara, Pemko Sosialisasikan Perwako Gratifikasi Bagi Kepsek dan Komite


PADANG, (GemaMedianet.com— Meski telah memasuki tahun keempat, namun penerapan kebijakan pengendalian Gratifikasi sesuai Peraturan Wali Kota (Perwako) Padang Nomor 21 Tahun 2016 di kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN) belum memiliki pemahaman serta sikap yang sama.

Banyak Daerah Blankspot, DPRD dan Pemkab Pasaman Berkoordinasi Ke Kemenkominfo


JAKARTA, (GemaMedianet.com— DPRD Pasaman bersama Dinas Komimfo Pemkab Pasaman melakukan koordinasi dan konsultasi serta mengantarkan permohonan ke BAKTI Kementerian Kominfo RI di Jakarta, Jumat (28/2/2020).

PSP Padang Lolos Ke Final Piala Soeratin U-15


PADANG, (GemaMedianet.com—  Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah mengucapkan selamat kepada PSP U-15 selaku wakil Sumatera Barat (Sumbar) yang telah berhasil memasuki babak final Piala Soeratin U-15 tingkat nasional tahun 2020.

Milenial Kembangkan Usaha Kreatif L’ile Chocolate Factory & Museum


PADANG, (GemaMedianet.com— Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah mendorong para milenial mengembangkan usaha kreatif yang mencakup hulu dan hilir. Seperti halnya L’ile Chocolate Factory & Museum besutan pengusaha muda Priscila Partana yang diresmikan, Rabu (26/2/2020).

27 Februari 2020

Tradisi Urak Balabek Kembali Lestari, Puluhan Pandeka Silek Diarak Menumpang Bendi


PADANG, (GemaMedianet.com— Tradisi dan budaya yang telah lama hilang di Kenagarian Pauh IX Kuranji, tahun ini kembali lestari. Nilai-nilai adat dan dan budaya itu dikenal dengan Tradisi Urak Balabek. Yaitu malewakan (pengukuhan) guru silek (silat) se daerah.

Alirman Sori : RUU Cipta Kerja Harus Dikawal, Jangan Sampai Rugikan Daerah


JAKARTA, (GemaMedianet.com— Ketua Panitia Perancang Undang Undang (PPUU) Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Dr. Alirman Sori menegaskan, Rancangan Undang Undang Cipta Kerja/ Omnibus Law harus dikawal dengan serius. DPD RI harus menyusun pandangan secara kelembagaan, jangan sampai RUU tersebut merugikan kepentingan daerah.

Pasaman Kembali Raih Predikat Prestasi EKPPD Atas LPPD


PASAMAN, (GemaMedianet.com— Pemerintah Kabupaten Pasaman kembali berhasil mendapat predikat prestasi Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (EKPPD) atas Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) Kabupaten Pasaman tahun 2018.

BLK Lubuksikaping Kemas PBK Program Kemnaker 2020 Lebih Menarik dan Unik


PASAMAN, (GemaMedianet.com— Menarik dan unik, acara pembukaan Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) di aula Unit Pelaksana Teknis (UPT) Balai Latihan Kerja Lubuksikaping berlangsung meriah dan semarak, Kamis (27/2/2020).

Kesbangpol dan Linmas Kabupaten Sijunjung Selenggarakan Bimtek Bantuan Keuangan Partai Politik


SIJUNJUNG, (GemaMedianet.com— Bupati Sijunjung diwakili Asisten I  Sekretariat Daerah Kabupaten (Setdakab) Sijunjung Yuanuarita, SH, M.Hum  membuka secara resmi Bimbingan Teknis (bimtek) Pengelolaan Bantuan Keuangan Partai Politik bagi Pengurus Parpol, yang diadakan oleh Kantor Kesatuan Kebangsaan Politik dan Lindungan Masyarakat (Kesbangpol dan Linmas) setempat, Kamis (27/2/2020).

26 Februari 2020

KemenkumHam Gelar Penyuluhan Hukum Bagi Lurah dan Utusan Tokoh Masyarakat se Kecamatan Lubeg


PADANG, (GemaMedianet.com— Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Propinsi Sumatera Barat bekerjasama dengan Kecamatan Lubuak Bagaluang Nan XX menggelar kegiatan Penyuluhan Hukum Keliling kepada Lurah dan utusan tokoh masyarakat se Kecamatan Lubuak Bagaluang (Lubeg).

KPU Pessel Nyatakan Pilkada 2020 Tidak Diikuti Calon Perseorangan


PAINAN, (GemaMedianet.com— Pilkada 2020 di Pesisir Selatan dipastikan tidak memiliki calon perseorangan atau independen. Pasalnya, hingga hari terahir jadwal penyerahan dan penerimaan syarat dukungan tanggal 23 Februari tidak ada bakal calon (balon) jalur independen atau perseorangan menyerahkan syarat dukungan.

BAWASLU Kabupaten Sijunjung Perkenalkan Aplikasi SIPS, Permudah Pengajuan Sengketa


SIJUNJUNG, (GemaMedianet.com— Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sijunjung memperkenalkan Sistem Informasi Penyelesaian Sengketa (SIPS) dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak Tahun 2020  di kantor BAWASLU setempat, Rabu (26/2/2020).

HendRA - MAHyuzil Doakan Samawa Dunia Akhirat, Kedua Mempelai Terharu


KAB.SOLOK, (GemaMedianet.com— Bisa dikatakan hampir setiap minggunya, undangan demi undangan acara pernikahan terus mengalir kepada pasangan Balon Bupati dan Wakil Bupati Solok ini di banyak nagari (Desa). Baik di berbagai nagari yang ada di Kabupten Solok hingga di luar Kabupaten Solok. Terlebih lagi, bila menyoal acara temu ramah dengan warga, beragam undangan dan permintaan secara langsung dari masyarakat setiap harinya juga tiada terputus.

25 Februari 2020

KPU Pasaman Tetapkan Perpanjangan Pendaftaran Calon PPS Pilkada di Empat Nagari


PASAMAN, (GemaMedianet.com— Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pasaman secara resmi memperpanjang penerimaan pendaftaran bagi calon anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk empat nagari di Pasaman.

Bupati Buka Seleksi Ujian Fit And Proper Test, Balon Wali Nagari Harus Siap Hadapi Dinamika


PASAMAN, (GemaMedianet.com— Bupati Pasaman H Yusuf Lubis membuka acara Seleksi Ujian Fit And Proper Test bagi Bakal Calon (Balon) Wali Nagari pada Pilwana Serentak se Kabupaten Pasaman Tahun 2020, di Kampus STAI Lubuksikaping Selasa (25/2/2020).

Bupati Pasaman Buka Bimtek Pengelolaan Keuangan Daerah Profesional dan Bertanggung Jawab


PASAMAN, (GemaMedianet.com— Bupati Pasaman, H. Yusuf Lubis membuka secara resmi bimbingan teknis (Bimtek) pengelolaan keuangan daerah bagi bendahara pengeluaran SOPD di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman Tahun 2020 di Campago Resort Hotel Bukittinggi, Senin (24/2/2020) kemarin.

KPU Tetapkan Pasangan HendRA – MAHyuzil (RAMAH) Penuhi Syarat dan Sebaran Dukungan


KAB.SOLOK, (GemaMedianet.com— Kerja keras Komisioner KPU Kabupaten Solok terkait pengecekan blanko dukungan pasangan Hendra Saputra SH, M.Si - Mahyuzil Rahmat, S.Ag disingkat RAMAH (HendRA – MAHyuzil) yang berlangsung selama dua hari, akhirnya tuntas dan berbuah baik.

24 Februari 2020

Berikut Sembilan Butir Kesepakatan Bersama Elemen Masyarakat Kuranji


PADANG, (GemaMedianet.com— Sembilan butir yang dilahirkan dalam surat pernyataan bersama seluruh elemen masyarakat Kuranji pada Musyawarah Besar Forum Komunikasi Anak Nagari (Mubes FKAN) Pauh IX Kuranji, Ahad (23/2/2020) tersebut akan disosialisasikan kepada masyarakat dengan roadshow ke tapian-tapian atau kelurahan yang ada di*wilayah Kecamatan Kuranji.

Semua Elemen Masyarakat Kuranji Lahirkan Kesepakatan Bersama, "Saciok Bak Ayam Sadanciang Bak Basi"


PADANG, (GemaMedianet.com— Momen Musyawarah Besar (Mubes) FKAN yang berlangsung di gedung KAN Pauh IX Kuranji, Ahad (23/2/2020) selain melahirkan keputusan penetapan Eviyandri Rajo Budiman kembali memimpin FKAN, juga melahirkan tekad dan komitmen semua elemen menciptakan Kuranji yang nyaman, bersih dari maksiat dan narkoba serta segala bentuk penyakit masyarakat (pekat).

Mahyeldi Apresiasi Kompetisi Sepakbola Askot PSSI Padang, Pemko Siap Bantu Kinerja dan Program


PADANG, (GemaMedianet.com— Pemerintah Kota Padang mengapresiasi serta menyambut baik bakal digelarnya kompetisi sepakbola yang dilaksanakan oleh Asosiasi Kota (Askot) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Kota Padang.

Kompetisi Akbar Askot PSSI Padang, Mastilizal Aye : Energi Positif Bagi Kemajuan Persepakbolaan


PADANG, (GemaMedianet.com— Jika tidak ada aral melintang, pagelaran sepakbola akbar yang merupakan program utama Ketua Askot PSSI Padang, Mastilizal Aye bersama jajarannya bakal digelar pada Maret 2020 ini.

23 Februari 2020

Eviyandri Rajo Budiman Terpilih Aklamasi Pimpin Kembali FKAN Pauh IX Kuranji


PADANG, (GemaMedianet.com— Eviyandri Rajo Budiman Ketua Forum Komunikasi Anak Nagari (FKAN) Pauh IX Kecamatan Kuranji periode 2015-2020 terpilih kembali secara aklamasi untuk memimpin FKAN periode berikutnya pada Musyawarah Besar (Mubes) FKAN di gedung KAN Pauh IX Kuranji, Ahad (23/2/2020).

Anggota DPRD Mastilizal Aye dan Baznas Serahkan Bantuan Bagi Korban Kebakaran Kampung Jao


PADANG, (GemaMedianet.com— Anggota DPRD Kota Padang, Mastilizal Aye menyerahkan bantuan tanggap bencana bagi warga korban kebakaran Jalan Belakang Pasar Raya 1 No 2 RT 01 RW 04 Kelurahan Kampung Jao, Jum'at (21/2/2020) pagi.

Korban Kebakaran Kawasan Los Baro Pasar Raya Terima Bantuan


PADANG, (GemaMedianet.com— Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah meninjau langsung lokasi kebakaran yang melanda kawasan "Los Baro" Pasar Raya Padang Blok A RT 01 RW IV Kelurahan Kampung Jao, Kecamatan Padang Barat, Jumat (21/2/2020) pagi.

Cuaca Ekstrim, 43 Rumah Rusak Diterjang Angin Kencang dan Ditimpa Pohon


PASAMAN, (GemaMedianet.com— Cuaca ekstrim kembali menerpa di sejumlah daerah. Kabupaten Pasaman tidak luput dari musibah akibat cuaca ekstrim tersebut.

Ketua MPA Tutup Pagelaran Basurah Adat Kematian Pauh IX Kuranji, Eviyandri Rajo Budiman : Bagian Pembangunan SDM


PADANG, (GemaMedianet.com— Pagelaran Basurah Adat Kematian yang digelar Kerapatan Adat Nagari (KAN)  Pauh IX Kuranji selama tiga hari, 20-22 Februari 2020 ditutup secara resmi oleh Ketua Majelis Pertimbangan Adat (MPA) Irwan Basir Datuk Rajo Alam, SH, MM, Sabtu (22/2/2020) malam.

22 Februari 2020

Calon Perseorangan Jadi Bupati Solok?


(GemaMedianet.com— Tak sepatah pun kata terucap mengenai baliho para Bakal Calon Bupati yang berjejeran di sekian titik, sekitaran ruas jalan Kabupaten Solok. Nyaris tak berjeda, seakan semua kandidat berpacu saling diperkenalkan oleh gambar dirinya di pandangan orang orang yang berlalu lalang.

Pemko Apresiasi Pagelaran Basurah Adat Kematian I KAN Pauh IX Kuranji


PADANG, (GemaMedianet.com— Pemerintah Kota (Pemko) Padang menyambut baik dan mengapresiasi digelarnya sebuah kegiatan yang bertujuan melestarikan fungsi adat dan budaya di tengah masyarakat Kota Padang. Salah satunya melalui kegiatan Pagelaran Basurah Adat Kematian yang diadakan oleh Forum Komunikasi Mubaligh Kerapatan Adat Nagari (KAN) Pauh IX Kuranji.

Dihantam Badai Buruk, Wagub Sumbar Batal ke Lokasi Bencana Mapat Tunggul Selatan


PASAMAN, (GemaMedianet.com— Pesawat heli yang ditumpangi Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Nasrul Abit, yang tadinya menuju lokasi bencana di Mapat Tunggul Selatan, Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat (Sumbar), terpaksa balik kanan akibat dihantam badai yang cukup buruk, Jumat (21/2/2020).

21 Februari 2020

Pagelaran Basurah Adat Kematian, Upaya Penguatan dan Pelestarian Warisan Budaya di Pauh IX Kuranji


PADANG, (GemaMedianet.com— Dalam rangka melestarikan adat Salingka Nagari, Kerapatan Adat Nagari (KAN) Pauh IX Kuranji menggelar Pagelaran Basurah Adat Kematian ke 1 di Medan Nan Bapaneh KAN Pauh IX, 20-22 Februari 2020.

BPS dan Diskominfo Gelar FGD Wujudkan "Padang Dalam Angka 2020"


PADANG, (GemaMedianet.com— Badan Pusat Statistik (BPS) bekerjasama dengan Dinas Kominfo Kota Padang menggelar Focus Group Discussion (FGD) dengan menghadirkan utusan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota Padang.

Giat Hari Pers Nasional ke 74 Bersama Awak Media, Ini Pesan Ketua PWI dan Kapolda Sumbar


PADANG, (GemaMedianet.com— Untuk kali pertama Kepolisian Daerah Sumatera Barat (Polda Sumbar) menggelar giat hari pers nasional ke 74 dalam rangkaian silaturahmi dan kemitraan bersama media cetak dan elektronik di Ruang Hoegeng Lantai IV Mapolda Sumbar, Kamis (20/2/2020).

Mantap di Jalur Perseorangan, Bacalon Bupati – Wabup Solok Ini Resmi Mendaftar ke KPU


KAB.SOLOK, (GemaMedianet.com—  Hari yang bersejarah. Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Solok, RI yang bersejarah. Hendra Saputra SH, M.Si dan Mahyuzil Rahmat, S.Ag yang disingkat RAMAH (HendRA – MAHyuzil), hari ini, Jumat (21/2/2020) sekitar pukul 10.00 WIB, resmi mendaftar/menyerahkan blanko dukungan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

20 Februari 2020

Buruan Daftarkan Diri Anda ! KPU Pesisir Selatan Butuh 546 PPS


PAINAN, (GemaMedianet.com— Sejak dibuka pada 18 Februari lalu, hingga kini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesisir Selatan baru menerima sebanyak 125 perserta yang mendaftar untuk calon panitia pemungutan suara (PPS) tingkat nagari pada Pilkada 2020 ini. Sementara total kebutuhan PPS untuk seluruh nagari sebanyak 546 orang.

Ratusan Pencari Kerja Ikuti Seleksi Pelatihan Kerja Berkompetensi di BLK Lubuksikaping


PASAMAN, (GemaMedianet.com— Ratusan peserta para pencari kerja dan yang putus sekolah ikuti seleksi pelatihan kerja berkompetensi di Balai Latihan Kerja (BLK) Lubuksikaping, di Aula UPT BLK Lubuksikaping, Kamis (20/2/2020).

Kapolda Pastikan Polda Sumbar Beserta Jajaran Netral Pada Pilkada 2020


PADANGPANJANG, (GemaMedianet.com— Pesta demokrasi dalam rangka pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun 2020, akan segera berlangsung di wilayah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar). Demi terselenggaranya proses Pilkada serentak yang lancar, aman dan kondusif ini, pihak kepolisian Sumbar dan jajarannya memastikan akan netral.

Disparbud Padang Gandeng Basarnas Gelar Pelatihan Balawista


PADANG, (GemaMedianet.com— Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Padang menggelar pelatihan Badan Penyelamatan Wisata Tirta (Balawista) bagi pemandu wisata dan relawan penjaga pantai. Kegiatan ini menggandeng Kantor Badan Pencarian dan Pertolongan Orang (dulu Basarnas), bertempat di Hotel Grand Inna Padang, Rabu (19/2/2020).

19 Februari 2020

Tim SAR Gabungan Pasaman Temukan Korban Terakhir Tertimbun Longsor Kampung Pintuai


PASAMAN, (GemaMedianet.com— Musibah bencana alam terbesar sejak awal tahun 2020 di Pasaman, melanda sejumlah kawasan di Kecamatan Mapattunggul Selatan. Diantaranya Kampung Pintuai, Rotan Gotah, Simpang Abam, serta menutup akses jalan Simpang Tuar ke Muaro Sungai Lolo.

DPRD Pasaman Terima Kunjungan Pansus I Tatib, Penamaan Jalan dan Sarana Umum DPRD Tanah Datar

Ketua DPRD Pasaman Bustomi, SE (Kiri) dan Ketua Pansus I DPRD Tanah Datar Drs. Azwar. R (ist) 
PASAMAN, (GemaMedianet.com— DPRD Pasaman kembali dikunjungi oleh anggota Pansus I DPRD Kabupaten Tanah Datar. Kunjungan DPRD Tanah Datar kali ini membawa 9 anggota Pansus I dan 2 orang pendamping.

Wakil Ketua DPRD Arnedi Yarmen Ikuti Musrenbang Padang Utara


PADANG, (GemaMedianet.com— Wakil Ketua DPRD Kota Padang, Arnedi Yarmen menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Padang Utara Tahun 2021 yang dilangsungkan di Hotel Ibis Padang, Senin (17/2/2020).

Dihadapan Wagub Nasrul Abit, Warga Sijunjung Minta Solusi Persoalan Tambang Rakyat


SIJUNJUNG, (GemaMedianet.com— Ribuan massa dari kelompok masyarakat Kecamatan Koto VII, Aliansi cucu kemenakan Salingka Nagari Kecamatan Gadang, Kamang Baru dan Lubuk Tarok, Kabupaten Sijunjung, menggelar aksi demonstrasi di depan gedung DPRD Sijunjung, Selasa (18/2/2020).

DPI Versus Dewan Pers


(GemaMedianet.com— Luar biasa, seru dan menarik. Tiga kalimat ini terlintas di pikiran saya terkait perseteruan antara Dewan Pers Indonesia (DPI) dengan Dewan Pers, yang hingga kini terus menghangat.

Anggota DPRD Rustam Efendi Dukung Program Karang Taruna Pasie Nan Tigo


PADANG, (GemaMedianet.com— Anggota DPRD Kota Padang, Rustam Efendi menghadiri pelantikan Ketua dan Pengurus Karang Taruna (KT) Pasie Nan Tigo yang dipusatkan di Lapangan Sepak Bola Cendana Kecamatan Kota Tangah, Minggu (16/2/2020).

18 Februari 2020

Musrenbang Padang Utara Didominasi Fasilitas Lingkungan


PADANG, (GemaMedianet.com— Musyawarah Perencanaan Pembangunan (MUSRENBANG) Kecamatan Padang Utara untuk 2021 banyak membahas isu pembangunan fasiltas lingkungan (fasling). Perbaikan drainase untuk mengatasi banjir masih menjadi usulan menonjol dari warga.

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN

Iklan

POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Pasang Iklan Anda Di Sini

   

iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

Iklan

iklan

Arsip Blog