31 Desember 2018

Pergantian Tahun Pemko Padang Gelar Zikir Bersama dan Muhasabah di Masjid Agung Nurul Iman


PADANG(GemaMedianet.comPemerintah Kota Padang berkomitmen mewujudkan pergantian tahun baru 2019 tanpa perayaan, tanpa pesta dan hura-hura serta menekan maksiat.

Kapolda Irjen Pol Fakhrizal : Situasi Kamtibmas Sumbar Sangat Kondusif, Penyelesaian Perkara Meningkat


PADANG(GemaMedianet.com— Situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di wilayah hukum Kepolisan Daerah Sumatera Barat (Polda Sumbar) sangat kondusif, dan tidak ada kejadian atau kasus-kasus menonjol yang menjadi perhatian.

DPRD Sumbar Ingatkan Pemprov Lima Poin Penting Perubahan RTRW Provinsi 2012 - 2032


PADANG(GemaMedianet.comRancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Perubahan Atas Perda Nomor 13 Tahun 2012 tentang Rencana Tata Ruang Tata Wilayah (RTRW) Provinsi Sumatera Barat yang telah diajukan Pemerintah daerah, dan dalam tahapannya telah dirampungkan pembahasannya oleh Komisi IV bersama OPD terkait, memasuki tahapan penetapannya menjadi Perda pada Rapat Paripurna DPRD Sumbar, Senin (31/12/2018).

Wakil Ketua DPRD Sumbar, Arkadius Dt Intan Bano yang memimpin jalannya rapat paripurna mengatakan, ada lima poin penting yang perlu menjadi perhatian dan diakomodir dalam Perubahan RTRW Provinsi Sumatera Barat Tahun 2012 - 2032.

Kelima poin itu yakni, Pertama, perubahan RTRW tidak dalam rangka melegalisasikan kesalahan yang telah terjadi dalam pemanfaatan ruang dan wilayah sebagaimana telah ditetapkan dalam Perda Nomor 12 Tahun 2013.

"Namun betul-betul sebagai upaya mensinergikan perubahan pemanfaatan ruang dan wilayah dalam rangka percepatan pembangunan daerah serta mengakomodasi perubahan regulasi terkait pemanfaatan ruang dan wilayah," terangnya. 

Kedua, terciptanya singkronisasi antar dokumen perencanaan pembangunan daerah. Perubahan RTRW bersinergi dengan Perda tentang Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau–pulau Kecil (RZWP3K), Perda Pengembangan Kawasan Industri, dan Perda Perubahan RPJMD. Ketiga, rencana pemanfaatan ruang dan wilayah yang diakomodir dalam Perubahan RTRW 2012-2032 harus didukung dengan Kajian Lingkungan Strategis (KLS).

"Jika tidak didukung KLS, maka akan berdampak pada perusakan lingkungan hidup dan keberkelanjutan kehidupan manusia di masa akan datang," ujarnya. 

Keempat, perubahan RTRW 2012-2032 perlu diikuti dengan Perubahan RPJPD Provinsi Sumatera Barat. "Sehingga terdapat keselarasan antara penyediaan ruang dan wilayah dengan rencana pembangunan daerah," ucapnya. 

Kelima, perubahan penyediaan dan rencana pemanfaatan ruang yang diakomodir dalam perubahan RTRW Sumbar ini perlu ditindaklanjuti masing kabupaten/kota sesuai kebutuhan. 

Begitu juga dengan pendapat akhir fraksi yang secara umum telah memberikan persetujuan terhadap hasil pembahasan Ranperda tentang Perubahan Atas Perda Nomor 13 Tahun 2012 oleh Komisi IV dengan OPD terkait, perlu menjadi perhatian Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat. 

"Pendapat akhir fraksi dengan beberapa catatan dan masukan-masukan tersebut merupakan satu kesatuan dari hasil pembahasan yang telah dilakukan Komisi V bersama OPD terkait," tukas Arkadius.

Seperti diketahui, rapat paripurna dalam rangka pengambilan keputusan terhadap Ranperda ini didahului dengan tiga agenda, yakni pertama,  penyampaian laporan yang berisikan proses pembahasan, pendapat fraksi dan hasil pembicaraan tingkat I oleh Komisi. Kedua, permintaan persetujuan lisan pimpinan rapat kepada anggota DPRD. Ketiga, pendapat akhir kepala daerah. (uki) 

30 Desember 2018

HUT ke 44 PDAM Padang, Momentum Berikan Pelayanan Air Bersih Lebih Baik dan Profesional


PADANG(GemaMedianet.com— Eksis, maju dan mandiri menjadi harapan masyarakat di usia ke 44 tahun Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Padang. Untuk mencapai kemajuan, tentu dibutuhkan solidaritas, dan manajemen yang kuat baik antara dewan pengurus dan jajaran direksi, serta seluruh karyawan.

Musda Ke XIV KNPI, Azwin : 2019, Pemko Padang Bangun "Youth Center" di Tiap Kecamatan


PADANG(GemaMedianet.com— Dewan Pimpinan Daerah  (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Padang menggelar Musyawarah Daerah (Musda) ke- XIV dengan tema "Bersinergi dalam Kebersamaan dan Persatuan Menuju Kemandirian, Kepeloporan dan Profesionalitas Pemuda Kota Padang" di Gedung KNPI Sumbar, Komplek GOR Haji Agus Salim Padang, Sabtu, (29/12/2018).

29 Desember 2018

TP PKK Padang Barat Wakili Sumbar Lomba IVA Tes Tingkat Nasional, Rakor Persiapan Dimantapkan


PADANG(GemaMedianet.com— Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kecamatan Padang Barat mewakili Provinsi Sumatera Barat dalam lomba Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) Tes tingkat nasional yang akan digelar pada Februari 2019 mendatang. IVA tes merupakan cara sederhana, tapi efektif dalam mendeteksi kanker serviks pada kaum wanita.

Padang Terima LHPK 2017-2018 Atas Belanja Daerah Terkait Infrastruktur Jalan, Irigasi dan Jaringan


PADANG(GemaMedianet.comPemerintah Kota Padang menerima Laporan Hasil Pemeriksaan Kepatuhan atas Belanja Daerah terkait Infrastruktur Jalan, Irigasi dan Jaringan di tahun anggaran (TA) 2017-2018 oleh Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan Provinsi Sumbar.

Dokumen LHPK atas Belanja Daerah terkait beberapa hal itu diserahkan Kepala BPK Perwakilan Sumbar Pemut Aryo Wibowo yang diterima Walikota Padang Mahyeldi di Kantor BPK Perwakilan Sumbar, Jumat (28/12/2018). 

Turut hadir pada kesempatan itu Ketua DPRD Padang Elly Thrisyanti, Kepala Inspektorat Corri Saidan, Kepala BKPAD Andri Yulika serta lainnya.

Pemut mengatakan, untuk Kota Padang BPK Sumbar melakukan audit khusus belanja modal untuk infrastruktur jalan dan jembatan. Jenisnya jenis kepatuhan, yakni melihat tingkat kepatuhan proses pelaksanaan mulai dari perencanaan sampai pelaksanaan dan pelaporan untuk jalan dan jembatan.

“Audit ini kita lakukan mengcover dua tahun anggaran 2017  dan 2018.  Sementara di tahun ini kita juga mempergunakan tenaga ahli dari akademisi untuk melihat kualitas pengerjaan tersebut di lapangan. Jadi audit saat ini tidak hanya melihat pada volume, tapi juga melihat kepada kualitas,” sebutnya.

Dia mengatakan, terkait gambaran permasalahan pada umumnya di beberapa daerah bisa dikatakan terbilang sama. Seperti masih adanya ditemukannya pengerjaan yang di bawah spek. Misalnya adanya pengerjaan betonisasi yang kontraknya tidak sesuai atau aspal yang dihampar hasil kualitasnya ternyata di bawah toleransi. 

“Kita tentu berharap, seluruh pemerintah daerah merasakan dampak yang signifikan melalui upaya-upaya kita lakukan. Sehingga rekanan akan memperhatikan kualitas pengerjaan pembangunan yang dilakukan. Selanjutnya dalam membuat jalan agar memperhatikan pemanfaatannya, cocok sesuai kendaraan yang melewatinya atau tidak,” ujarnya.

Sementara itu Walikota Padang Mahyeldi mengucapkan terima kasih atas penyerahan Laporan Hasil Pemeriksaan Kepatuhan atas Belanja Daerah terkait Infrastruktur Jalan, Irigasi dan Jaringan di tahun anggaran (TA) 2017-2018 pada Pemko Padang.

“Semua masukan dan saran dari BPK Perwakilan Sumbar terkait hasil laporan ini akan kita tindak lanjuti ke depan. Sehingga Insyaaallah, pembangunan infrastruktur jalan, irigasi dan jaringan dapat berjalan dengan baik dan tepat di Kota Padang,” imbuhnya. (David)

28 Desember 2018

Cara Dini Untuk Cegah Pembunuh Nomor Dua Kanker Serviks Berkembang


PADANG(GemaMedianet.com— Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sumatera Barat, Ny.Nevi Zuairina menghimbau perempuan Sumatera Barat untuk bersama bersatu bebas kanker serviks di Sumatera Barat. Sekaitan itu ia mendorong perempuan Sumatera Barat untuk melakukan deteksi dini kanker servik dengan mengikuti IVA Test (Inspeksi Visual Asam Asetat).

Lemkari Open Championship 2018 Digelar di Padang Panjang


PADANGPANJANG(GemaMedianet.com— Kejuaraan karate Padang Panjang Lemkari "Open Championship Cup III" 2018 Tingkat Sumatera, digelar secara besar-besaran di Hall Olahraga Bancah Laweh Kota Padang Panjang, selama tiga hari, dari 28 s/d 30 Desember 2018.

27 Desember 2018

MenPANRB Resmikan Mal Pelayanan Publik Ke-11 di Kota Padang


PADANG(GemaMedianet.com)              — 
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Syafruddin, menegaskan, pemerintah sebagai penyelenggara negara harus memposisikan masyarakat sebagai aspek terdepan dan prioritas dalam mendapatkan pelayanan publik. Selain itu, pemerintah pun harus menjadi wakil publik yang dapat membangun institusi publik yang berintegritas, serta bersikap responsif dalam melayani kebutuhan masyarakat.

PAD Sektor Pariwisata Kota Padang Sentuh Angka 90 Miliar


PADANG(GemaMedianet.com)              — 
Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Padang dari sektor pariwisata per 21 Desember 2019 telah menyentuh angka 90 miliar. Meningkat 399 persen di bandingkan tahun 2015 yang hanya sebesar 17,8 miliar.

26 Desember 2018

Pemko Padang Sambut Diseminasi Hasil Kajian Analisis Dampak Kependudukan di Kampung KB oleh Koalisi Kependudukan Sumbar



PADANG(GemaMedianet.comPemerintah Kota Padang menyambut baik digelarnya Diseminasi hasil analisis dampak kependudukan tingkat Provinsi Sumatera Barat oleh Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Perwakilan Provinsi Sumatera Barat, dengan judul kajian "Karakteristik dan determinan kemiskinan rumah tangga di Kampung Keluarga Berencana (KB) Sumbar". 

Malam Pergantian Tahun Baru Masehi, Warga Kota Padang Tercinta Dihimbau Zikir Bersama


PADANG(GemaMedianet.com— Seperti biasanya, dalam peringatan Hari Raya Natal dan pergantian Tahun Baru Masehi, Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah selalu mengimbau warga Kota Padang untuk memperhatikan beberapa hal.

Jalan Santai & Donor Darah Alumni SMPN 11, Mahyeldi : Peran Alumni Penting Bagi Kemajuan Sekolah


PADANG(GemaMedianet.com— Sektor Pendidikan di Kota Padang haruslah menjadi yang terbaik. Bukan hanya terbaik di tingkat provinsi tetapi juga sampai tingkat nasional. Karena, sejarah membuktikan bahwa Sumatera Barat telah banyak melahirkan tokoh nasional dan internasional, termasuk proklamator kemerdekaan RI.

25 Desember 2018

Padang Kota ke 11 Miliki Mal Pelayanan Publik di Indonesia


PADANG(GemaMedianet.com— Kota Padang menjadi kota yang ke-11 di Indonesia yang memiliki Mal Pelayanan Publik (MPP). Direncanakan MPP Kota Padang akan diresmikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) di Lantai 4 Blok III Pasar Raya Padang, Kamis (27/12/2018).

Miris! Puluhan Pasang Remaja Digaruk Satpol PP, Satu Pasang Rekam "Adegan Hot" di HP


PADANG(GemaMedianet.comPuluhan remaja berhasil dijaring oleh Satpol PP Padang, Minggu (23/12/2018) sore di kawasan Pantai Aia Manih, Kecamatan Padang Selatan. Mereka terjaring di tempat yang terindikasi bisa berbuat asusila, dan tempat tersebut diketahui sepertinya sengaja difasilitasi oleh masyarakat setempat sebagai tempat maksiat.

24 Desember 2018

Jaga Kelestarian Adat Budaya, Bundo Kanduang Juga Berperan Penting Bangun Generasi Muda Berkarakter


PADANG(GemaMedianet.com— Peran "Bundo Kanduang" memang sangat penting bagi pembangunan dan hal penting lainnya di Sumatera Barat. Di Kota Padang, para bundo kanduang sejak dahulu sudah melihatkan eksistensinya, terutama dalam menjaga kelestarian adat dan kebudayaan Minangkabau.

Kota Padang Tutup Akhir Tahun Dengan Penghargaan Anugerah Kencana 2018


JAKARTA(GemaMedianet.com Di penghujung tahun 2018, Kota Padang kembali meraih penghargaan dari negara. Kali ini penghargaan Anugerah Kencana 2018 Tingkat Provinsi dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). Penghargaan tersebut diterima Walikota Padang Mahyeldi di Hotel Grand Sheraton Jakarta, Minggu (23/12/2018) malam.

23 Desember 2018

Lomba Antar Panti Asuhan se-Kota Padang, Pertanian dan Perikanan Hidroponik Dipamerkan


PADANG(GemaMedianet.com)              — 
Pemerintah Kota Padang menyambut baik dan memberikan apresiasi keberadaan dan aktifitas yang dilakukan masing-masing panti asuhan di Kota Padang.

Update Terkini Dampak Tsunami Selat Sunda : 222 Meninggal, 843 Luka, dan 28 Orang Hilang


JAKARTA(GemaMedianet.comJumlah korban dan kerusakan akibat Tsunami di Selat Sunda terus bertambah. Berdasarkan data yang dihimpun dari Posko BNPB per tanggal 23 Desember 2018, Minggu pukul 16.00 WIB tercatat 222 orang meninggal dunia, 843 orang luka-luka, dan sebanyak 28 orang hilang.

Dihadiri Asdep Kemenpar RI, Walikota Padang Mahyeldi Lepas Ribuan Peserta Jalan Sehat Parak Gadang


PADANG(GemaMedianet.com—  Pemerintah Kota (Pemko) Padang menyambut baik serta mengapresiasi terlaksananya kegiatan Jalan Sehat Warga Parak Gadang. Jalan sehat salah satu bagian dari meningkatkan kesatuan dan persatuan serta semangat kebersamaan. Selain itu dengan berolahraga maka badan menjadi sehat, apalagi dilakukan secara kontinyu.

Walikota Padang Mahyeldi Serahkan Bantuan Gempa Palu Rp.2,366 Miliar Bangun Sekolah, Masjid dan Perantau


PALU(GemaMedianet.com— Walikota Padang Mahyeldi menyerahkan bantuan bencana gempa, Tsunami dan likuifaksi Sulawesi Tengah sebesar Rp.2,366 Miliar di beberapa lokasi di Kota Palu, Jumat (21/12/2018).

Dampak Tsunami di Selat Sunda, Korban Terus Bertambah : 20 Meninggal, 165 Luka dan 2 Hilang


JAKARTA(GemaMedianet.comDampak dari tsunami yang menerjang pantai di sekitar Selat Sunda, khususnya di Kabupaten Pandenglang, Lampung Selatan dan Serang terus bertambah. Tsunami terjadi pada Sabtu (22/12/2018)  sekitar pukul 21.27 WIB.

22 Desember 2018

8005 Keping KTP Rusak dan Invalid di Padang Dimusnahkan


PADANG(GemaMedianet.comSebanyak 8005 keping KTP-el yang rusak atau 'invalid' di Kota Padang dimusnahkan Pemko Padang melalui Disdukcapil bersama pihak terkait di halaman Kantor Disdukcapil Padang, Jumat (21/12/2018).

Umat Islam di Sumbar Turun ke Jalan, Tolak Penindasan Kemanusiaan Terhadap Muslim Uighur


PADANG(GemaMedianet.comPenindasan yang tak berperikemanusiaan yang diduga dilakukan Pemerintah Komunis China terhadap Muslim Uighur di Xinjiang China mengundang protes kemanusiaan dan kutukan dari masyarakat belahan dunia.

21 Desember 2018

Stigma Negatif Belum Hilang, Sekda Asnel Ingatkan ASN Tingkatkan Kualitas Pelayanan Publik


PADANG(GemaMedianet.comKarakter Aparatur Sipil Negara (ASN) harus lebih mengutamakan pelayanan terhadap masyarakat. Namun hal itu masih jauh dari standar yang diharapkan, sehingga stigma negatif disandang ASN masih sering terdengar. Hal tersebut lebih disebabkan oleh pola pikir negatif yang sudah lama mengkristal dan menjadi kebiasaan.

Sertijab Kakanwil Kemenkum HAM Sumbar, Wagub Minta Berantas LP Dari Ajang Bisnis Nakorba


PADANG(GemaMedianet.comNarkotika dan Obat-obat Terlarang (Narkoba) saat ini menjadi salah satu penghancur generasi muda di Indonesia. Ada 600 macam jenis Narkoba dibuat di luar negeri kemudian dipasarkan di Indonesia, semua laku terjual dan tidak ada terjadi perang antar mafia Narkoba di Indonesia.

20 Desember 2018

KPK OTT di Kemenpora, Sembilan Pejabat Ditangkap


JAKARTA(GemaMedianet.com) — Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali melakukan operasi tangkap tangan (OTT), Selasa (18/12/2018) malam.

Oknum PNS Pemprov Sumbar Ditangkap Warga "Asyik Berduaan" Dengan Wanita Simpanan


PADANG(GemaMedianet.com— Oknum PNS sehari-hari bertugas di lingkungan kantor Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) berinisial BS (39), Selasa (18/12/2018) malam "ditangkap" warga tengah berduaan di kamar seorang perempuan bukan muhrimnya berinisial AR (19) di kost-an Jalan Dr. Sutomo Padang, Sumbar, tepatnya di dekat Pool Bis Jasa Malindo.

Display Proyek Integrasi dan Ekspedisi Santri Perguruan Diniyyah Putri Bantu Program Pemerintah Lahirkan Generasi Emas


PADANG PANJANG(GemaMedianet.com) — Perguruan Diniyyah Putri Kota Padang Panjang mengadakan Display Proyek Integrasi dan Ekspedisi Santri tingkat MTsS DMP dan SMP Diniyyah Putri serta MAS KMI Diniyyah Putri di Gedung Pertemuan Zainuddin Labay El Yunusiy, Kamis (20/12/2018).

Walikota Padang Mahyeldi Terima Piagam Tanda Kehormatan Satyalancana Kebaktian Sosial 2018


GORONTALO(GemaMedianet.com)   Walikota Padang Mahyeldi menerima Piagam Tanda Kehormatan Satyalancana Kebaktian Sosial (SLKS) dari Presiden Republik Indonesia yang diserahkan Menteri Sosial RI, Agus Gumiwang Kartasasmita pada puncak peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) di Lapangan Limboto Sport Centre, Gorontalo, Provinsi Gorontalo, Kamis (20/12/2018).

19 Desember 2018

Pertama di Sumbar, Padang Panjang Launching Aplikasi Pajak Daerah dan Canangkan Pajak Restoran 5 Persen


PADANG PANJANG(GemaMedianet.com)— Pemerintah Kota (Pemko) Padang Panjang melalui Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) setempat melaunching Aplikasi Pajak Daerah dan Pencanangan Pajak Restoran 5 persen. Kegiatan ini merupakan pertama kalinya di Sumatera Barat (Sumbar),

Implementasikan Strategi PUG, Padang Raih Anugerah Parahita Ekapraya 2018


JAKARTA(GemaMedianet.com)  Pemerintah Kota Padang menerima penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2018 yang diserahkan oleh Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Yohana Yambise kepada Walikota Padang yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kota Padang, Asnel di Istana Wakil Presiden Republik Indonesia Jakarta, Rabu (19/12/2018).

Program KOTAKU Sulap Kawasan Batang Arau Jadi Kota Wisata Cantik dan Bernilai Ekonomis


PADANG(GemaMedianet.com)  Kawasan Batang Arau Kecamatan Padang Selatan Kota Padang yang sebelumnya merupakan kawasan kumuh perkotaan, kini telah jauh berubah.

Walikota Padang Panjang Resmikan HDH Islamic Hotel


PADANG PANJANG(GemaMedianet.com)  — HDH Islamic Hotel diresmikan Walikota Padang Panjang Fadly Amran, BBA, Senin (17/12/2018) malam. Bangunan milik salah satu pengusaha di Padang Panjang H. Ali Usman Syuib tersebut terletak di Jalan Abdul Hamid Hakim Kelurahan Pasar Usang Kota Padang Panjang.

Insiden Pengusiran Warga, Mantan Anggota DPRD Pessel Ramlan Djam : Nodai "Khittah" Sebagai Representasi Wakil Rakyat


PESSEL(GemaMedianet.com) Silaturahmi sudah menjadi kebiasaan di tengah masyarakat. Oleh karena itu mengunjungi wakil rakyat di Gedung Rakyat tentu selain mempererat tali silaturahmi juga tak terlepas dari keinginan menyampaikan aspirasi terkait berbagai persoalan yang mungkin saja terjadi di tengah masyarakat dan memiliki dampak terhadap kepentingan publik.

18 Desember 2018

Walikota Padang Dilantik Jadi Ketua DPW Forum Bela Negara


PADANG(GemaMedianet.com) Walikota Padang Mahyeldi resmi dilantik menjadi Ketua DPW Forum Bela Negara Provinsi Sumatera Barat Selasa (19/12/2018) di Aula Bagindo Aziz Chan, Balaikota Padang. Pelantikan dilakukan langsung oleh Ketua DPP Forum Bela Negara, Prof. DR Setyo Harwono.

Konsekuensi PP 17/2018, Revisi Perwako Padang Dituntut Optimalkan Pelimpahan Wewenang Walikota


PADANG(GemaMedianet.com)— Dengan terbitnya PP No.17 Tahun 2018 Tentang Kecamatan memiliki konsekwensi terhadap kedudukan camat dan peran kecamatan. Camat sebagai perangkat daerah dan kepala wilayah menuntut pelimpahan kewenangan dari walikota kepada camat dapat lebih dioptimalkan.

DPRD Jawab Tanggapan Gubernur, Penetapan Hari Jadi Sumbar Tidak Diidentikkan Dengan Minangkabau


PADANG(GemaMedianet.com— Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat menggelar rapat paripurna dalam rangka penyampaikan jawaban DPRD terhadap tanggapan gubernur atas dua rancangan peraturan daerah (Ranperda) prakarsa DPRD, yang kemudian dilanjutkan Rencana Kerja (Renja) DPRD Sumbar 2019, Senin (17/12/2018).

17 Desember 2018

Padang Sayembarakan Lomba Video Pendek, Tahun Baru Tanpa Hura-hura


PADANG(GemaMedianet.com) Pemerintah Kota Padang mengimbau seluruh warga Kota Padang tercinta, terutama anak muda dan yang masih berjiwa muda yang mencintai kota ini untuk berpartisipasi dalam Lomba Video Singkat tentang makna tahun baru yang sesungguhnya.

Semangat HMPI, Kawasan Danau Cimpago Ditanami Pohon Produktif


PADANG(GemaMedianet.com) — Dalam rangka memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI), dan Hari Bakti Pekerjaan Umum serta Hari Dharma Wanita Nasional tahun 2018, Kementerian PUPR bersama Wali Kota Padang dan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) memaknai dengan semangat menanam pohon produktif seperti Durian, Manggis, Jambu, Rambutan dan Mahoni di Taman Edukasi Bencana kawasan Danau Cimpago, Pantai Padang, Senin (17/12/2018).

Dikesempatan itu, Direktur Pengembangan Jaringan Sumber Daya Air (PJSDA) Kementerian PUPR, Edi Juansyah mengatakan, penanaman pohon secara serentak di 34 provinsi di Indonesia merupakan bagian dari pencapaian target pemerintah menanaman 1 juta pohon. Hal itu bertujuan meminimalisir krisis Daerah Aliran Sungai (DAS) dan berkurangnya banjir serta mengantisipasi terjadinya krisis air.

"Penanaman ini bagian dari target pemerintah dengan menanam 1 juta pohon bisa tercapai. Tujuan lain, yakni berkurangnya DAS kritis sehingga dapat mengurangi banjir dan kekurangan air serta masalahnya. Juga keberlanjutan sumber daya air serta pengisian kembali air tanah (recharge) dapat berlangsung dengan baik, sehingga intrusi air laut dapat terhindarkan, dan penurunan permukaan tanahpun akan terhindarkan,"kata Edi Juansyah.

Walikota Padang Mahyeldi dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada pihak kementerian yang sudah melengkapi fasilitas objek wisata Pantai Padang berupa Taman Edukasi Bencana, serta telah memusatkan kegiatan penanaman pohon di Kota Padang. 

"Atas nama Pemko Padang, kami menyampaikan terimakasih kepada Kementerian PUPR melalui Balai Wilayah Sungai. Semua itu dapat dinikmati masyarakat tanpa bayaran," ujar Mahyeldi.

Ditambahkannya, dalam waktu dekat Balai Wiyah Sungai (BWS) V Sumatera juga akan membangun air mancur warna-warni di kawasan Danau Cimpago sehingga kawasan ini akan semakin cantik nantinya. 

"Menyusul pula pembangunan masjid dari pihak ketiga di ground T Pantai Cimpago menambah indahnya objek wisata ini," sebut Mahyeldi.

Pada kesempatan ini, setelah penanaman pohon, dilakukan pelepasan merpati dan sepasang angsa di kawasan Danau Cimpago. (Zal)

Pemko Padang Dukung Kreatifitas ARP Selamatkan Kucing Terlantar


PADANG(GemaMedianet.com)               — 
Pemerintah Kota Padang menyambut baik dan mengapresiasi semakin eksisnya komunitas Animal Resque Padang (ARP). Sehingga diharapkan tidak ada lagi kucing atau pun anjing yang liar, berkeliaran dan tak terurus di kota tersebut.

16 Desember 2018

15 Wanita dan Belasan Botol Miras Digaruk Satpol PP di Kawasan Padang Selatan


PADANG(GemaMedianet.com)— Sebagai bentuk komitmen mewujudkan Padang bersih maksiat, zina, Miras, Narkotika, dan LGBT, Kasat Pol PP Padang bersama Ketua Komisi IV DPRD Padang Maidestal Hari Mahesa memimpin langsung razia tempat hiburan malam dan kafe karaoke, Minggu dini hari (16/12/2018).

Kejurnas Bridge dan Kongres GABSI 2018 Berakhir, Kadispora : Padang Siap Jadi Tuan Rumah Berbagai Iven


PADANG(GemaMedianet.com) Walikota Padang diwakili Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora), Azwin menutup secara resmi Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Bridge ke-56 yang berlangsung mulai 8-15 Desember 2018 di Hotel Grand Inna Padang, sekaligus terselenggaranya Kongres Gabungan Bridge Seluruh Indonesia (GABSI) tahun 2018 pada 6-7 Desember 2018 di Hotel Pangeran Beach.

Padang Siap Pertahankan Juara Umum MTQ Sumbar di Kota Solok Tahun 2019


PADANG(GemaMedianet.com) Berbagai upaya dilakukan Pemerintah Kota Padang untuk mempertahankan gelar juara umum MTQ Tingkat Provinsi Sumatera Barat. Salah satunya dengan melakukan seleksi dan traning centre (TC) bagi Qori dan Qoriah yang akan mewakili Kota Padang pada MTQ Ke-38 Tingkat Provinsi Sumbar di Kota Solok tahun 2019 mendatang. 

15 Desember 2018

PSP Padang U-15 "Cukur" Semen Padang FC 3 - 0


PADANG, (GemaMedianet.com) — PSP Padang kembali meraih hasil positif dalam melakoni Piala Suratin U-15 Zona Sumbar 2008. Menghadapi Semen Padang FC di Lapangan PSTS, Jum'at (14/12/2018), PSP menang besar usai mencukur Semen Padang FC 7-0 (3-0).

RT/RW, Kader PAUD dan Posyandu se-Kecamatan Koto Tangah Terima Dana Operasional


PADANG, (GemaMedianet.com) Sebanyak 692 RT dan RW se-Kecamatan Koto Tangah menerima dana operasional triwulan IV tahun 2018 d
ari Pemerintah Kota (Pemko) Padang sebesar Rp.680.000.000 (Enam Ratus Delapan Puluh Juta Rupiah). Dana tersebut diserahkan oleh Camat Koto Tangah Syahrul, di Kampus III Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang, Kelurahan Balai Gadang, Sungai Bangek, Sabtu, (15/12/2018).

Padang Expo 2018 Dibuka, Dorong Padang Kota Pusat Perdagangan Wilayah Barat Sumatera


PADANG, (GemaMedianet.com) — Setelah sukses menggelar "Padang Expo" tahun sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemko) Padang melalui Dinas Perdagangan kembali menggelar "Padang Expo" di tahun 2018.  Kegiatan yang bertajuk "Pameran Nasional Produk Unggulan dan Pameran Hasil Pembangunan" ini berlangsung mulai 13 - 16 Desember 2018 yang dipusatkan di Lantai V Blok II Pasar Raya Padang.

14 Desember 2018

Bank Nagari Didorong Percepatan Konversi ke Bank Syariah


JAKARTA, (GemaMedianet.com) Masyarakat Ekonomi Syariah Sumatera Barat (MES Sumbar) mendorong percepatan konversi Bank Pembangunan Daerah Sumatera Barat (Bank Nagari) dari bank konvensional ke bank syariah.

Padang Raih Penghargaan Smart City Dari Kominfo RI


TANGERANG, (GemaMedianet.com) —  Program Smart City Kota Padang yang sudah berjalan hampir satu tahun, sudah memberikan berbagai kemudahan, efisiensi serta pelayanan cepat kepada masyarakat. Bukan itu saja, koordinasi antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pun semakin baik, sehingga apa yang menjadi program Pemko Padang sudah mulai terlaksana secara baik.

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN

Iklan

POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Pasang Iklan Anda Di Sini

   

iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

Iklan

iklan

Arsip Blog