30 September 2018

Wismar Pandjaitan : Masih Banyak Sapras Mitigasi Bencana Perlu Pembenahan


PADANG, (GemaMedianet.com) — Usia 9 tahun Padang Gempa 30 September sekarang masih banyak pekerjaan yang harus dikejar oleh Pemerintah Kota Padang (Pemko) Padang dalam mitigasi bencana, diantaranya jalur evakuasi dan sosialisasi bencana kepada masyarakat.

Nobar Film G30S/PKI, Wawako Mawardi : Pembelajaran Bagi Generasi Penerus Bahayanya PKI


PADANG PANJANG, (GemaMedianet.com) - Ajakan Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Padang Panjang untuk mengingat kembali sejarah perjuangan bangsa dengan menonton bersama (nobar) Film G30S/PKI di Videotron yang ada di Depan Kantor PDAM setempat, Sabtu malam (29/9/2018) mendapat respon positif dari masyarakat.

Wakil Ketua DPRD Padang Tawarkan Peluang Investasi Bagi Rombongan Tamu Negeri Sembilan Malaysia


PADANG, (GemaMedianet.com) — Wakil Ketua DPRD Kota Padang, Wahyu Iramana Putra menawarkan peluang kerjasama  investasi di Kota Padang kepada rombongan tamu dari Negeri Sembilan, Malaysia yang di pimpin oleh Datuk Mohd Noor Nordin bin Abdullah usai mengikuti rangkaian acara pengukuhan Yang Mulia Raja Alam Pagaruyung di Batusangkar.

Pebalap LBC Pessel Juarai Tour de Maninjau, Bukukan Waktu 02.17.00


BUKITTINGGI, (GemaMedianet.com) - Pebalap sepeda Langkisau Bike Club Pesisir Selatan, Fito Bakdo Prilanji yang tergabung dalam wadah Pengcab IKatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) berhasil keluar sebagai juara 1 pada Tour de Maninjau dengan membukukan waktu 02.17.00, Sabtu (29/9/2018).

Kejari Padang Musnahkan BB Perkara Telah Sidang, Terbesar Narkotika dan Psikotropika


PADANG, (GemaMedianet.com) - Barang bukti (BB) yang telah disidangkan di Pengadilan Negeri Padang dimusnahkan Kejaksaan Negeri (Kejari) Padang. Pemusnahan dilangsungkan di halaman Kantor Kejari Padang Jalan Gajah Mada, Gunung Pangilun, Kecamatan Padang Utara, Rabu (26/9/2018).

Walikota Padang Silaturahmi Dengan Perantau Minang Kota Mataram Usai Serahkan Bantuan Gempa Lombok


PADANG, (GemaMedianet.com) - Disela-sela penyerahan bantuan gempa warga Kota Padang senilai Rp.1,25 miliar untuk pembangunan madrasah, mushalla dan PAUD di Dusun Lekok, Desa Gondang, Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara, Rabu (26/9/2018), Walikota Padang Mahyeldi menyempatkan diri menemui perantau Minang di Kota Mataram.

Pertemuan Walikota Padang bersama rombongan di salah satu rumah perantau di Kota Mataram untuk melihat langsung dan mengetahui kondisi perantau Minang setelah dilanda gempa beberapa waktu lalu. “Kedatangan kami ini untuk bersilaturrahmi dan ingin mengetahui bagaimana kondisi perantau Minang saat ini,” ujar Mahyeldi.

Walikota juga mengucapkan terimakasih kepada perantau yang telah menyediakan tempat dan waktu untuk bertemu. Sekali lagi kami turut berduka cita atas musibah yang menimpa saudara kita,” katanya lagi.

Mahyeldi menyebutkan, kebersamaan, kekompakan dan solidaritas perantau Minang di NTB perlu diapresiasi, terutama dalam menghadapi bencana.  

Baca Juga : Walikota Antarkan Bantuan Warga Kota Padang Bangun Madrasah Lombok Utara Rp.1,25 Miliar

Dikesempatan itu, Penasehat Ikatan Keluarga Minang Matarama, Melson yang juga tuan rumah pada pertemuan tersebut, mengucapkan terimakasih atas kunjungan Walikota Padang bersama rombongan, sehingga silaturahmi tetap terjaga dan terjalin lebih dekat lagi. Apalagi pada kondisi pasca bencana ini. “Sejak terjadinya gempa, rumah ini menjadi posko penghubung bagi saudara-saudara kita yang menyerahkan bantuan. Ada bantuan dari saudara kita yang di Bali, Jawa dan Sumatera Barat sendiri,” ungkap Melson.

Dijelaskan, setelah didata, perantau Minang yang menjadi korban gempa NTB sebanyak 25 rumah rusak berat dan beberapa ada yang rusak ringan. Itu tersebar di Lombok Utara dan Lombok Barat. “Jumlah perantau Minang di Kota Mataram sekitar 500 KK (Kepala Keluarga). Dan 1000 KK lebih di Provinsi NTB. Berasal dari berbagai daerah di Sumatera Barat. Dengan berbagai profesi yang digeluti,” terang Melson.

Ia juga mengatakan, kedatangan Walikota Padang beserta rombongan menjadi penyemangat bagi perantau untuk kembali bangkit dari musibah yang dialami. “Semoga kebersamaan ini tetap terjalin dan terjaga dengan baik,” tambahnya lagi. (Rel/Joim/Zal)

29 September 2018

Bupati Jepara dan Rombongan Kumpulkan Referensi ke Kota Padang


PADANG, (GemaMedianet.com) - Tertarik dengan pembangunan Kota Padang yang cukup pesat dan beberapa inovasi yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Padang, Pemerintah Kabupaten Jepara Provinsi Jawa Tengah melakukan kunjungan kerja ke Kota Padang dipimpin langsung oleh Bupati Jepara, Ahmad Marzuki. Rombongan disambut oleh Walikota Padang yang diwakili oleh Sekretaris Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Padang, Alfian di Ruang Kerja Walikota Padang, Kamis (27/9/2018).

“Kedatangan kami ke sini disamping untuk bersilaturrahmi dan menjalin keakraban, juga dalam rangka mencari referensi yang akan digunakan untuk menyempurnakan kebijakan-kebijakan yang telah dan akan kami buat,” ujar Ahmad Marzuki menyampaikan maksud kedatangannya.

Dalam kunjungan tersebut Bupati Jepara didampingi Asisten III Sekretariat Daerah Kabupaten (Setdakab) Jepara Edy Sujatmin, Kepala Badan Perencanaan (Bappeda) Sujarot, Kepala DInas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Jepara Budiarto, dan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Jepara Ahmad Junaidi, serta Kepala Bagian Umum Setdakab Jepara Siswanto.

Di tempat yang sama, Alfian menyampaikan ekspos Kota Padang dengan menekankan kepada visi, misi dan 10 (sepuluh) program unggulan Walikota dan Wakil Walikota Padang. Salah satu program yang menarik bagi rombongan adalah meningkatkan dana operasional bagi RT/RW dan bagi guru Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ).

Alfian juga memaparkan mengenai Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Padang yang pada kondisi setelah perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2018 berjumlah Rp.603.724.395.500,-  dengan kontribusi terbesar berasal dari pajak daerah, terutama Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dan pajak penerangan jalan. Persoalan investasi juga menjadi hal yang didiskusikan, karena Padang maupun Jepara sedang gencar-gencarnya menarik investasi asing.

Terkait hal ini Kabid Pengadministrasi Perijinan DPMPTSP Kota Padang, Spero Meilyora mengatakan investasi yang paling diminati di Kota Padang saat ini adalah di sektor pariwisata, perhotelan dan kuliner. Pemerintah Kota Padang memberikan kemudahan dengan mengeluarkan Peraturan Daerah Kota Padang Nomor 11 Tahun 2009 tentang Pemberian Insentif dan Pemberian Kemudahan Penanaman Modal.
Pertemuan yang berlangsung hangat tersebut diakhiri dengan saling bertukar cendera mata berupa plakat simbol daerah masing-masing. “Saya dan rombongan berterima kasih sekali atas sambutan dan pelayanan yang baik ini. Tidak ada yang dapat kami kembalikan selain doa semoga Allah SWT membalasi dan ditunggu kunjungan balasannya ke Jepara,” tutup Bupati Ahmad Marzuki (BT)

Walikota Padang Jajaki Kerjasama Dengan India


PADANG, (GemaMedianet.com) - Duta Besar India untuk Indonesia, Mr. Pradeep Kumar Rawat didampingi Deputy Chief of Mission Mr. Prakash Gupta menyambut kedatangan Walikota Padang Mahyeldi yang didampingi Kepala DPMPTSP Rudy Rinaldy dan Kabag Kerjasama Erwin di kantor Indian Embassy Jalan Rasuna Said Jakarta, Kamis (27/9/2018).

Kunjungan Kehormatan (courtesy call) tersebut sebagai penjajakan awal kerjasama sister city Pemerintah Kota Padang dengan salah satu kota di India yang cocok dan sepadan dengan Kota Padang.

Pada pertemuan tersebut, Mr. Pradeep menyampaikan penghormatan dan penghargaan atas prakarsa dan inisiatif Walikota Padang untuk menjalin kerjasama yang lebih dekat dan konkrit dengan Pemerintah India. 

Dijelaskan, Pemerintah India telah menjalin kerjasama dengan Pemerintah Indonesia melalui program beasiswa (scholarship). Program pertama, ditujukan bagi pegawai pemerintah dengan jumlah kuota sebanyak 125 orang setiap tahunnya, dengan persyaratan sudah bekerja minimal 5 tahun di instansi pemerintah dengan umur di bawah 45 tahun. Program kedua, ditujukan bagi mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan S2 atau S3, baik jurusan teknik maupun non teknik di 50 PTN/PTS yang ada di India.

Dikesempatan itu, Mr. Pradeep juga menawarkan kerjasama di bidang kebudayaan. Dimana, Kedubes India setiap tahun menyelenggarakan Indian Cultural Week di Kota Bandung, Kota Malang dan Kota Semarang yang sudah berlangsung selama 3 tahun kebelakang. Iven yang berlangsung selama seminggu penuh itu berisi kegiatan-kegiatan seperti seminar, pertunjukan seni dan budaya, festival kuliner India, pameran foto dan lukisan serta pemutaran film India.

Selain itu, kerjasama di bidang kesehatan juga ditawarkan Mr. Pradeep dalam bentuk pertukaran tenaga medis atau dokter spesialis. Mr. Pradeep mengatakan, bahwa Pemerintah India memiliki keinginan dan perhatian yang besar umtuk berbagi ilmu dan pengalaman dibidang teknologi kedokteran, terutama dalam penamganan dan pengobatan pasien. 

Tawaran kerjasama Mr. Pradeep itu langsung disambut baik Walikota Mahyeldi. Dikatakan Mahyeldi, Indian Cultural Week akan digelar dalam rangkaian iven seni dan budaya tahunan di Kota Padang, seperti acara “serak gulo” yang diadakan setiap tanggal 1 Jumadil Akhir yang merupakan iven untuk mengenang hari kelahiran salah seorang penyebar agama Islam di Kota Padang asal India, Souhul Hamid.

Diungkapkan Mahyeldi, tawaran kerjasama di bidang kesehatan juga sangat menarik dan perlu ditindaklanjuti, mengingat di Kota Padang sudah sangat banyak berdiri rumah sakit swasta yang selalu ramai dikunjungi oleh pasien dari dan luar Kota Padang. “Untuk peningkatan kualitas pelayanan dan tenanga medis, kerjasama di bidang medis ini nantinya akan kita tawarkan juga kepada pihak rumah sakit yang ada di Kota Padang,” ujar Mahyeldi.

Mendengar penjelasan Walikota Mahyeldi, Mr. Pradeep sangat terkesima dengan budaya “serak gulo” yang sudah lama ada dan masih berlangsung di Kota Padang hingga saat ini. Mr. Pradeep juga terkesan dengan adanya 1000 lebih warga Hindu yang ada di Kota Padang yang umumnya keturunan India, lengkap dengan tempat ibadahnya. “Saya sangat tertarik dan berharap bisa menyaksikan langsung iven budaya “serak gulo” di Kota Padang,” kata Pradeep dengan penuh antusias.

Sementara itu, Kabag Kerjasama Kota Padang mengatakan, saat ini ada 2 pilihan alternatif untuk sister city, yaitu Kota Chennai dan Kota Vizakhavatnam. Kedua kota ini merupakan kota pelabuhan seperti halnya Kota Padang. “Satu dari kedua kota ini nanti akan kita jadikan untuk mitra kerjasama sister city. Sambil kita menunggu informasi lebih detil tentang profil kedua kota serta masukan dan saran dari pihak Kedubes India,” ujar Erwin.

Dijelaskan Erwin, pemilihan Kota Chennai bukan tanpa alasan. Kota ini merupakan Ibu Kota negara bagian Tamil Nadu, yang merupakan kota metropolitan ke-4 terbesar di India. Dengan basis ekonomi pada industri manufaktur, komputer, industri dan kesehatan. Sedangkan, Kota Vizakhapatnam, yang terletak di Bagian Timur, tepatnya di negara bagian Andhra Pradesh juga memiliki karakter dan potensi yang tidak berbeda jauh dengan Kota Chennai. Hanya saja, kota ini memiliki keunikan tersendiri dengan konsep pengembangan kotanya yang dimulai dan diarahkan dari arah pelabuhan dan pantai hingga menyisir ke daratan. Infrastruktur pelabuhan dengan fasilitas pendukung kota seperti hotel, perkantoran, mall dan fasilitas pendukung lainnya tertata dengan baik.(LL/Ewn)

DPRD Sumbar Sahkan Rp.6,987 Triliun APBD-P Provinsi Sumatera Barat Tahun 2018

PADANG, (GemaMedianet.com) — Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat akhirnya menyetujui Anggaran Pendapatan Daerah Perubahan (APBD P) Tahun 2018 yang telah diajukan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Barat  sebesar Rp.6,987 Triliun dalam rapat paripurna DPRD Sumbar, Jum'at (28/9/2018) sore.

Datangi DPRD Sumbar, Guru Honor K2 Kecewa Pemerintah Hanya Peduli Atlet Olahraga

PADANG, (GemaMedianet.com)- Kalangan guru honor kategori 2 (K2) menilai Pemerintah tidak memiliki kepedulian terhadap nasib guru honor kategori 2 (K2) yang notabene telah mengabdi puluhan tahun. Pasalnya, pemerintah hanya mampu membuat keputusan dan memberikan fasilitas yang lebih pada atlit olahraga.

28 September 2018

Padang Panjang "Nobar" Film Bersejarah G30S/PKI Di Media Luar Ruang Videotron Depan PDAM


PADANG PANJANG, (GemaMedianet.com) - Sama seperti tahun sebelumnya Pemerintah Kota (Pemko) Padang Panjang melalui Dinas Komunikasi dan Informatika setempat bakal menggelar kembali Nonton Bareng (Nobar) film bersejarah "Penghianatan Gerakan 30S/PKI" pada Sabtu (29/9/2018) malam.

Film tersebut akan ditayangkan melalui media luar ruang videotron yang terdapat di Depan PDAM.

Kepala Dinas Kominfo Kota Padang Panjang, Marwilis, SH, M.Si menghimbau kepada semua masyarakat untuk bisa meramaikan dan menonton film yang dianggap bersejarah bagi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Ia juga menyebutkan, tujuan diselenggarakannya film penghiatan G30S/PKI ini adalah agar generasi muda serta masyarakat mengetahui dan mengenang kembali sejarah bangsa Indonesia yang mulai pudar.

"Kita harap dengan ditayangkan kembali film penghianatan G30S/PKI, masyarakat bisa mengetahui bagaimana tragedi berdarah tersebut, dan dengan pemutaran film ini generasi muda dan masyarakat dapat mengenang kembali sejarah bangsa yang hendaknya bisa di tayangkan kembali setiap tahunnya," kata Marwilis seperti direlis Diskominfo Padang Panjang dari akun facebooknya, Jum'at (28/9/2018).

Untuk itu mari bersama-sama melihat sejarah perjuangan pahlawan Indonesia melalui film ini, ajaknya lagi. (cg)

KPU Pastikan Dahulukan Penghitung Suara Pilpres Pemilu 2019

JAKARTA, (GemaMedianet.com) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyatakan akan mendahulukan penghitungan surat suara pemilihan presiden (Pilpres) dalam Pemilu Serentak 2019. Keputusan ini diambil atas pertimbangan penghitungan surat suara pilpres lebih mudah dibanding pemilihan legislatif (pileg).

Gempa 7,7 SR Berpotensi Tsunami Guncang Donggala Sulawesi Tengah


DONGGALA, (GemaMedianet.com) -Gempa berkekuatan 7,7 skala Richter (SR) mengguncang Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, pada pukul 17.02 WIB, Jum'at (28/9/2018).

DPRD Padang Tetapkan Rencana Kerja DPRD Selama Tahun 2019


PADANG, (GemaMedianet.com) — Untuk terlaksananya tugas  pokok dan fungsi sebagai wakil rakyat secara efektif, terukur, terarah, serta dijadikan sebagai pedoman selama setahun, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padang menetapkan Rencana Kerja (Renja) tahun 2019.

Dinas Pendidikan Sumbar Selenggarakan Gebyar Pendidikan 2018


PADANG, (GemaMedianet.com) - Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat (Disdik Sumbar) melalui Bidang Pembinaan Sekolah Menengah Kejuran (PSMK) menggelar Gebyar Pendidikan 2018. Kegiatan itu dibuka langsung Ketua Komisi V DPRD Provinsi Sumatera Barat, Hidayat di pelataran parkir dinas setempat, Rabu (26/9/2018).

PAW Lima Anggota DPRD Padang, Elly Thrisyanti : Sudah Diteruskan ke Walikota Padang



PADANG, (GemaMedianet.com) — Proses Pergantian Antar Waktu (PAW) lima anggota DPRD Padang saat ini masih dalam proses. Setelah Surat Keputusan (SK) pemberhentian dengan hormat lima anggota DPRD Padang dikeluarkan Gubernur Sumatera Barat pada 17 September lalu, usulan PAW itu sudah diteruskan ke Walikota Padang untuk dimintakan SK pengangkatan anggota DPRD pengganti.

Hari ini Kemenag RI Resmi Buka 17.175 Formasi CPNS


JAKARTA, (GemaMedianet.com) -Pelaksana tugas (Plt) Sekjen Kemenag M Nur Kholis Setiawan memastikan formasi CPNS Kementerian Agama sudah bisa diakses di Sistem Seleksi CPNS Nasional (SSCN) BKN mulai 28 September 2018.

27 September 2018

Kontes Ternak dan Livestock Expo Peternakan Kesehatan Hewan Tingkat Sumbar 2018 di Pessel Resmi Dibuka


PESSEL, (GemaMedianet.com)  - Kontes ternak dan livestock Expo peternakan kesehatan hewan 2018 tingkat Sumatera Barat (Sumbar) resmi dibuka Bupati Pesisir Selatan (Pessel) Hendrajoni di Pantai Sago, Kecamatan IV Jurai, Kamis (27/9/2018).

Livestock Expo dan Kontes Ternak Sumbar 2018, Seperempat Populasi Sapi di Sumbar Ada di Pessel


PESSEL, (GemaMedianet.com)  - Pesisir Selatan  (Pessel) saat ini merupakan salah satu kabupaten yang memiliki sapi peliharaan terbanyak di Provinsi Sumatera Barat, serta aktif memasoknya keempat provinsi. Diantaranya Jambi, Bengkulu dan Riau.

Dewan Pendidikan Diharapkan Tidak Terfokus Terhadap Nilai-nilai Formalitas Unsur Pendidikan

Pelantikan Dewan Pendidikan Agam (Foto : Humas Agam) 
AGAM, (GemaMedianet.com)  - Wakil Bupati Agam, Trinda Farhan Satria menegaskan, Dewan pendidikan memiliki peran penting untuk memajukan pendidikan sebagai lembaga menghimpun dan menyerap aspirasi masyarakat terhadap kemajuan pendidikan.

Pemko Padang Dukung OJK Rampungkan POJK Perusahaan Efek Daerah


PADANG, (GemaMedianet.com)  -Pemerintah Kota Padang menyambut baik inisiasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang akan meluncurkan penerbitan Peraturan OJK (POJK) terkait Perusahaan Efek Daerah (PED).

DP3AP2KB Padang Gencar Tekan Kasus Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak


PADANG, (GemaMedianet.com) - Kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak terus ditekan di Kota Padang, sehingga diharapkan tak ada lagi korban-korban dari berbagai kekerasan yang dilakukan.

26 September 2018

Pendaftaran CPNS Resmi Dibuka, Ikuti Tata Cara dan Alur Pendaftarannya


JAKARTA, (GemaMedianet.com) - Sesuai jadual yang ditentukan, hari ini, Rabu (26/9/2018), pendaftaran CPNS 2018 dibuka Badan Kepegawaian Negara (BKN). Bagi Anda yang ingin mengikuti seleksi CPNS 2018, dapat mendaftar di sscn.bkn.go.id

Pembangunan Amfiteater Pendukung Kawasan Mandeh di Sei Nyalo Mudiak Aia Mulai Dilaksanakan

Ilustrasi Amfiteater di Romawi (Foto : wikimedia) 
PESSEL, (GemaMedianet.com) -Pembangunan Amfiteater (Gelanggang terbuka) berlokasi di Sei Nyalo Mudiak Aia Kecamatan Koto XI Tarusan menggunakan dana Kementerian Desa berkisar Rp.1 Miliar lebih mulai dilaksanakan, seiring selesainya pembebasan lahan.

Walinagari Sei Nyalo Mudiak Aia, Marjam mengatakan, pihaknya telah menyerahkan surat pembebasan tanah kepada pihak kementrian, dan masyarakat mendukung pembangunan tersebut. "Pembangunan amfitheater ini diharapkan akan mampu menjadi magnet bagi wisatawan untuk datang dan berkunjung ke kawasan Mandeh," ujarnya.

Disebutkan, pembangunan Amfiteater menggunakan dana Kementerian Desa berkisar Rp.1 Miliar lebih, dan ditargetkan akhir 2018 dapat difungsikan sebagai pusat pelestarian kesenian tradisional, khususnya di Kabupaten Pesisir Selatan.

Pembangunan Amfitheater ini, sebutnya, guna melengkapi sarana dan prasarana di Kawasan Mandeh, dimana Amfiteater sebuah gelanggang terbuka yang digunakan untuk pertunjukan hiburan dan pertunjukan seni. 

Ia juga berharap, keberadaan Amfiteater nantinya bisa menjadi pusat dan lokasi pementasan seni, dan disajikan kepada wisatawan yang datang ke Kawasan Mandeh. Sebab pembangunan Amfitheater yang didesain Putra Pessel Renggo ini dapat menjadi pusat pariwisata budaya, khususnya di Kawasan Mandeh. 

Sementara itu Penggiat Pariwisata, Andrinof Chaniago menilai pembangunan Amfiteater nantinya akan mampu meningkatkan pembangunan pariwisata budaya, dan menjadi contoh bagi daerah lainnya. Sebab itu dalam prosesnya harus didukung penuh oleh masyarakat, sehingga kedepannya semakin banyak Wisatawan datang ke Kawasan Mandeh karena tidak hanya wisata alam saja yang disajikan, tetapi juga wisata budaya. 

Menurutnya, di Kawasan Mandeh telah banyak pembangunan dilaksanakan, mulai dari pembangunan Jalan Mandeh yang ditargetkan di 2018 tuntas. Kemudian pembangunan Rest Area di Puncak Paku yang segera dilaksanakan, dan pembangunan sarana dan prasarana lainnya. "Ditargetkan pada tahun 2019 Kawasan Mandeh telah bisa menikmati hasil dari pembangunan ini,"  ujarnya. 

Sementara, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda Dan Olahraga, Mawardi Roska mengungkapkan, dengan selesainya nanti pembangunan Amfitheater akan digunakan untuk pertunjukan seni. Dan direncanakan akhir 2018 akan digelar perlombaan puisi dengan tema laut dan sampah, serta bisa menjadi salah satu rujukan tempat lokasi pelaksanaan kegiatan. "Harapannya, pembangunan Amfitheater bersamaan tuntasnya dengan pembangunan jalan Mandeh, sehingga mobilitas peserta gampang dilaksanakan," ujarnya. 

Untuk diketahui, Amfiteater berarti "tempat untuk menonton" dibangun membentuk setengah lingkaran, dengan tempat duduk berjenjang di sekitar area pertunjukan. (Rn s/mg) 

Walikota Antarkan Bantuan Warga Kota Padang Bangun Madrasah Lombok Utara Rp.1,25 Miliar


LOMBOK UTARA, (GemaMedianet.com) -  Walikota Padang Mahyeldi melakukan peletakan batu pertama pembangunan kembali Madrasah Syamsul Huda di Dusun Lekok, Desa Gondang, Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara, Rabu (26/9/2018), yang hancur akibat gempa 29 Juli dan 5 Agusuts lalu.

Kedatangan Walikota Padang ke Dusun Lekok dalam rangka mengantarkan bantuan warga Kota Padang sebesar Rp. 1,25 Miliar. Bantuan itu diperuntukkan bagi pembangunan kembali Madrasah Syamsul Huda beserta mobiler sebesar 1 miliar, dan 250 juta untuk pembangunan mushalla dan PAUD.

Dikesempatan itu, Mahyeldi menjelaskan, alasan dipilihnya pembangunan madrasah, mushalla dan PAUD karena pendidikan merupakan poin yang paling utama dalam meningkatkan derajat hidup manusia. “Apapun yang terjadi, pendidikan tidak boleh berhenti. Karena melalui pendidikanlah penguatan keimanan, keilmuan bisa kita lakukan,” ujar Mahyeldi. 

Ditambahkannya, Pemko Padang juga sedang mempersiapkan penyerahan bantuan selanjutnya bagi korban gempa di Lombok. “Semoga bantuan dari warga Kota Padang yang tidak seberapa ini, bermanfaat bagi warga Lombok Utara. Dan insyaallah kami juga akan menyerahkan bantuan selanjutnya bagi korban gempa,” ungkap Mahyeldi.

Sementara itu, Bupati Lombok Utara Tuan Guru Najmul Ahyar saat menyambut kedatangan Walikota Padang beserta rombongan mengucapkan terimakasih atas bantuan warga Kota Padang yang diantarkan langsung Walikota Padang Mahyeldi.

“Ternyata Allah Subhana wa Ta’ala tidak membiarkan kami sendiri dalam bencana. Atas nama masyarakat Lombok Utara saya mengucapakan terimakasih atas bantuan ini,” ucap Najmul di depan ratusan warga Desa Lekok yang turut menyambut kedatangan Walikota Padang bersama rombongan.

Ia juga mengatakan, akibat gempa, hampir seluruh infrastruktur hancur dan rusak berat di Lombok Utara, termasuk bangunan sekolah, pesantren dan madrasah. Begitu juga, korban jiwa akibat gempa sebanyak  491 orang. “Kita harus berhusnuzon atas takdir Allah ini. Semakin hari,  hikmah demi hikmah semakin kami temukan. Allah telah mendidik kita, bahwa Lombok Utara tidak sendirian dalam menghadapi bencana," tutur Najmul di depan warganya.

Turut dalam rombongan Walikota Padang, Ketua Baznas Kota Padang, dan beberapa pimpinan SKPD terkait Kota Padang. (Rel/ Joim/Zal)

Kisruh Pemecatan Ketua KONI Pessel, KONI Pusat Segera Surati Pemkab Pessel dan KONI Sumbar

KONI Kabupaten Pesisir Selatan saat berkonsultasi dengan KONI Pusat di Jakarta, Rabu (26/9/2018).
JAKARTA, (GemaMedianet.com) - Kisruh pemecatan Ketua KONI Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) yang diberitakan beberapa waktu lalu dimedia ditanggapi oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Pusat.

Bawaslu Pessel Ingatkan Walinagari dan Perangkat Tidak Terjebak Politik Praktis, Sanksi Pidana "Mengintai"


PESSEL, (GemaMedianet.com) -  Dalam rangka mewujudkan pemilu yang aman damai pada tahun 2019 mendatang, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) mengingatkan para Wali Nagari tidak terlibat dalam politik praktis, karena jika ketahuan akan dikenai sanksi sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku.

Anak Jalanan Dilatih Pola Pembinaan Terpadu di Batalyon 133 Yudha Sakti


PADANG, (GemaMedianet.com) -  Sebanyak 20 orang Anak Jalanan (Anjal) mengikuti pelatihan pola pembinaan terpadu  kerjasama antara Pemerintah Kota Padang dengan Batalyon Infanteri 133/Yudha Sakti di Markas Komando Batalyon 133 Yudha Sakti Air Tawar. Kegiatan tersebut dibuka secara resmi Wali kota  Padang, Selasa (25/9/2018).

KPUD Pesisir Selatan Siapkan 1478 TPS, Naik Dua Kali Lipat


PESSEL, (GemaMedianet.com) - Komisi Pemilihan Umum Daerah Kabupaten Pesisir Selatan (KPUD Pessel) menyiapkan 1.478 Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Pemilihan Legislatif (Pileg)  dan Pemilihan Presiden (Pilpres)  yang akan digelar tahun 2019 mendatang.

KAN Nagari Lawang Terpilih Wakili Agam ke Tingkat Provinsi


AGAM, (GemaMedianet.com) - Selasa (25/9/2018) pagi tim Penilai Lomba KAN tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), mengunjungi KAN (Kerapatan Adat Nagari) Nagari Lawang Kecamatan Matur Kabupaten Agam.

PDAM Padang Dinilai Sukses Terapkan NRW, PT Pasti Makmur Jalin Kerjasama Traning Nasional Water Technology X


PADANG, (GemaMedianet.com) — Dinilai sukses laksanakan penurunan tingkat kehilangan air (Non Revenue Water/NRW), Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Padang mendapatkan apresiasi. Kali ini apresiasi dan kepercayaan itu datang dari PT Pasti Makmur. Bahkan PDAM Padang membuktikan komitmen untuk terus meningkatkan kualitas dan kapasitas sumber daya manusia (SDM). Bekerjasama dengan PT Pasti Makmur, PDAM Kota Padang menggelar traning nasional bertajuk Water Technology X di Ibis Hotel Padang, 25 - 26 september 2018.

Walikota Padang Terima Aspirasi Petugas Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan


PADANG, (GemaMedianet.com) - Petugas Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) yang ada di 11 kecamatan se-Kota Padang menyampaikan aspirasi kepada Walikota Padang Mahyeldi Asnharullah. Walikota pun menerima masing-masing aspirasi dari perwakilan TKSK tersebut di Rumah dinasnya jalan A.Yani 11, Senin (24/9/2818).

25 September 2018

Meneladani Kepemimpinan Sejati Khalifah Umar bin Khattab


(GemaMedianet.com) - Umar Bin Khattab, kaum muslim mengenalnya sebagai salah seorang sahabat dekat Rasulullah Muhammad Shallaahu Alaihi Wassalaam. Salah seorang Al-Khulafa’ ar-Rasyidun, para pemimpin terbaik selain Abu Bakar, Ali Bin Abi Thalib dan Utsman Bin Affan.

Kejari Pesisir Selatan Sidik Kasus Pembangunan RSUD Pratama Tapan


PESSEL, (GemaMedianet.com)-Pengerjaan pembangunan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pratama Tapan, Kabupaten Pesisir Selatan diduga tidak sesuai dengan speck pengerjaannya. Pembangunan yang menggunakan anggaran APBN Tahun 2015, pada Kementerian Kesehatan sebesar kurang lebih Rp.13 miliar lebih tersebut saat ini sedang dalam penyidikan kejaksaan.

KemenPAN-RB Buka 151 Formasi CPNS 2018, Targetkan Smart ASN Yang Profesional


JAKARTA, (GemaMedianet.com) - Target untuk mewujudkan Smart Aparatur Sipil Negara (ASN) 2024 yang profesional butuh percepatan. Untuk itu, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) membuka 151 formasi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), termasuk formasi CPNS untuk Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) sebanyak 50 formasi.

Wilnida Janda Empat Anak, Terharu Rumahnya Dibedah Baznas Kota Padang


PADANG, (GemaMedianet.com) - Sungguh prihatin kondisi kehidupan Wilnida. Janda paruh baya ini berjuang sendirian membesarkan empat anaknya. Mulai dari menerima upah mencuci dan menjadi pembantu rumah tangga, dilakoninya sejak sang suami meninggal dua tahun silam.

Padang Munculkan Inovasi Pelayanan Publik Lewat "Laboratorium Inovasi"


PADANG, (GemaMedianet.com)-Pemerintah Kota Padang menggelar kegiatan "Laboratorium Inovasi" untuk menggali ide-ide inovasi, baik yang muncul dari permasalahan yang dihadapi maupun untuk mewujudkan visi, serta menginspirasi pengambil kebijakan dalam melahirkan inovasi.

Dua Tersangka Bandar Narkoba Kepemilikan 38 Kilogram Ganja Diringkus Ditresnarkoba Polda Sumbar


PADANG, (GemaMedianet.com) - Dua tersangka Bandar Narkoba, AD (30) yang berprofesi sehari-hari sebagai mekanik di sebuah bengkel di kawasan Padang Pariaman, dan KT (24) seorang buruh harian lepas berhasil ditangkap jajaran Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Sumbar.

24 September 2018

Indonesia Diaspora Hongkong Kunjungi Padang Bantu Promosikan Wisata


PADANG, (GemaMedianet.com) - Walikota Padang Mahyeldi menyambut baik kedatangan rombongan Indonesia Diaspora Hongkong atau perantau Indonesia yang menetap di Hongkong yang selama beberapa hari ini berada di Kota Padang.

23 September 2018

Pesta Budaya Hoyak Tabuik Piaman Meriah, Promosi Berlanjut Melalui Wonderful Of Indonesia


PARIAMAN, (GemaMedianet.com)Meski pun hujan mengguyur, pesta budaya Hoyak Tabuik Piaman tahun 2018 yang digelar Pantai Gandoriah pada Minggu (23/9/2018) berjalan dengan lancar dan disaksikan ribuan pasang mata. Puncaknya, ketika kedua Tabuik dibuang ke laut menjelang magrib tiba.

Padang Bakal Miliki Destinasi Wisata Berbasis Pertanian Pertama di Indonesia


PADANG, (GemaMedianet.com) - Jika gagasan sejumlah pakar pertanian di Sumatera Barat terwujud, dipastikan bakal hadir sebuah destinasi wisata baru berbasis pertanian perkotaan di Pasar Raya Padang pada 2019 nanti.  Saat ini konsepnya tengah dipelajari Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah yang juga bagian dari pakar pertanian tersebut.

"Konsepnya tengah dipelajari Walikota, sembari memperhitungkan sasaran dan manfaat dari kehadiran agrowisata di tengah pusat perdagangan Kota Padang," kata Syahrial selaku bagian dari tim penggagas Agrowisata Pasar Raya Padang kepada awak media, beberapa waktu lalu.

Syahrial yang juga Plt. Kepala Dinas Pangan Kota Padang itu menyebut,  pengembangan  agrowisata pertanian perkotaan Pasar Raya Padang memiliki fungsi dan manfaat ganda. Selain berfungsi sebagai pusat perdagangan, disini juga akan berfungsi sebagai pusat pelatihan dan informasi pertanian perkotaan guna peningkatan ketahanan dan keamanan pangan.

"Pusat Agrowisata Pasar Raya ini akan mempermudah produsen dan konsumen dalam mendapatkan hasil pertanian sehat dan segar semacam hidroponik," jelasnya.

Sementara itu, Ketua Asosiasi Hidroponik Padang, Ferry K. Soelaiman menjelaskan, salah satu unggulan yang akan mengisi pusat perdagangan agrowisata Pasar Raya Padang nantinya adalah hidroponik. Berbagai sayuran yang ditanam menggunakan media air (tanpa tanah) dijual dan akan ditampilkan proses penanaman dan perawatannya, sehingga konsumen juga dapat membeli bibit sembari belajar mengembangkan hidroponik. "Di sini disamping membeli produk hidroponik, konsumen dapat membeli bibit sembari belajar hidroponik," kata Ferry.

Mantan Kadis Pertanian Sumbar, Ir. Joni yang terlibat dalam proyek ini menyebut, pusat perdagangan agrowisata Pasar Raya Padang ini baru ada dan pertama di Indonesia. "Ini baru ada di Indonesia," sebutnya.

Ia berharap Pemko Padang memberikan dukungan yang maksimal, baik dari segi anggaran maupun terkait regulasi dan kebijakan agar proyek ini terealisasi. "Kita berharap mendapat dukungan maksimal Pemko Padang agar terealisasi," tukasnya.(th)

Porprov Sumbar XV, Padang Siapkan 12 Miliar Bonus Atlet


PADANG, (GemaMedianet.com) - Pemko Padang tahun ini memberikan dukungan anggaran pada APBD Perubahan 2018 sebesar Rp.12 miliar untuk bonus atlet peraih medali di Pekan Olahraga Provinsi (PORPROV) XV Sumatera Barat di Kabupaten Padang Pariman, November mendatang.

Pakar Wakaf Bahrain, Syekh Habib Ghulam Kunjungi Kota Padang


PADANG, (GemaMedianet.com) - Syekh Habib Ghulam, pakar wakaf dari Bahrain melakukan pertemuan dengan Walikota Padang Mahyeldi, Jum’at (21/9/2018), di Balaikota Padang Aia Pacah. Kunjungan tersebut sebagai bentuk tindaklanjut pertemuan Dai dan Ulama internasional 2017 lalu di Kota Padang, yang telah menyepakati kerjasama di bidang pendidikan, sosial, dakwah, dan ekonomi.

Kepada Walikota Padang, Syekh Habib Ghulam menyampaikan dan menceritakan pengalamannya di Bahrain dan negara timur tengah lainnya, bagaimana wakaf bisa menjadi solusi terhadap permasalahan-permasalahan umat. Dan tanah wakaf harus dikelola secara baik dan dimanfaatkan untuk kebaikan umat.

Dikesempatan itu, Mahyeldi mengakui, tanah wakaf di Kota Padang belum sepenuhnya terkelola secara baik, dan bahkan ada yang memunculkan persoalan. “Pemanfaatan tanah wakaf akan terus kita maksimalkan, termasuk pengelolanya, agar betul-betul bermanfaat untuk umat sebagaimana yang diniatkan oleh pewakaf,” ujar Mahyeldi.

Sementara itu, penterjemah Syekh Habib Ghulam, ustad Mulyadi mengatakan, Syekh Habib Ghulam datang ke indonesia selama satu pekan. Dan sudah mengunjungi Kota Bogor, Surabaya dan terakhir di Kota Padang. "Kita ta bisa belajar dari Bahrain, bagaimana aset wakaf dikelola secara profesional dan bisa lebih berkembang di masa yang akan datang di Kota Padang,” tutur Mulyadi. 

Dalam pertemuan tersebut juga dihadiri Baznas Kota padang, Yayasan Risalah, Darul Ulum, MUI dan beberapa Kepala SKPD Pemko Padang. (Nd/Fsl)

Tigo Tungku Sajarangan di Padang Deklarasikan Pemilu 2019 Aman, Damai dan Sejuk


PADANG, (GemaMedianet.com) - Semua unsur dan elemen di Kota Padang atau yang dikenal "Tigo Tungku Sajarangan" bertekad mensukseskan pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 yang aman, damai, dan sejuk. Hal itu dituangkan dalam deklarasi dan pernyataan sikap yang dilakukan di Ruangan Tuah Sakato Polresta Padang, Kamis (20/9/2018).

Walikota Padang : Bersatu Itu Hukumnya Wajib dan Jangan Berpecah Belah !


PADANG, (GemaMedianet.com) - Bersatu itu hukumnya wajib. Dan dosa besar bagi siapa saja yang mencoba mengadu domba atau membuat perpecahan. Karena itu adalah perbuatan orang-orang musyrik, sesuai apa yang dijelaskan di dalam kitab suci Alquran. Demikian disampaikan Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah sewaktu menjadi Khatib Shalat Jumat di Masjid At Taqwa Komando Resor Militer (Korem) 032/Wirabraja, Jumat (21/9/2018).

22 September 2018

Sukses Pemilu 2019, Pemko Padang Percepat Perekaman dan Pencetakan KTP-El


PADANG, (GemaMedianet.com) -Menghadapi pemilihan umum (pemilu) di 2019, baik pemilihan legislatif (pileg) dan pemilihan presiden (pilpres) RI, kesiapan KTP-El juga menjadi bahagian penting yang mesti disikapi serius setiap pemerintah daerah.

Pemko Fasilitasi Pemilihan Putra Putri Batik Minang di Pasar Raya Padang


PADANG, (GemaMedianet.com) -Pemerintah Kota Padang menyambut positif digelarnya Pemilihan Putra Putri Batik Minang di Pasar Raya Padang. Ajang ini digagas pihak perguruan tinggi seperti Universitas Andalas (Unand) dan Universitas Negeri Padang (UNP) yang tergabung dalam Peneliti Unggulan Strategis Nasional (PUSN).

"Atas nama Pemerintah Kota Padang, kita mengucapkan terima kasih atas digelarnya kegiatan ini. Alhamdululillah secara tak langsung juga ikut memperkenalkan wajah Pasar Raya Padang saat ini," sebut Kepala Dinas Perdagangan Kota Padang, Endrizal dalam sambutannya saat mewakili Walikota Padang  pada kegiatan yang dilangsungkan di Pasar Raya Padang Blok III lantai 3, Kamis (20/9/2018).

Menurut Endrizal, terkait menggeliatkan Pasar Raya Padang merupakan salah satu visi dan misi Walikota dan Wakil Walikota Padang periode 2014-2019 yang menjadikan Kota Padang sebagai pusat perdagangan, dengan menggelar berbagai macam kegiatan yang dapat menunjang hal tersebut

“Dinas Perdagangan akan memfasilitasi semua yang dibutuhkan oleh pihak penyelenggara kegiatan, dan mudah-mudahan pasar raya ini jauh lebih baik lagi,” tukas Endrizal.

Sementara itu Rektor Universitas Andalas, Tafdil Husni mengatakan, melalui riset yang telah dilakukan selama 3 tahun antara Perguruan Tinggi Unand dan UNP  tentang Batik Minang. Ada 141 motif Batik Minang yang semuanya mempunyai filosofi. “Mudah-mudahan dengan kegiatan ini akan mampu membangkitkan Batik Minang dan menjadi kebanggaan di Ranah Minang,” jelas Tafdil.

Ketua pelaksana kegiatan, Toti Srimulyati menyampaikan, adanya pemilihan putra putri  Batik Minang ini untuk membangkitkan motif-motif Batik Minang yang telah mulai hilang di Ranah Minang. Tema kegiatan adalah ”Membangun pemuda pemudi yang mencintai batik tradisional hasil karya budaya Sumatera Barat”. 

Dijelaskan, kegiatan dilaksanakan selama 2 hari Kamis dan Jum’at, 19 – 20 September 2018 di Pasar Seni jo Budaya Pasar Raya Lantai 3 dengan bentuk kegiatannya Pameran Batik, Fashion Show dan Talk Show.  “Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak terkait yang telah ikut membantu terselenggaranya kegiatan, dan mudah-mudahan kegiatan ini berjalan sesuai dengan harapan,” tutur Toti. (Nd/Fsl)

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN

Iklan

POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Pasang Iklan Anda Di Sini

   

iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

Iklan

iklan

Arsip Blog