31 Oktober 2017

Ciptakan Ketahanan Pangan di Solsel, Wabup Bantu Penyebaran Bibit Ikan Lele



SOLSEL, (GemaMedianet.com) — Dalam rangka menciptakan ketahanan pangan di Solok Selatan (Solsel), sedikitnya 100 ribu bibit ikan kembali disebar pada 9 kelompok pembudidaya ikan di lima kecamatan. Ditargetkan sepanjang tahun 2017 telah tersebar sebanyak 2 juta ekor bibit ikan dari berbagai jenis itu.

Emzalmi dan Wahyu Iramana Putra Deklarasikan APK Kelurahan Bebas Narkoba dan Maksiat



PADANG, (GemaMedianet.com) — Wakil Walikota Padang Ir. H. Emzalmi, M.Si dan Wakil Ketua DPRD Kota Padang Wahyu Iramana Putra mendeklarasikan Kelurahan Alai Parak Kopi (APK) Kecamatan Padang Utara sebagai kelurahan bebas Narkoba dan maksiat.

Gunung Kerinci Via Solsel Bakal Jadi Daya Tarik Bagi Wisatawan Minat Khusus



SOLSEL, (GemaMedianet.com) –Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Sumbar menyebutkan izin pendakian Gunung Kerinci melalui Solok Selatan (Solsel) bakal menjadi daya tarik bagi wisatawan minat khusus. Hal ini diungkapkan Direktur Walhi Sumbar, Uslaini, Senin (30/10/2017). 

Padang Panjang Peringati Hari Sumpah Pemuda dan HANI Secara Serentak



PADANG PANJANG, (GemaMedianet.com) – Untuk mengingat sejarah perjalanan Bangsa Indonesia sekaligus meningkatkan kewaspadaan terhadap bahaya narkoba yang makin lama makin mengkhawatirkan terutama bagi generasi muda, maka secara rutin peringatan Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada 28 Oktober dan Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) yang jatuh pada 26 Juni diperingati setiap Tahunnya.

Peringati Hari Sumpah Pemuda ke 89, Wako Pariaman Ajak Pelihara Sendi NKRI



PARIAMAN, (GemaMedianet.com) – Momentum Hari Sumpah Pemuda dapat kembali menyatukan pemuda-pemuda bangsa Indonesia umumnya dan Kota Pariaman khususnya, yang saat ini terlena dengan kemajuan dari Globalisasi yang ada.

Dandim 0311/Pessel Pimpin Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-89



PESSEL, (GemaMedianet.com) – Delapan puluh sembilan tahun yang lalu, tepatnya pada tanggal 28 Oktober 1928, sebanyak 71 pemuda dari seluruh penjuru tanah air berkumpul di sebuah gedung daerah Kwitang Jakarta. Mereka mengikrarkan diri sebagai satu nusa, satu bangsa dan satu bahasa yaitu Indonesia.

Polsek Sangir Kembali Berbagi Sembako Pada Masyarakat Tak Mampu



SOLSEL, (GemaMedianet.com) — Kepolisian Sektor (Polsek) Sangir kembali menunjukkan kepedulian sosial terhadap masyarakat tidak mampu di wilayah hukumnya. Kali ini  dengan berbagi sembako dan santunan kepada anak yatim piatu di Nagari Lubuk Gadang Kecamatan Sangir, Solok Selatan (Solsel).

Pasar Ateh Terbakar, Wako Padang dan Gubernur Sumbar Datang ke Lokasi



BUKITTINGGI, (GemaMedianet.com) —  Api menghanguskan seribuan lebih petak toko di Pasar Ateh Bukittinggi, Senin (30/10/2017) pagi tadi. Ribuan pedagang berhamburan menyelamatkan barang dagangannya. Kebakaran ini merupakan bencana terbesar sepanjang tahun ini.

30 Oktober 2017

Empat Sekolah Wakili Padang Penilaian LSS Tingkat Sumbar



PADANG, (GemaMedianet.com) — Empat sekolah mewakili masing-masing tingkatan di Kota Padang dikunjungi tim penilai Lomba Sekolah Sehat (LSS) tingkat provinsi Sumatera Barat, Senin (30/10/2017). Keempat sekolah tersebut yaitu TK Al Azhar, SD 09 Kayu Aro Bungus, SMPN 31 Padang dan SMK-SMAK Padang.

Ranperda Kepemudaan Inisiatif DPRD Sumbar Masuk Tahap Finalisasi



PADANG, (GemaMedianet.com) – Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Kepemudaan yang merupakan hak inisiatif Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat kini memasuki tahap finalisasi.

Wagub Nasrul Abit : Pembangunan Sumbar Tanpa Pembedaan


PESSEL, (GemaMedianet.com) — Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit berketetapan hati akan terus membantu Gubernur Irwan Prayitno dalam menjalankan amanah membangun Sumatera Barat, tanpa membeda-bedakan perhatian masing-masing daerah, sesuai kewenangan yang ada.

Dalih Wiring Meteran Token Terbalik, Oknum P2TL PLN Bongkar “Paksa” Meteran Konsumen



PADANG,  (GemaMedianet.com) — Aksi oknum petugas Penertiban Pemakaian Tenaga Listrik (P2TL) vendor PT PLN (Persero) membongkar meteran di kediaman konsumen dinilai penuh kejanggalan oleh pemiknya. Bahkan, pemilik rumah sepertinya tak terima meteran listriknya dibongkar begitu saja oleh petugas P2TL PLN dengan dalih wiring meteran terbalik.

Kemenpar RI Pastikan Etape ke Solok Selatan Jadi Rute Terbaik dan Terfavorit


SOLSEL, (GemaMedianet.com) — Etape V Tour de Singkarak dengan rute Kota Solok ke Solok Selatan (Solsel) pada tanggal 22 November 2017 nanti diyakini menjadi etape dengan rute terfavorit dan terbaik. Selain jaraknya ideal, rutenya penuh tantangan, serta memiliki view yang bagus.

29 Oktober 2017

TIDAR Sumbar Peringati Hari Sumpah Pemuda Dengan Dialog Kepemudaan


PADANG, (GemaMedianet.com) — Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke 89 Tahun 2017, Tunas Indonesia Raya (TIDAR) Provinsi Sumatera Barat menggelar Dialog Kepemudaan dengan tema “Kontribusi Pemuda Dalam Ruang Politik Untuk Kesejahteraan Bangsa” di New Centro Cafe, Minggu (29/10/2017) sore. 

Ribuan Peserta 'Gowes Siti Nurbaya Adventure' 2017 Tempuh Jalur Menantang



PADANG, (GemaMedianet.com) — Usai menghadiri malam puncak penganugerahan Kota Layak Pemuda 2017 di Padang Convention Center (PCC) Hotel Grand Inna, Sabtu malam, Menteri Pemuda dan Olah Raga (Menpora RI), Imam Nachrowi didampingi Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah Minggu pagi (29/10/2017) melepas empat ribuan peserta 'Gowes Siti Nurbaya Adventure 2017'.

Wagub Nasrul Abit : Pembangunan Sekolah Kejuruan Untuk Siapkan Tenaga Kerja Trampil dan Siap Kerja



PESSEL, (GemaMedianet.com) — Pembangunan Sekolah Kejuruan merupakan upaya pemerintah untuk menyiapkan tenaga trampil, dan siap kerja di lapangan kerja yang tersedia.

28 Oktober 2017

Ini Sepuluh Kota Layak Pemuda 2017


PADANG, (GemaMedianet.com) — Padang kembali menjadi tuan rumah iven berkelas. Kali ini lewat pelaksanaan acara puncak penganugerahan Kota Layak Pemuda 2017 besutan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dilangsungkan di Kota Padang, Sumatera Barat, Sabtu (28/10/2017) malam.

Walikota Padang Minta Camat Bungus dan Jajaran Lurah Cepat Tanggap Keluhan Warga



PADANG, (GemaMedianet.com) — Walikota Padang Mahyeldi meminta Camat Bungus Teluk Kabung beserta para Lurah untuk cepat tanggap terhadap setiap keluhan warga. Pasalnya, masih saja ada warga yang mengaku tidak memiliki Kartu Indonesia Sehat (KIS), Kartu Indonesia Pintar (KIP) ataupun BPJS. Bahkan lebih miris lagi, ada warga tidak pernah tahu cara mendapatkannya karena tidak ada sosialisasi dari kecamatan atau kelurahan.

Wow ! Ada Stasiun Penyedia Listrik Umum di Pantai Padang



PADANG, (GemaMedianet.com) — Menggeliatnya sektor pariwisata di Kota Padang saat ini diikuti dengan bermunculannya dukungan dari stakeholder. Salah satunya dari PT. PLN (Persero) Area Padang. BUMN yang mengurusi semua aspek kelistrikan itu membuat terobosan dengan menyediakan Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) yang kali pertama di Kota Padang. Upaya ini guna menjawab kebutuhan masyarakat untuk mendapatkan kemudahan pengisian listrik di tempat umum.

Bupati Solsel Ingatkan Pejabat, Jangan Pernah Bermain-Main Anggaran



SOLSEL, (GemaMedianet.com) — Bupati Solok Selatan, H.Muzni Zakaria mengingatkan pejabat di lingkungan pemerintah kabupaten (pemkab) setempat menghindari segala bentuk perbuatan korupsi yang dapat berurusan dengan aparat penegak hukum.

Wabup Solsel “Gusar” Proyek Jalan di Sangir dan Pauh Duo Berjalan Lamban



SOLSEL, (GemaMedianet.com) — Pembangunan infrastrukur masih jadi fokus utama di Solok Selatan. Dengan infrastruktur yang memadai seperti jalan dan jembatan, maka percepatan pengembangan potensi ekonomi dan wisata kian terbuka lebar.

27 Oktober 2017

Ini Permintaan Wagub Nasrul Abit Pada Tim Terpadu Pengembangan Pariwisata Sumbar



PADANG, (GemaMedianet.com) — Wakil Gubernur Nasrul Abit meminta Tim Terpadu Pengembangan Pariwisata Provinsi Sumatera Barat melakukan pendataan yang akurat terkait pengembangan pariwisata di setiap kabupaten/kota.

Wabup Solsel Apresiasi Tradisi Pelakat Turun ke Sawah di Simancuang


SOLSEL, (GemaMedianet.com) — Wakil Bupati Solok Selatan (Solsel), H.Abdul Rahman mengapresiasi tradisi pelakat turun ke sawah sebagai simbol kesepakatan turun serentak. Tradisi ini sudah dilakukan puluhan tahun di Simancuang, dan berdampak positif terhadap panen Padi.

Dalam RKP, Presiden Jokowi Beri Arahan Gubernur, Bupati/Walikota se-Indonesia



JAKARTA, (GemaMedianet.com) — Berbagai arahan disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam Rapat Kerja Pemerintah (RKP) yang dihadiri Kepala Daerah baik Gubernur, Bupati, dan Walikota dari seluruh wilayah Indonesia. Tercatat sebanyak 576 Kepala Daerah hadir dalam RKP yang diselenggarakan di Istana Negara, Jakarta, Selasa (24/10/2017).

26 Oktober 2017

Dugaan Pelecehan Profesi, Wartawan Solok Polisikan Kadis Dukcapil Kota Solok



SOLOK, (GemaMedianet.com) — Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Solok, Syaiful Rustam Forum akhirnya resmi dilaporkan ke Polres Solok Kota oleh Komunitas Wartawan Solok (F-Kuwas), Rabu (25/10/2017).

Pessel Kekurangan Tenaga Dokter Umum dan Gigi Berstatus ASN


PESSEL, (GemaMedianet.com) — Masih terbatasnya jumlah dokter umum yang berstatus sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) secara ideal menurut jumlah penduduk, berdampak terhadap pelayanan maksimal kepada masyarakat.

25 Oktober 2017

KONI Sumbar Benahi Teknologi Informasi Berbasis Website


SOLSEL, (GemaMedianet.com) - Bidang Humas Media dan Promosi Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Solok Selatan (Solsel) lakukan konsultasi dan koordinasi ke KONI Sumatera Barat (Sumbar) Rabu (25/10/2017). Kedatangan disambut langsung oleh Ketua Umum (Ketum) KONI Sumbar, Syaiful dan Ketua Bidang Pendidikan dan Penataran (Diktar), Nofi Sastra di Sekretariat KONI Sumbar.

Stok Belangko e-KTP Pessel Makin Menipis, Bertahan Untuk Satu Minggu


PESSEL, (GemaMedianet.com) — Diperkirakan hingga satu pekan ke depan belangko Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) masih mencukupi. 

24 Oktober 2017

Pokir Dewan Tak Terealisasi, Kinerja DPRKPP Sorotan Komisi III DPRD Padang



PADANG, (GemaMedianet.com) — Kinerja Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (DPRKPP) Kota Padang mendapat sorotan tajam dari Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) yang diketuai Zulhardi Z.Latif.

Ditresnarkoba Polda Sumbar Kembali Ringkus Jaringan Narkotika Lintas Provinsi


PADANG, (GemaMedianet.com) — Jajaran Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba) Polda Sumbar kembali mengungkap jaringan peredaran narkoba di wilayah hukumnya. Kali ini dari dua pelaku asal Bengkalis, Riau, WD (33) dan RT (27) dengan barang bukti (BB) paket besar Narkoba jenis Shabu seberat 2,7 Kg. 

GOW Solsel Bekali Anggota Melalui Kewirausahaan


SOLSEL, (GemaMedianet.com) - Dalam menunjang kesejahteraan keluarga, Anggota Organisasi Wanita di Solok Selatan (Solsel) , Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Solsel memberikan pelatihan kewirausahaan bagi anggotanya.

Wabup Apresiasi SMAN 7, Wakili Solsel Lomba Sekolah Sehat Tingkat Sumbar


SOLSEL, (GemaMedianet.com) — Sebanyak empat sekolah dari berbagai tingkatan di Solok Selatan (Solsel) terpilih mewakili daerah berjuluk Saribu Rumah Gadang ini pada Lomba Sekolah Sehat (LSS) Tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

23 Oktober 2017

Disnakertrans Klaim Delapan WNA Asal Tiongkok di Solsel Bekerja Resmi


SOLSEL, (GemaMedianet.com) — Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Solok Selatan (Disnakertrans Solsel) menyatakan, sebanyak 8 orang Warga Negara Asing (WNA) asal Tiongkok bekerja di daerah itu dan memiliki izin resmi. Hal itu diungkapkan Kepala Disnakertrans Solsel, Basrial, Senin (23/10/2017). 

Gubernur Resmikan Hotel Bintang Empat Emersia Hotel & Resort Batusangkar


TANAH DATAR, (GemaMedianet.com) — Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno hari ini, Senin (23/10/2017) siang, meresmikan hotel bintang empat pertama di Kab. Tanah Datar, Emersia Hotel & Resort Batusangkar.

Sirene Alat Deteksi Dini Gerakan Tanah Berbunyi, Masyarakat Liki Atas “Berhamburan”


SOLSEL, (GemaMedianet.com) — Ratusan masyarakat "berhamburan" menyelamatkan diri setelah tanda dari Sirene Deteksi Dini Gerakan Tanah berbunyi dengan kerasnya. Kondisi itu merupakan bagian simulasi kesiapsiagaan bencana serta peresmian pemakaian alat tersebut di Liki Atas, Lubuk Gadang Selatan, Sangir (19/10/2017).

Waduh! Di Pasar Alai Padang Uang Receh Emisi 2003 Tak Laku


PADANG, (GemaMedianet.com) — Meski belum ada penarikan resmi uang pecahan Rp.100 dan Rp.200 tahun emisi 2003 dari Bank Indonesia, namun anehnya sejumlah pedagang di Pasar Alai Kelurahan Alai Parak Kopi Kecamatan Padang Utara, Kota Padang menolak uang pecahan yang akrab dengan sebutan uang receh tersebut dalam transaksi jual beli. 

Ratusan Santri/Santriwati se Pesisir Selatan Meriahkan Peringatan Hari Santri Nasional


PESSEL, (GemaMedianet.com) — Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) menggelar peringatan Hari Santri Nasional yang ke III di halaman Kantor Bupati Pessel, Minggu (22/10/2017).

22 Oktober 2017

Festival “Saribu Rumah Gadang” Solsel Siap Digelar, Hartati Bantu Konsep Festival


SOLSEL, (GemaMedianet.com) — Kawasan Saribu Rumah Gadang (SRG) sebagai sebuah tujuan destinasi, saat ini sudah menjadi ikon utama Pariwisata Solok Selatan (Solsel). Berbagai upaya terus dilakukan pemerintah daerah bersama masyarakat untuk mewujudkan kemajuan pariwisata di daerah tersebut. Bukan hanya di SRG, tetapi juga obyek obyek wisata lain yang terus bermunculan.

BBPOM di Padang Gencarkan Terus Pengawasan Produk Lindungi Kesehatan Masyarakat


PADANG, (GemaMedianet.com) — Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) berperan melindungi masyarakat dari penggunaan obat dan makanan yang dapat membahayakan kesehatan. Sekaitan peran itu maka misi BBPOM, yakni meningkatkan sistem pengawasan obat dan makanan (Regulatory system) berbasis risiko untuk melindungi masyarakat.

Komisi ASN Temukan Indikasi Pelanggaran Manajemen ASN di 4 Kab/Kota di Sumbar


PADANG, (GemaMedianet.com) — Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) temukan adanya indikasi pelanggaraan terhadap manajemen ASN di 4 Kabupaten/Kota di Sumatera Barat (Sumbar). Empat Kabupaten/Kota tersebut antara lain Kabupaten Padang-Pariaman, Lima Puluh Kota, Kab. Solok, dan Kota Padang Panjang.

Rakorda dan Seminar Kefarmasian "Kriminalisasi VS Legalisasi" PD IAI Sumbar Dibuka



PADANG, (GemaMedianet.com) — Rapat koordinasi daerah (Rakorda) dan seminar kefarmasian Pengurus Daerah Ikatan Apoteker Indonesia Sumatera Barat (PD IAI Sumbar) secara resmi dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat, dr.Hj.Merry Yuliesday, MARS, Minggu (22/10/2017).

21 Oktober 2017

Pemprov Sumbar Bantu Nelayan Pariaman 40 Unit Mesin Longtail


PARIAMAN, (GemaMedianet.com) — Wakil Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Nasrul Abit menyerahkan bantuan 40 unit mesin longtail kepada nelayan Kota Pariaman. Bantuan yang berasal dari Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sumbar tersebut diserahkan di Kantor Dinas Kelautan dan Perikanan setempat, Jumat (20/10/2017) petang.

IWO Banten Kutuk Aksi Kekerasan Polisi Terhadap Wartawan


SERANG, (GemaMedianet.com) — Aksi kekerasan polisi terhadap wartawan yang sedang bertugas kembali terjadi di Banten. Insiden itu terjadi saat mahasiswa melakukan aksi refleksi tiga tahun kepemimpinan Joko Widodo (Jokowi) - Jusuf Kalla (JK) di Jalan Jenderal Soedirman, Ciceri, Kota Serang, Jumat (20/10/2017), tepat di depan Kampus Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Maulana Hasanudin Banten.

Kolang Catatan Sejarah Yang Masih Abadi


Kawasan Labuan Bodil, Kolang – Tapteng (Foto : Syafriwal Marbun)

TAPTENG, (GemaMedianet.com) — Oleh : *) Syafriwal Marbun

Pada festival “Gondang Batak” di Balige/Soposurung beberapa tahun yang lalu, Tapanuli Tengah (Tapteng), Sumatera Utara mengirim Tim Gondang Batak dari Hurlang, dan mengejutkan semua peserta lain. Gondang Hurlang berbeda ritmenya dengan gondang Batak lainnya, sedikit mendayu-dayu dengan hentak gondang yang gemulai. Bertolak belakang dengan gondang Batak ala Toba yang dinamis. Ini adalah kekayaan lain seni Tapteng, disamping yang banyak lainnya.

Pesisir Selatan Raih Dua Penghargaan Pengelolaan Keuangan, Capaian Standar Tertinggi



PESSEL (GemaMedianet.com) — Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan (Pemkab Pessel) kembali menerima penghargaan dari Pemerintah Republik Indonesia. Kali ini melalui Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, pemerintah memberikan penghargaan pada Pemkab Pessel atas  keberhasilannya dalam penyusunan dan penyajian laporan keuangan tahun 2016 dengan Capaian Standar Tertinggi.

Ribuan ASN Vote Mandeh Sebagai Surga Tersembunyi API 2017



PESSEL (GemaMedianet.com) — Ribuan ASN di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) dengan penuh semangat melakukan vote untuk mendukung Mandeh sebagai Surga Tersembunyi dalam Anugerah Pesona Indonesia (API) Tahun 2017.

Ratusan Mahasiswa Unjuk Rasa di DPRD Sumbar, Kecewa dan Prihatin Nasib Bangsa



PADANG, (GemaMedianet.com) — Ratusan Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas se Sumatera Barat mendatangi Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat, Jumat (20/10/2017).

20 Oktober 2017

KONI Solsel Satukan Kekuatan dengan Kepengurusan 2017-2021

SOLSEL, (GemaMedianet.com) - Sebagai upaya menyatukan kekuatan dengan kepengurusan baru Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Solok Selatan (Solsel) periode 2017 - 2021. Ketua Umum, Mario Syahjohan gelar rapat perdana dengan kepengurusan itu dengan dua agenda di Sekretariat KONI setempat Kamis, (19/10/2017).

DPRD Sumbar Didesak Sikapi Aspirasi Penghentian Operasional Angkutan Berbasis Online



PADANG, (GemaMedianet.com) — Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat menerima aspirasi masyarakat yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Angkutan Kota (APAK) Padang dan DPD Organisasi Angkutan Darat (Organda) Sumbar sekaitan angkutan berbasis online di ruang rapat khusus gedung DPRD setempat, Rabu (19/10/2017).

19 Oktober 2017

DPRD Sumbar Dorong Pemerintah Lahirkan Regulasi Angkutan Berbasis Online yang Adil



PADANG, (GemaMedianet.com) —Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) berjanji akan mengawal terus aspirasi masyarakat terkait persoalan angkutan berbasis online bersama Dinas Perhubungan Sumbar dan instansi terkait lainnya.

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN

Iklan

POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Pasang Iklan Anda Di Sini

   

iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

Iklan

iklan

Arsip Blog