31 Juli 2017

Gubernur Sampaikan Nota Penjelasan Perubahan Perda Penanaman Modal

PADANG, (GemaMedianet.com) – Sejalan dengan telah diundangkannya Undang Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, maka terjadi perubahan  kewenangan yang selama ini ada pada pemerintah provinsi beralih menjadi kewenangan pemerintah pusat. Begitu juga sebaliknya, kewenangan pemerintah kabupaten/kota kemudian beralih menjadi kewenangan pemerintah provinsi

Dua Remaja Putri Kota Padang Panjang Raih Juara Nasional


PADANG PANJANG, (GemaMedianet.com) — Dua remaja putri Kota Padang Panjang, yakni Fitriawati dan Hernita, berhasil keluar sebagai pemenang ke II dan harapan II Tingkat Nasional dalam ajang penilaian temu kader dan pasangan KB lestari tingkat nasional tahun 2017. Sementara untuk tingkat Propinsi, kader dari Kota Padang Panjang berhasil meraih tiga posisi juara satu dan tiga lainnya sebagai juara ke dua di Sumatera Barat. 

HUT RI ke-72, Gubernur Irwan Prayitno : Kibarkan Merah Putih Satu Bulan Penuh


PADANG, (GemaMedianet.com) – Untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-72, dilakukan pengibaran bendera Merah Putih satu bulan penuh, mulai dari tanggal  1 – 31 Agustus 2017. Pengibaran bendera merah putih ini secara serentak dilakukan di kantor-kantor gedung pemerintah, gedung lembaga BUMN/BUMD, gedung perguruan tinggi, gedung sekolah dan rumah masyarakat di seluruh wilayah Indonesia.

30 Juli 2017

Menteri KLH Dukung Gagasan Berdirinya Suaka Alam di Sumbar


SOLSEL, (GemaMedianet.com) – Gagasan Gubernur Irwan Prayitno untuk mendirikan suaka alam di Sumatera Barat mendapatkan respon positif dari Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup (KLH), Siti Nurbaya. 

Ketua TP PKK Pessel Lisda Rawdha Raih Penghargaan Bergengsi

JAKARTA, (GemaMedianet.com) – Ketua Tim Penggerak PKK Pesisir Selatan (Pessel), Sumatera Barat, Hj Lisda Rawdha, SE, MMTr berhasil memperoleh anugerah penghargaan bergengsi dari media terkemuka Rakyat Merdeka Online (RMOL) grup Koran Rakyat Merdeka. Isteri Bupati Pessel Hendrajoni ini menerima penghargaan itu bersama sejumlah tokoh penting di pentas nasional, Sabtu (29/7/2017). 

29 Juli 2017

Seratusan Peserta Meriahkan Lomba Menembak Lantamal II Padang

PADANG, (GemaMedianet.com) –  Dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke 11, Pangkalan Utama Angkatan Laut (Lantamal) II Padang menggelar Lomba Menembak Pistol dan Senapan.  Lomba yang berlangsung selama 2 hari (Sabtu - Minggu, 29-30/7/2017) itu dibuka langsung oleh Komandan Lantamal (Danlantamal) ll Padang, Laksamana Pertama TNI AL Rudwin Thalib, SE,  Sabtu (29/7/2017).

28 Juli 2017

Pemprov Sumbar Ajukan Dua Ranperda, RPJMD dan HKAPA DPRD



PADANG, (GemaMedianet.com) — Sebanyak dua Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) kembali diajukan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumbar dalam rapat paripurna DPRD setempat, Jum’at (28/7/2017).

Ny. Ayu Abdul Rahman : Keberhasilan Suami Tergantung Dukungan Istri

SOLSEL, (GemaMedianet.com) – Ketua Penasehat Organisasi Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Solok Selatan Ny. Ayu Abdul Rahman mengatakan Keberhasilan dan Kesuksesan Suami Tergantung bagaimana dukungan seorang isteri

27 Juli 2017

Pemko Padang Lakukan Penyegaran, 14 Pejabat Eselon II Dimutasi


PADANG, (GemaMedianet.com) – Pemerintah Kota Padang kembali melakukan penyegaran dengan melakukan rotasi, promosi dan mutasi bagi sejumlah pejabat eselon II, III dan IV. Kali ini sebanyak 14 pejabat eselon II disertai 33 pejabat eselon III dan ratusan pejabat eselon IV kemudian dilantik Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah di Aula Bagindo Aziz Chan Kantor Balaikota Padang, Aie Pacah, Rabu (26/7/2017). 

Tingkatkan Produksi Pangan, Kelompok Tani di Solsel Terima Bantuan Alsintan

SOLSEL, (GemaMedianet.com) – Sektor pertanian yang menjadi penopang utama perekonomian di Kabupaten Solok Selatan terus mendapatkan perhatian serius dari Pemda setempat. Melalui Dinas Pertanian Solok Selatan, para kelompok tani kembali diberikan bantuan Peralatan Mesin Pertanian (Alsintan) guna meningkatkan produksi dan mencapai swasembada pangan. 

26 Juli 2017

Tidak Saja Alat Vital, Hubungan Seks Menyimpang Juga Menyerang Organ Tubuh Ini

Indah Febriyola 
PADANG, (GemaMedianet.com) – Kita mungkin sering mendengar penyakit yang bisa menular melalui hubungan seksual atau hubungan kelamin. Istilah penyakit 'Raja Singa' sudah tidak asing lagi rasanya. Ya, Sifilis alias 'Raja Singa' merupakan penyakit yang kerap terjadi akibat hubungan seksual menyimpang, penderitanya umumnya kaum adam yang sering gonta-ganti pasangan bercinta. Namun, apakah masyarakat benar-benar tahu mengenai penyakit tersebut?. Penyakit sifilis termasuk Penyakit Menular Seksual (PMS).

Untuk diketahui, PMS merupakan infeksi atau penyakit yang ditularkan melalui hubungan seks (oral, anal, vagina). Infeksi tersebut menyerang alat kelamin tanpa gejala selama tiga pekan. Ternyata, tidak hanya menyerang alat kelamin, PMS juga dapat menyerang mata, mulut, saluran pencernaan, hati dan bahkan organ otak.

Seperti penyakit, HIV/AIDS dan Hepatitis B juga disebabkan oleh hubungan seksual. Setiap individu sangat menakuti jenis penyakit tersebut, sebab mengakibatkan kematian secara perlahan. Di Indonesia, jumlah penderita penyakit ini termasuk tinggi. Kelompok resiko yang rentan terinfeksi tentunya adalah individu yang kerap  'jajan' atau gonta-ganti pasangan, alias punya kebiasaan perilaku yang tidak sehat.

PMS secara medis diketahui penularanya melalui hubungan kelamin. Yang ditularkan dari satu orang ke-orang lain saat berhubungan badan. Tempat terjangkitnya penyakit tersebut tidak semata-mata pada alat kelamin saja, tetapi dapat terjadi diberbagai tempat diluar alat kelamin.

Mari kita kenal gejala dan cara pengobatan salah satu jenis PMS yang umum terjadi yakni, sifilis merupakan penyakit yang disebabkan oleh 'Treponema pallidum'. Penularan melalui hubungan seksual, melalui vaginal, rektum, anal maupun oral. Namun, sifilis tidak menular melalui peralatan makan, tempat dudukan toilet, knop pintu, kolam renang, dan tukar-menukar pakaian.

Penderita sifilis akan merasakan dampak setelah tiga pekan bakteri memasuki tubuh. Infeksi sifilis terbagi menjadi empat tahapan utama, antara lain. Pertama, sifilis Primer adalah, penderita mengalami gejala yang dimulai dengan lesi atau luka pada alat kelamin. Lesi bisa terjadi di dalam dan di sekitar mulut. Luka yang terjadi berbentuk seperti gigitan serangga tapi tidak menimbulkan rasa sakit. Pada tahap ini, apabila individu yang terinfeksi, kembali melakukan hubungan seksual dengan pasangan berbeda. Mengakibatkan penularan sangat mudah terjadi. Luka ini bertahan selama 1-2 bulan. Pada akhirnya, lesi ini akan sembuh tanpa meninggalkan bekas.

Kedua, sifilis Sekunder. Penderita akan mengalami ruam merah serukuran koin kecil dan biasanya ruam ini muncul pada telapak tangan dan telapak kaki. Gejala lain yang mungkin muncul adalah demam, nafsu makan menurun, radang tenggorokan dan kutil kelamin. Fase ini bisa bertahan selama satu hingga tiga bulan.

Ketiga, sifilis Laten. Setelah fase sifilis sekunder, sifilis seakan-akan menghilang dan tidak menimbulkan gejala sama sekali. Masa laten ini bisa bertahan sekitar dua tahun sebelum kemudian lanjut ke masa yang paling berbahaya dalam infeksi sifilis yaitu sifilis tersier.


Terakhir, sifilis Tersier, jenis infeksi ini tidak terobati. Sebab, sifilis akan berkembang ke tahapan akhir. Pada tahap ini, infeksi bisa memberi efek yang serius pada tubuh. Beberapa akibat dari infeksi pada tahapan ini adalah kelumpuhan, kebutaan, demensia, masalah pendengaran, impotensi, dan bahkan kematian jika tidak ditangani.

Sifilis paling mudah menular pada fase sifilis primer dan sekunder. Jika Anda merasa terinfeksi sifilis, segeralah periksakan diri ke dokter atau klinik spesialis penyakit kelamin untuk memastikan diagnosis terhadap sifilis. Makin cepat sifilis diobati, makin kecil kemungkinan sifilis berkembang menjadi penyakit yang serius.

Nah, untuk pencegahan penyakit sifilis ada beberapa langkah yakni, tidak melakukan hubungan seksual menyimpang. Mengggunaan kondom dapat mengurangi resiko penularan penyakit. Pastikan toilet yang digunakan higenis dan hindari penggunaan toilet duduk di tempat umum. Terakhir, segera obati bila ada keluhan seperti gejala yang di atas.

Untuk cara pengobatan penyakit sifilis yaitu, menggunakan antibiotik seperti suntikan penisilin digunakan untuk mengobati sifilis. Jika sifilis diobati dengan benar, tahapan sifilis yang lebih parah bisa dicegah. Hindari hubungan seksual sebelum memastikan infeksi sifilis benar-benar hilang, yaitu sekitar 2 minggu setelah pengobatan selesai. Semoga kita terhindar dari penyakit ini, Amiin. (*)

Oleh : Indah Febriyola
(Mahasiswa Ilmu Kesehatan Masyarakat)

Halal bi Halal, Wabup : Pegawai Jadilah Teladan Penerapan Kehidupan Beragama


SOLSEL, (GemaMedianet.com) – Setiap aparatur negara, baik Aparatur Sipil Negara (ASN) maupun Tenaga Kontrak Daerah (TKD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Solok Selatan haruslah memberikan contoh nyata dalam penegakan Agama Islam di tengah-tengah masyarakat. 

Atlet Paralayang Indonesia Raih Juara Dunia di Kanada



CANADA, (GemaMedianet.com) —  Atlit Paralayang Indonesia yang tergabung dalam Tim Nasional dikirim ke Kanada untuk bertanding pada acara Paragliding Accuracy World Cup (PGAWC) seri 3 berlangsung 21-23 Juli 2017 berhasil mendulang sukses.

Asdep Wisata Petualang Kemenpar Ekpos Potensi Wisata Solok Selatan


SOLSEL, (GemaMedianet.com) – Dukungan pemerintah daerah dalam bentuk aturan pada suatu objek wisata akan memperkuat pariwisata. Seperti aturan tentang dilarangnya membuang sampah di sepanjang jalur pendakian gunung. Hal itu tentu akan sangat membantu upaya pemerintah untuk mencapai target 20 juta wisatawan mancanegara di tahun 2019 mendatang.

25 Juli 2017

Meriahkan HUT ke-11, Lantamal ll Padang Bhakti Sosial di Muaro Lasak

PADANG, (GemaMedianet.com) – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahunnya (HUT) yang ke-11, Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) ll Padang mengadakan berbagai kegiatan bakti sosial. Kali ini kegiatan tersebut dengan mengambil lokasi di Pantai Padang, Selasa (25/7/2017) pagi.

Walikota Padang Motivasi Pedagang Pasar Raya Goro Bersama

PADANG, (GemaMedianet.com) – Kesadaran para pedagang tentang kebersihan dinilai Walikota Padang masih kurang peduli. Pasalnya, kebersihan itu baru terlihat hanya di sekitar tempat dia berdagang saja, tapi pada lokasi yang tak jauh dari lokasinya berdagang sampah masih bertebaran. 

24 Juli 2017

Dua Ranperda Disetujui Masuk Propem Perda Sumbar Tahun 2017

PADANG, (GemaMedianet.com) – Setelah melalui kajian Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapem Perda), dua ranperda yang sebelumnya tidak termasuk Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propem Perda) tahun 2017, akhirnya dimasukkan dalam agenda kerja tahun 2017 untuk segera dilakukan pembahasannya bersama Pemerintah Provinsi Sumatera Barat.

RZWP3K, Yuliarman : Mengoptimalkan Pengelolaan Potensi Pesisir dan Pulau Kecil

PADANG, (GemaMedianet.com) – Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau- Pulau Kecil (RZWP3K) bertujuan guna memaksimalkan potensi-potensi yang ada di Pesisir dan Pulau- Pulau Kecil di wilayah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) yang selama ini belum berjalan teroptimalkan.

Komisi II DPRD Sumbar Maksimalkan Ranperda RZWP3K


PADANG, (GemaMedianet.com) — Guna memaksimalkan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau- Pulau Kecil (RZWP3K) yang diajukan Pemerintah Provinsi beberapa pekan sebelumnya, Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumatera Barat melakukan hearing dengan mitra terkait, Senin (24/7/2017).

Walikota Padang “Baminantu”

PADANG, (GemaMedianet.com) – Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah Dt Marajo kembali 'baminantu' (bermenantu, red). Putri keduanya, Silmi Izzati dipersunting lelaki pujaannya, Aulia Hafiz. Prosesi ijab kabul dilaksanakan di Masjid Sahara, Padang Pasir, Sabtu (22/7/2017) siang. 

23 Juli 2017

Kawal Proyek Strategis, TP4 Kejati Sumbar Sempat Dicurigai Warga

PADANG, (GemaMedianet.com) – Tugas baru Bidang Intelijen Kejaksaan Tinggi Sumatera Barat (Kejati Sumbar) yang melibatkan Bidang Pidana dan Perdata Tata Usaha Negara sebagai Tim Pengawalan Pengamanan Proyek Pemerintah dan Pembangunan (TP4) sempat mengundang kecurigaan di tengah masyarakat. Pasalnya, Tp4 Kejati dinilai ikut “bermain” dari proyek-proyek strategis yang mereka kawal.

Kasus Narkoba Rekor Tertinggi Ditangani Kejati Sumbar

PADANG, (GemaMedianet.com) – Kasus Narkoba kembali menempati posisi tertinggi dalam kasus yang ditangani oleh Kejaksaan Tinggi Sumatera Barat (Kejati Sumbar) di tahun 2017. Kasus yang jumlahnya nyaris sama di tahun sebelumnya.

22 Juli 2017

Dua Ahli Waris Terima Klaim Jaminan Kecelakaan Kerja BPJS Ketenagakerjaan

PADANG, (GemaMedianet.com) – Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah Dt Marajo menyerahkan klaim Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Padang bagi warganya di dua tempat berbeda, Jumat (21/7/2017). 

Wawako Rainer Dikukuhkan Jadi Ketua Inkanas Kota Solok

SOLOK, (GemaMedianet.com) – Gubernur Sumatera Barat sekaligus Ketua Inkanas Provinsi Prof.Dr.H.Irwan Prayitno, PSi, MSc mengukuhkan Raienir ST,MM yang juga Wakil Walikota Solok sebagai Ketua Inkanas Kota Solokuntuk periode 2017 - 2021. Pengukuhan itu ditandai dengan pemasangkan Sabuk Hitam DAN I kepada Rainer yang juga telah lulus ujian naik tingkat beberapa waktu lalu di Padang, Sabtu ( 22/7/2017). 

21 Juli 2017

Pelantikan Bersama Ranting PPM Kota Padang Berjalan Sukses

PADANG, (GemaMedianet.com) – Pelaksanaan pelantikan bersama Ranting Pemuda Panca Marga (PPM) Kota Padang,  Jum'at (21/7/2017) yang berlangsung di aula pertemuan Kodim 0312 Padang berjalan sukses dan penuh khidmat. 

“Deklarasi Padang” Optimisme Persatuan Umat yang Lebih Kuat


PADANG, (GemaMedianet.com) – Pelaksanaan Multaqa Da'i di Kota Padang yang dihelat sejak 17-20 Juli 2017 menghasilkan "Deklarasi Padang". Deklarasi sebanyak enam poin itu diharapkan terwujud persatuan umat. 

Tiga Ranting PPM Kota Padang Terbentuk di Kecamatan, Yudha Putra : Lanjutkan Konsolidasi !


PADANG, (GemaMedianet.com) – Pelantikan tiga ranting Pemuda Panca Marga (PPM) pada tiga kecamatan di Kota Padang yang dijadwalkan berlangsung hari ini, Jum’at (21/7/2017) siang, menandai kiprah salah satu anak organisasi Legiun Veteran RI ini di tengah masyarakat Kota Padang.

20 Juli 2017

DPRD Sumbar Sampaikan Draft Penyempurnaan Ranperda Kepemudaan

PADANG, (GemaMedianet.com) – Setelah mempertimbangkan tanggapan dan koreksi pemerintah, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat kembali menyampaikan draft penyempurnaan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Kepemudaan tersebut pada rapat paripurna DPRD setempat, Kamis (20/7/2017). 

Resmi Ditutup, Multaqa Da'i Ketiga di Padang Paling Istimewa

PADANG, (GemaMedianet.com) – Pelaksanaan pertemuan da'i dan ulama (Multaqa Da'i) ketiga di Kota Padang resmi ditutup, Kamis (20/7/2017). Ratusan da'i dari tiga benua, Eropa, Afrika, dan Asia Tenggara hadir di Padang. 

Semangat dan Keteladanan Bagindo Aziz Chan Patut Dicontoh Generasi Muda


PADANG, (GemaMedinet.com) — Semangat yang dikobarkan oleh Bagindo Aziz Chan kepada kita hari ini adalah rasa kepedulian kepada rakyat dan bangsa serta bagaimana ia merakit dan merajut semangat persatuan dan kesatuan diantara warga masyarakat. 

19 Juli 2017

Solok Selatan “Dijatahi” 24 Orang Guru Garis Depan Siap Bertugas


SOLSEL, (GemaMedianet.com) – Sebanyak 2.806 Guru Garis Depan (GGD) menerima Surat Keputusan (SK) dan Nomor Induk Pegawai Calon Pegawai Negeri Sipil (NIP CPNS) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bersama dengan Badan Kepegawaian Negara (BKN). Penetapan itu terhitung mulai tanggal (TMT) 1 Agustus 2017. 

Seleksi Audisi Uda-Uni Solsel 2017 Masuki Tahapan Karantina


SOLSEL, (GemaMedianet.com) – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Solok Selatan (Disbudpar Solsel) sukses melaksanakan audisi pemilihan Uda-Uni Solsel 2017 pada Senin (17/7/2017). Sebanyak 48 orang peserta mengikuti audisi itu, selanjutnya diseleksi untuk mendapatkan 10 pasang peserta yang akan dikarantina. 

18 Juli 2017

DPRD Bungo Kunjungi DPRD Sumbar, Pelajari Penyertaan Modal Pemerintah di Bank Nagari

PADANG, (GemaMedianet.com) – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat menerima kunjungan studi banding anggota DPRD Kabupaten Bungo Provinsi Jambi, Selasa (18/7/2017). Kunjungan itu terkait pola penyertaan modal pemerintah pada Bank Nagari sebagai Bank Pembangunan Daerah (BPD).

37,5 Ton Benih Jagung Unggul Hibrida Sudah Tersebar di Solsel

SOLSEL, (GemaMedianet.com) – Dinas Pertanian Kabupaten Solok Selatan melalui Bidang Tanaman Pangan telah melakukan pendistribusian Benih Jagung Unggul jenis Hibrida, yang penanamannya nanti terintegrasi antara Jagung dan tanaman Sawit.

Solok Selatan Terima Penghargaan Paramesti dari Kemenkes

SOLSEL, (GemaMedianet.com) – Pemerintah Kabupaten Solok Selatan menerima penghargaan Paramesti dari Kementerian Kesehatan. Apresiasi tersebut diberikan kepada pemerintah daerah yang telah menetapkan Perda, Perbup maupun Perwako/kebijakan lain dalam pengendalian konsumsi hasil tembakau. 

Bahaya dan Ancaman Paham Radikalisme dan Komunisme Disosialisasikan


PESSEL, (GemaMedianet.com) – Sebanyak  115 orang dari berbagai elemen masyarakat  Pesisir Selatan  (Pessel) mengikuti sosialisasi tentang bahaya dan ancaman paham radikalisme dan komunisme yang digelar Pemerintah Daerah (Pemda) Pesisir Selatan di ruang Bappeda Litbang Painan, Senin(17/7/2017). 

Balatkop Sumbar Bekali Pengelola Koperasi Pelatihan Akuntansi dan RAT


PADANG, (GemaMedianet.com) – Balai Latihan Koperasi (Balatkop) Provinsi Sumatera Barat kembali mengadakan sejumlah pelatihan bagi pengelola koperasi. Kali ini lewat Pelatihan Akuntansi dan Pelatihan RAT (Rapat Anggota Tahunan) bagi pengelola koperasi yang akan digelar pada Agustus mendatang.

17 Juli 2017

Wagub Sumbar Sampaikan Tanggapan dan Koreksi Ranperda Kepemudaan

PADANG, (GemaMedianet.com) – Gubernur Sumatera Barat melalui Wakil Gubernur (Wagub) Nasrul Abit menyampaikan apresiasi pemerintah terhadap penggunaan hak usul prakarsa Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dalam melahirkan regulasi di bidang kepemudaan. 

Zonasi Wilayah Pesisir, DPRD Sumbar : Harus Berdampak Peningkatan Ekonomi dan Kesejahteraan

PADANG, (GemaMedianet.com) – Sejumlah fraksi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat meminta kehadiran Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau- Pulau Kecil (RZWP3K) tidak menghilangkan mata pencaharian masyarakat yang telah lama berlangsung.

Multaqa Da’i Internasional Dibuka Hari Ini, 506 Da’i dan Ulama Dunia Hadir


PADANG, (GemaMedianet.com) – Kegiatan Multaqa Da’i Internasional mulai ditabuh di Padang, Senin (17/7/2017) ini. Ratusan ulama dan da’i yang berasal dari Afrika, Eropa, maupun Asia Tenggara hadir di Padang.

Bupati Optimis Nilai AKIP Solsel Naik di Tahun Berikutnya


SOLSEL, (GemaMedianet.com) – Pemerintah Kabupaten Solok Selatan (Pemkab Solsel) terus berupaya melakukan perbaikan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP). Sekaitan itu Pemkab Solsel menggaet Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara (Kemenpan) melaksanakan 'Focus Group Discussion' (FGD) di Padang, Jumat (14/7/2017).

Potensi Ribuan Pohon Aren “Surga Baru” Bagi Petani


SOLSEL, (GemaMedianet.com) – Air Nira yang berasal dari Pohon Aren yang biasanya menjadi bahan untuk pembuatan tuak, ternyata bisa dimanfaatkan untuk produksi Gula Aren yang sekarang banyak diminati oleh pasar, baik dalam maupun luar negeri. Di Solok Selatan (Solsel) sendiri, banyak terdapat potensi ribuan Pohon Aren yang bisa dimanfaatkan untuk itu.

16 Juli 2017

Lima Hari Tim Indonesia Punya Cerita Trans TV, Eksplor “Abis” Solok Selatan


SOLSEL, (GemaMedianet.com) – Program acara Indonesia Punya Cerita Trans TV (IPC TTV) kembali melirik Solok Selatan. Setelah hanya meliput Codanger's waktu kunjungan liputan pertama. Kesempatan kedua ini, tim IPC TTV akan menghabiskan waktu selama lima hari untuk delapan item liputan, yaitu Tubing, Kawasan Saribu Rumah Gadang, Pacu upia, Ball Lunau, Goa Batu Kapal (GBK), Puncak Bangun Rejo, Aia Tajun Kamba dan Aia Malanca. 

Festival Kuliner Tradisional Minangkabau 2017, “Marandang” Terus Dilestarikan


PADANG, (GemaMedianet.com) – Pemerintah Kota Padang melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kembali menggelar lomba memasak Rendang atau ‘Marandang’ dalam Festival Kuliner Tradisional Minangkabau 2017. 

Rahmanindya Siti Khadiva Raih Juara III dan Nilai Tertinggi UAM MDTa se Kecamatan Padang Utara

Rahmanindya Siti Khadiva Bersama Camat Padang Utara, Editiawarman  
PADANG, (GemaMedianet.com) -Keberhasilan Rahmanindya Siti Khadiva meraih Juara 1 dan nilai tertinggi hasil Ujian Akhir Madrasah (UAM) pada Madrasah Diniyyah Takmiliyah (MDTa) Masjid Nurul Ihsan Padang Baru Timur Kelurahan Alai Parak Kopi Kecamatan Padang Utara Kota Padang Tahun Anggaran (TA) 2016 - 2017, menjadikannya sebagai Wakil MDTa untuk bertarung ke tingkat Kecamatan Padang Utara, Minggu depan (16/7/2018).

15 Juli 2017

Gubernur DKI Jakarta terpilih, Anies Baswedan Hadiri Multaqa Dai Ketiga di Padang

PADANG, (GemaMedianet.com) Cukup banyak tokoh penting yang hadir pada pembukaan Multaqa Da’i ke-3 di Padang, Senin (17/7/2017). Salah satunya yakni Gubernur DKI Jakarta terpilih, Anies Baswedan. Tidak itu saja, sejumlah gubernur pun akan ikut hadir dalam acara tersebut. 

14 Juli 2017

Ditreskrimum Polda Sumbar Ringkus “Paman Cabul” Pelaku Aborsi di Nanggalo

PADANG, (GemaMedianet.com) – Sepandai-pandainya menyimpan bangkai, akhirnya tercium juga. Begitulah akhir kisah petualangan “Paman bejad” Indra Gusti (39) panggilan “N” yang tega mencabuli ponakannya sendiri, Putri Handayani (17) panggilan “Puput” selama dua tahun lebih, hingga hamil dan berujung pada praktek aborsi. 

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN

Iklan

POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Pasang Iklan Anda Di Sini

   

iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

Iklan

iklan

Arsip Blog