31 Mei 2017

Solok Selatan Kembali Salurkan Zakat Bagi 414 Mustahik


SOLSEL, (GemaMedianet.com) – Sedikitnya 93 mustahik kembali menerima bantuan zakat untuk bulan Mei sebesar Rp.102.100.000,- dari Badan Amil Zakat Kabupaten Solok Selatan (Baznas Solsel). Sebelumnya, Baznas juga telah menyalurkan zakat bagi 321 orang mustahiq. 

Tinjau Banjir Jundul Padang Selatan, Wagub Minta Telusuri Penyebab Banjir

PADANG, (GemaMedianet.com) -  Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit meninjau lokasi banjir di Jundul Kecamatan Padang Selatan Kota Padang, Kamis (31/5/2017). Hujan deras yang menguyur Kota Padang Rabu malam sejak pukul 22.00 WIB membuat beberapa daerah diterjang banjir, termasuk kawasan Jundul Kecamatan Padang Selatan.

Padang Diterjang Banjir, Ujian SD dan SMP Diundur

PADANG, (GemaMedianet.com) -  Padang dilanda banjir. Ujian akhir Sekolah Dasar (SD) maupun Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang seyogianya digelar Rabu (31/5/2017) ini akhirnya diundur.

30 Mei 2017

Wako Sidak Pasar Pabukoan, Bahan Pewarna Berbahaya Jamak Ditemukan

PADANG, (GemaMedianet.com) -  Pemerintah Kota Padang bersama tim dari Provinsi Sumatera Barat  melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke "pasar pabukoan",  Selasa (30/5/2017). Sidak ini guna memastikan makanan yang dijual aman untuk dikonsumsi menyusul ramainya penjual berbagai jenis makanan selama ramadhan.

Komisi V DPRD Sumbar Desak Gubernur Tunjuk Direktur Defenitif RSAM Bukittinggi


PADANG, (GemaMedianet.com) – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) meminta gubernur segera menunjuk direktur defenitif Rumah Sakit Ahmad Mochtar (RSAM) Kota Bukittinggi, agar pelayanan kesehatan masyarakat dapat berlangsung lebih maksimal.

29 Mei 2017

Perda Ketenagalistrikan dan Pembentukan Perda Disahkan, DPRD Sumbar “Tagih” Keseriusan Pemerintah


PADANG, (GemaMedianet.com) – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat mengesahkan dua Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) menjadi Peraturan Daerah (Perda) dalam rapat paripurna, Senin (29/5/2017). Kedua Ranperda tersebut, yakni perubahan Perda Nomor 2 Tahun 2013 tentang Ketenagalistrikan, dan Perda tentang Program Pembentukan Perda.

Abdul Rahman Meletakkan Batu Pertama MTsS Syeikh Sampu

SOLSEL, (GemaMedianet.com) -- Wakil Bupati Solok Selatan (Solsel) H. Abdul Rahman meletakkan batu pertama pembangunan MTsS Syeikh Sampu di Jorong Manggiu Nagari Lubuk Gadang Timur,  Rabu (24/5/2017).
Wabup berharap dengan peletakan batu pertama pembangunan MTsS Syeikh Sampu ini bisa menjadi spirit baru bagi guru dan murid untuk meraih prestasi yang terbaik.

“Syeikh Sampu adalah ulama besar di Solsel,  dahulu orang dari jauh belajar agama kesini,  dengan kondisi jalan tidak sebagus sekarang. Tentunya kita sebagai generasi penerus Syeikh Sampu disini,  harus mambangkik batang tarandam,  dari sekolah ini kita harapkan nantinya akan lahir ulama besar seperti beliau,” ungkapnya.

Wabup menegaskan Pemerintah Daerah akan lebih memberikan dukungan untuk kelanjutan pembangunan madrasah ini,  apalagi sekolah madrasah merupakan salah satu pendukung terwujudnya Visi dan Misi Kabupaten Solok Selatan yaitu Sejahtera dan Religius. Salah satu wujud dukungan Pemerintah Daerah, pada APBD tahun 2018 akan dianggarkan dana untuk pembangunan jalan menuju madrasah sebesar Rp.200 juta. “Apabila memungkinkan, kita usaha pada anggaran perubahan tahun 2017 ini,”katanya.

Kepala Kakanwil Kementerian Agama Propinsi Sumatera Barat yang diwakili oleh Kasi Kurikulum Hendri Panidias, mengatakan bantuan Ruang Kelas Baru dari Kementerian Agama bersifat sewa kelola,  jadi masyarakat sekitar dapat mengelola langsung tanpa ada tender untuk pengerjaannya. Ia berharap dengan sifat sewa kelola ini,  masyarakat dapat memanfaatkan dengan baik pembangunan RKB ini.“Bukan tidak mungkin,  dengan sifat sewa kelola ini,  dari 4 ruang kelas baru yang direncanakan,  maka bisa melebihi dari itu,  tentunya dengan dukungan dan bantuan masyarakat disini,” ungkapnya. (Okt)

Pasar Raya Padang Kembali Ditata

PADANG, (GemaMedianet.com) -LagiPasar Raya Padang Kembali ditata. Kali ini Pemerintah Kota Padang lewat penertiban pedagang di kawasan jalan Pasar Raya, Senin (29/5/2017) pagi. Kawasan itu nampak tak "berkendai-kendai" lagi. 

Lagi, Padang Raih Opini WTP Dari BPK-RI

PADANG,  (GemaMedianet.com) - Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK-RI atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2016, Kota Padang kembali meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). “Ini merupakan Opini WTP ke-4 yang diraih Kota Padang, dan Opini WTP yang diterima tiga kali berturut-turut,” ujar Mahyeldi, setelah menerima LHP di Kantor BPK-RI Perwakilan Provinsi Sumatera Barat di Jalan Khatib Sulaiman Kota Padang, Jumat (26/5/2017).

28 Mei 2017

Menteri ESDM Lantik Ketua dan Anggota Komite BPH Migas, Dua Tugas Besar Menanti


JAKARTA, (GemaMedinet.com) —  Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Ignasius Jonan melantik secara resmi Ketua dan Anggota Komite Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) di Ruang Sarulla Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Jum’at (26/5/2017).

Parkir “Rusak Estetika”, Wako Semprot Transmart

PADANG, (GemaMedianet.com) – Transmart Carrefour yang resmi beroperasi di Jalan Khatib Sulaiman Kota Padang, Jumat (19/5/2017) lalu, telah menimbulkan kemacetan dan kesembrawutan parkir kendaraan, yang terkesan “basalemak peak”. Sehingga, merusak estetika kota dan mengganggu hak pengguna jalan lainnya.

25 Mei 2017

DPRD Sumbar Nilai Pemprov Belum Optimal Genjot PAD

PADANG, (GemaMedianet.com) - Selain penyesuaian perangkat daerah yang menjadi penanggung jawab pelaksanaan program dan kegiatan dalam RPJMD, tujuan Pemerintah Provisi Sumatera Barat mengusulkan perubahan kebijakan umum dan program RPJMD 2016 - 2021 adalah guna mengkomodir rekomendasi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI terkait pengelolaan aset daerah serta merasionalisasi kembali program dan kegiatan dalam RPJMD sebelumnya.

HWB Sapan Maluluang Siap Sambut Tradisi 'Balimau' Masyarakat Solsel

SOLSEL, (GemaMedianet.com) --  Hot Water Boom (HWB) Sapan Maluluang siap menyambut kunjungan masyarakat Solok Selatan (Solsel) dalam ritual tradisi 'Balimau' jelang ramadan 1438 Hijriyah. Hal ini disampaikan Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Solsel, Deni Yuliandra, Kamis (25/5/2017).

Kutuk Teror Bom Kampung Melayu, Ketua DPR : Jangan Kaitkan Dengan Agama

JAKARTA, (GemaMedianet.com) - Ketua Umum Partai Golkar, Setya Novanto mengutuk keras aksi bom bunuh diri yang terjadi di Kampung Melayu semalam, Rabu (24/5/2017). Politisi Partai Golkar ini menyebut peristiwa itu sebagai aksi biadab. 

DPRD Minta Pemerintah Sikapi Keamanan dan Kenyamanan Jalur Mudik dan Libur Lebaran 2017

PADANG, (GemaMedianet.com) - Untuk mendapatkan kepastian keamanan dan kenyamanan jalur mudik dan libur lebaran 2017, DPRD Provinsi Sumatera Barat melalui Komisi IV menggelar rapat kerja (raker) dengan instansi terkait. Diantaranya dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (Dinas PUPR), Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN), Dinas Perhubungan (Dishub), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Dinas Energi Sumber Daya Mineral (Dinas ESDM).

24 Mei 2017

Pesantren Ramadhan 1438 H Dilaunching, Padang Wujudkan Generasi Berkualitas Berbasis Iman dan Taqwa



PADANG, (GemaMedianet.com) — Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah melaunching kegiatan Pesantren Ramadahan 1438 H di lapangan Imam Bonjol Padang, Rabu (24/5/2017). Kegiatan yang diikuti lebih 110 ribu pelajar SD dan SMP ini jadualkan berlangsung di 1.457 masjid yang tersebar di Kota Padang mulai 5 hingga 20 Juni 2017.

Nilai Swadaya Padang Utara Capai Rp.4 Miliar

PADANG, (GemaMedianet.com) – Masyarakat Kecamatan Padang Utara berhasil mewujudkan pembangunan sejumlah fasilitas lingkungan. Nilai swadaya di kecamatan tersebut mencapai Rp. 4 milyar melalui kegiatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) yang ditutup Selasa (23/5/2017).

23 Mei 2017

Bimtek Agen Perubahan Reformasi, Wawako : Perubahan Dimulai Dari Diri

PADANG, (GemaMedianet.com) – Sebanyak 52 Aparatur Sipil Negara (ASN) mengikuti Bimbingan Teknis (bimtek) Agen Perubahan Reformasi Birokrasi di lingkungan Pemerintah Kota Padang. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari dari 22 s/d 23 Mei 2017 di Kyriad Hotel Bumi Minang.

Penerapan Perda Rumah Kos, DPRD Semarang Belajar ke Kota Padang

PADANG, (GemaMedianet.com) – Pemerintah Kota Padang dipilih sebagai acuan oleh Pansus Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang Pengelolaan Rumah Kos DPRD Kota Semarang, Jawa Tengah.

22 Mei 2017

DPRD Sumbar Segera Tindaklanjuti Rekomendasi LHP BPK RI Terhadap LKPD 2016


PADANG, (GemaMedianet.com) – Sepanjang pemeriksaan terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Provinsi Sumatera Barat sejak 2010 hingga 2015, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK RI) memberikan opini tertinggi, yaitu Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), dan tahun ini opini yang sama untuk tahun anggaran 2016 kembali diterima Pemerintah Provinsi Sumatera Barat. 

Tim Pemantau Pangan Solsel Akan Pastikan Konsumsi Berbuka Puasa Layak

SOLSEL,(GemaMedianet.com) -- Tim pemantau pangan Solok Selatan (Solsel) direncanakan akan  memantau lokasi pasar. Hal ini untuk menjamin penganan berbuka puasa layak dikonsumsi masyarakat dan memantau lonjakan harga.  "Insyaallah, tim yang dibentuk ini akan turun pada Senin (5/6) atau 10 hari puasa Ramadan. Tim akan memantau harga kebutuhan pokok serta mengecek barang kedaluwarsa dan penganan berbuka puasa yang dijual ke masyarakat," kata Kepala Bagian Perekonomian dan Sumber Daya Alam, Akhiarli, Jumat (19/5/2017).

Ia menybutkan, tim melibatkan pihak Bulog, Bank Indonesia, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait seperti Dinas Pertanian, Perikanan, Dinas Perdagangan, Koperasi UKM dan Dinas Kesehatan. "Dengan melibatkan berbagai sektor maka tindakan juga bisa cepat dilakukan bila ditemukan ketidaksesuaian," katanya.

Sebagai contoh bila terjadi lonjakan harga beras maka bisa ditangani dengan cepat oleh Bulog.Begitu juga dengan penganan berbuka atau makanan yang mengandung zat berbahaya bisa diambil tindakan oleh Dinas Kesehatan.
Ia mengatakan,  pasar yang akan dipantau ada sembilan yaitu Sungai Kalu, Pakan Rabaa, Muaralabuh dan Pakan Selasa.Selanjutnya Pasar Liki, Padang Aro, Lubuak Malako dan Sungai Sungkai dan Abai. Menurutnya, pengecekan juga untuk menjamin kestabilan harga kebutuhan pokok memasuki lebaran.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Novirman mengatakan, pihaknya sudah mempersiapkan petugas untuk melakukan pemantauan ke pasar. "Tim akan mengecek bahan berbahaya dalam makanan," katanya. (Okt)

Pahami Sejarah, Munculkan Rasa Berkontribusi Bagi Negeri


*) Direktur Sejarah : Generasi Muda Harus Lebih Hebat Dari Para Pendahulu  
JAKARTA, (GemaMedianet.com) – Perjalanan sejarah di masa silam tak hanya meninggalkan catatan. Melainkan menjadi obyek menarik dan mengasyikan bagi para pelajar dan generasi muda untuk menguatkan nilai–nilai kebangsaan dan sejarah.  

Sumbar Raih WTP Kelima, Ini Pesan-pesan BPK RI

PADANG, (GemaMedianet.com) –  Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Provinsi Sumatera Barat Tahun Anggaran 2016 mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI . 

Wabup Solsel: Perlu Totalitas Kembangkan Objek Wisata

SOLSEL,(GemaMedianet.com) --  Wakil Bupati Solok Selatan (Solsel) Abdul Rahman mengatakan dalam pengembangan pariwisata diperlukan totalitas. Artinya, dalam membangun wista tidak bisa setengah-setengah. "Totalitas mulai dari perencanaan, pengawasan dan pelaksanaan,"kata Abdul Rahman.

Ia menginginkan pembenahan pembangunan sarana dan prasarana objekwisata Hot Water Boom (HWB) Sapan Maluluang dan kawasan Saribu Rumah Gadang (SRG). Menurutnya untuk menarik wisatawan datang ke HWB perlu penataan lebih lanjut. 

Penataan, imbuhnya harus dilakukan totalitas. "Mulai dari pintu gerbang masuk HWB yang tidak memiliki nilai seni dan kolam-kolam pemandian yang ada di sana perlu di tata kembali,”ujarnya beberapa waktu lalu.
Begitupun objekwisata kawasan SRG, mengingat kawasan ini telah mendunia, imbuhnya perlu penguatan sarana dan prasarana. Saat ini kawasan tersebut hanya sekedar tempat home stay tapi kegiatan penunjang lainya tidak ada. "Kalau tidak ada kegiatan penunjang lainya di komplek tersebut maka wisatawan akan cepat bosan,"katanya.
Ia menginginkan, penataan dan pembangunan sarana dan prasarana pendukung di SRG seperti arena pertunjukan kesenian tradisional untuk menjamu para wisatawan dan aneka permainan tradisional. "Dengan adanya arena permainan tradisional dan pentas kesenian tersebut akan memberikan hiburan lebih kepada para pengunjung,"ungkapnya.

Pemkab Solsel di 2017, kata Abdul Rahman, akan membangun kembali gerbang masuk ke kawasan tersebut. Selain itu, juga akan dilengkapi ornamen khas Solsel dibeberapa pintu gerbang masuk, serta membuat taman yang membuat pengunjung bisa langsung merasakan memasuki kawasan perkampungan tradisional."Dalam menata ini, kami menggandeng konsultan," ujarnya.(Okt)

21 Mei 2017

Padang Sinergikan Pasar Tradisional dengan Pasar Modern

PADANG, (GemaMedianet.com) –  Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) perlu dibina dengan baik. Salah satunya dengan mensinergikan antara pasar tradisional dengan pasar modern.   

Pembangunan Rumah Sakit Mata "Eye Center" Dimulai


PADANG, (GemaMedianet.com) – Untuk lebih memudahkan pelayanan kesehatan masyarakat terutama mata,  Rumah Sakit Mata Eye Center akan segera hadir di Jalan Khatib Sulaiman Padang. Walikota Padang H. Mahyeldi berkesempatan melakukan peletakan batu pertama pembangunan rumah sakit Mata Eye Center, Minggu (21/5/2017). 

Workshop Perekaman, Direktur Sejarah : Sebuah Film Mampu Gambarkan Kebhinekaan Bangsa

MAKASSAR (GemaMedianet.com) – Memaknai arti penting kebhinnekaan bangsa. Salah satunya dilakukan dengan memahami keberagaman dari berbagai daerah di Indonesia, sehingga tak hanya ketahui melalui buku-buku, tetapi juga bisa melalui film.

20 Mei 2017

Sumut Jadi Ikon Pameran Inacraft 2018

MEDAN, (GemaMedianet.com) – Provinsi Sumatera Utara (Sumut) terpilih menjadi ikon Inacraft ke-20 tahun 2018. Even pameran yang selalu dinantikan oleh pelaku industri kreatif sektor kerajinan ini diharapkan dapat mempromosikan dan mendongkrak nilai jual produk kerajinan asal Sumut serta mengenalkan seni dan budaya daerah Sumut.

Ditreskrimsus Polda Sumbar Ringkus Pelaku Tindak Pidana Migas

PADANG, (GemaMedianet.com) – Konsisten dalam penegakan hukum, Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Barat melalui jajaran Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) berhasil meringkus oknum pelaku tindak pidana minyak dan gas (migas) yang beroperasi di kawasan Pampangan Kecamatan Lubuk Begalung Kota Padang. 

19 Mei 2017

Pemkab Solsel Anggarkan Rp22 Miliar Untuk Program Tata Bangunan

SOLSEL, (GemaMedianet.com) -- Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang dan Pertanahan Solok Selatan (Solsel) alokasikan anggaran Rp22 miliar untuk program tata bangunan dan jasa konstruksi pada 2017. Hal ini dikatakan Kepala Bidang Tata Bangunan dan Jasa Konstruksi, Yance Bastian, Rabu (17/5/2017).
Ia mengatakan dari alokasi Rp22 miliar itu mencakup tiga program pokok. Yakni, program peningkatan sarana gedung kantor. Program pengembangan kawasan strategis dan cepat tumbuh dan program peningkatan keagamaan. Dalam program itu, termasuk kegiatan pembangunan masjid Agung. Dimana, dialokasikan sekitar Rp5 miliar untuk 2017. "Saat ini masih dalam proses tender perencanaan teknis. Insyaallah akhir Mei ini sudah bisa diumumkan pemenang tendernya,"katanya.

Ia menambahkan, setelah pelaksanaan perencanaan teknis selesai yang dianggarkan Rp1 miliar. Kemudian, bisa didapatkan spesifikasi konstruksi, bahan dan materil bangunan Masjid Agung Solsel secara detail, termasuk jumlah anggaran keseluruhan. "Sesuai kesepakatan eksekutif dan legislatif pembangunan masjid agung diselesaikan dalam tiga tahun, 2017, 2018 dan 2019 dengan kisaran Rp55 miliar,"ungkapnya.
Dalam tahun jamak itu, imbuhnya masing-masing pada 2017 dengan alokasi Rp 5miliar, 2018 dengan alokasi Rp30 miliar dan 2019 sebesar Rp20 miliar. "Desain sudah ada sekarang kita tunggu lagi perencanaan teknis yang diperkirakan memakan waktu sampai lima bulan setelah pemenang tender diumumkan. Alokasi perencanaan Rp 1 miliar diluar alokasi bangunan yang Rp5 miliar,"lanjutnya. (Okt)

PT MGSB Holdings Ltd Kembali Kucurkan Dana CSR 100 Juta Untuk Pariwisata


PADANG, (GemaMedianet.com) – Pengembangan pariwisata Kota Padang kembali mendapatkan kucuran dana CSR dari PT MGSB Holdings Ltd, sebesar 100 juta rupiah. Sebelumnya, pada bulan lalu, perusahaan tersebut juga menyerahkan dana CSR dengan jumlah yang sama untuk sarana pariwisata pantai Padang. 

Tenaga Kesehatan dan FKTP Padang Dinilai Tim Provinsi


PADANG, (GemaMedianet.com) – Tenaga kesehatan dan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) berprestasi milik Kota Padang dinilai tim penilai dari Provinsi Sumatera Barat. Jika terpilih, tenaga kesehatan dan FKTP Kota Padang melenggang ke tingkat nasional. 

'Sister City' Ba Ria Vung Tau dan Padang Sepakati Pojok Promosi


VIETNAM, (GemaMedianet.com) – Sister City antara Kota Padang dengan Provinsi Ba Ria Vung Tau, Vietnam, semakin terjalin erat. Dalam kunjungan ke Ba Ria Vung Tau, Rabu (17/5/2017), Walikota Padang dan pemerintah setempat saling sepakat di berbagai bidang. Salah satu kesepakatan yang terjalin antara Padang dengan Ba Ria Vung Tau yakni keberadaan pojok promosi daerah. Padang mendapatkan pojok promosi di Ba Ria Vung Tau, demikian juga sebaliknya. 

18 Mei 2017

Objek Wisata Goa Batu Kapal di Sangir Balai Janggo Sedot Pengunjung

SOLSEL, (GemaMedianet.com) – Kendati baru dibuka secara umum, destinasi wisata Goa Batu Kapal di Sangir Balai Janggo ini mampu menyedot kunjungan pengunjung. Kondisi itu mendapatkan apresiasi dari Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK), Gabungan Organisasi Wanita (GOW) dan Dharmawanita Persatuan Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat. 

Muzni Zakaria: Kondisi Jalan Nasional di Solsel Mengkhawatirkan

SOLSEL, (GemaMedianet.com) --Bupati Solok Selatan (Solsel) berharap kerusakan jalan nasional dari kabupaten Solok hingga perbatasan Kerinci, Provinsi Jambi segera diperbaiki. "Kondisi kerusakan jalan nasional itu sudah sangat mengkhawatirkan di sepanjang jalur itu," kata Muzni Zakaria pada awak media, Rabu (17/5/2017)

Polda Sumbar Kembali Ungkap 72 Kasus Narkoba dan Ringkus 98 Tersangka


PADANG, (GemaMedianet.com) – Direktorat Reserse Narkoba Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Barat melalui kembali berhasil mengungkap kasus peredaran narkoba di sejumlah wilayah di kabupaten/kota Sumatera Barat. Sejak 9 April hingga 15 Mei 2017, terungkap  72 kasus dengan jumlah tersangka 98 orang.

Antisipasi Radikalisme, Tingkatkan Pengawasan dan Tamu Wajib Lapor


PADANG, (GemaMedianet.com) – Indikasi munculnya bibit paham radikal di tengah masyarakat disiyalir berawal dari kurangnya pengawasan di tingkat RT dan RW terhadap warga pendatang. Ini perlu diantisipasi, agar isu radikalisme tidak berkembang menjadi momok. 

17 Mei 2017

Direktur Sejarah : Lasenas 2017 Jadi Perekat Integrasi Bangsa

BENGKULU, (GemaMedianet.com) – Diperlukan upaya yang bisa menjadikan sebagai pengingat, perekat dan penyemangat nilai-nilai sejarah bangsa. Salah satunya dilakukan melalui rangkaian kegiatan Lawatan Sejarah Nasional (Lasenas).

“Saya kira sejarah memiliki peran strategis sebagai pengingat, perekat dan penyemangat nilai-nilai sejarah bangsa,” ujar Direktur Sejarah, Ditjen Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Triana Wulandari di sela rangkaian Lasenas di Bengkulu, Selasa (16/5/2017).

Lasenas, kata Triana, tidak sekedar mengunjungi obyek sejarah. Melainkan menjadikan generasi bangsa, khususnya pelajar SMA/SMK/MA sederajat untuk memiliki rasa hayat sejarah dan memunculkan cinta pada tanah airnya. “Dengan memiliki cinta tanah air, maka mereka akan banyak berbuat dan kontribusi untuk bangsa dengan berbagai potensi yang dimilikinya, seperti tokoh-tokoh pahlawan yang telah berjuang untuk bangsa,” katanya. 

Selain itu, Lasenas juga bisa memotivasi dan menjadi spirit baru. Sekaligus menginspirasi masa depan generasi bangsa melalui berbagai contoh keteladanan yang telah dilakukan oleh para pejuang yang dipelajarinya. “Melalui Lasenas, bisa termotivasi, memiliki spirit baru yang menginspirasi masa depan mereka melalui berbagai contoh keteladanan dari para pejuang yang dipelajarinya,” ucapnya.

Peserta Lasenas datang dari seluruh Indonesia yang berbeda suku, bahasa daerah, serta budayanya, sehingga menjadikan sebagai jembatan integrasi bangsa untuk bersatu merajut kebhinnekaan dalam ke-Indonesiaan. “Keberagaman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara menjadi sesuatu keniscayaan. Sebab, perbedaan bukan untuk dipertentangkan melainkan perekat dan kekayaan untuk menyatu melalui kegiatan Lasenas,” tandasnya.

Setiap peserta harus terlatih menulis menggunakan literasi nasinal berbasis sejarah. Hal tersebut menjadi bagian dari persyaratan dalam menulis makalah tentang sejarah Bengkulu dari masing-masing perspektif. “Dari hasil karya tulis berupa makalah yang dipresentasikan tersebut, akan memunculkan pemahaman dan nilai-nilai tentang sejarah bangsa,” katanya.

Lasenas digelar di Provinsi Bengkulu mulai 14 - 18 Mei 2017 diikuti 200 peserta, terdiri dari siswa dan siswi terpilih SMA/SMK/MA sederajat dari 34 provinsi, guru pendamping, wartawan nasional dan lokal, serta komunitas kesejarahan. Dibuka secara resmi oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, didampingi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Sebelumnya diserahkan bantuan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, berupa Kartu Indonesia Pintar (KIP), Kartu Indonesia Sehat (KIS), serta Program Keluarga Harapan (PKH). (*)

DPRD Solsel Inginkan Masyarakat Ikut Mengawal Pengerjaan Jalan Kabupaten

SOLSEL, (GemaMedianet.com) -- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Solok Selatan (Solsel) mengajak segenap elemen masyarakat untuk mengawal pelaksanaan peningkatan akses jalan kabupaten, Lubuk Malako-Sungai Sungkai yang akan dilakukan pengerjaan pada 2017 ini. "Kita mengajak masyarakat ikut mengawal pelaksanaan pengerjaan jalan tersebut hingga tuntas. Pengawasan mulai dari tahap lelang hingga finishing," kata Wakil Ketua DPRD Solsel, Ali Sabri Abbas baru-baru ini.

20 Pokdarwis Solsel Dapat Pembekalan Pengembangan SDM

SOLSEL, (GemaMedianet.com) -- Masyarakat Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Solok Selatan (Solsel) dapat pembekalan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dan profesionalisme bidang pariwisata. Kegiatan ini sebagai upaya optimalisasi peran serta Pokdarwis dalam mewujudkan destinasi pariwisata berkualitas.

Gas Elpiji 3Kg Langka di Sibolga, Wako Prihatin


SIBOLGA, (GemaMedianet.com) –Kelangkaan gas elpiji 3kg kembali terjadi di Kota Sibolga. Walhasil, kondisi itu membuat masyarakat sekitar menjerit. Informasi yang diterima, salah satu penyebab kelangkaan itu akibat penjualan yang tidak terkontrol. 

Raih Karim Award 2017 Kategori "The Most Effective Financing", Bank Nagari Semakin Diperhitungkan di Indonesia


JAKARTA, (GemaMedianet.com) – PT Bank Pembangunan Daerah (BPD) Sumatera Barat atau yang lebih dikenal dengan nama Bank Nagari semakin diperhitungkan di kalangan perbankan syariah di Indonesia.

16 Mei 2017

Terbaik dan Berprestasi, Kelurahan Purus Dinilai Tim Provinsi

PADANG, (GemaMedianet.com) - Menorehkan sejumlah prestasi dan terbaik di Kota Padang, Kelurahan Purus, Kecamatan Padang Barat melenggang ke penilaian tingkat Provinsi Sumatera Barat, Selasa (16/5/2017).

Ny.Hj.Suriati Muzni Apresiasi Nagari Lubuk Gadang Selatan

SOLSEL, (GemaMedianet.com) -- Pemerintahan nagari Lubuk Gadang Selatan (LGS), Kecamatan Sangir mendapatkan apreasiasi dari Ketua TP-PKK Kabupaten Solok Selatan (Solsel) Ny.Suriati Muzni Zakaria. Apresiasi tersebut disampaikan dalam acara puncak peringatan HKG PKK yang ke-45. Bertempat di Aula Sarantau Sasurambi kantor bupati setempat, Senin (15/5/2017).

"Saya sebagai ketua mengucapkan terimakasih kepada Pak Walinagari Lubuak gadang selatan yang telah membesarkan nama Solsel di tingkat Provinsi,"ucap Ny.Suriati Muzni Zakaria yang disampaikannya setelah membaca sambutan ketua umum PKK pusat.

Prestasi didapatkan Pemerintahan nagari LGS tersebut adalah penyelenggaraan Kegiatan Kesatuan Gerak (KKG- PKK) terbaik dua tingkat Provinsi Sumatera Barat dan pemenang nomor tiga lomba lingkungan bersih tingkat Provinsi Sumbar. Kedua prestasi tersebut diraih pada 2016. 

Pada puncak peringatan HKG PKK tersebut Ny. Suriati juga menyampaikan ucapan selamat ulang tahun kelahiran ke-43 kepada ketua DPRD Solsel Sidik Ilyas, dan ucapan kelahiran yang ke-44 kepada Kapolres Solsel AKBP Mochamad Nurdin. "Ucapan ini kami sampaikan karena berdekatan sekali dengan ulang HKG PKK yang ke-45,"ucap Ny.Suriati Muzni Zakaria.

Sementara, Walinagari LGS, Ari Hendratno mengatakan capaian tersebut berkat kerjasama dan solidaritas masyarakat dan tim penggerak PKK serta kader. "Hal ini merupakan capaian masyarakat LGS bersama,"tutupnya.(okt)

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN

Iklan

POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Pasang Iklan Anda Di Sini

   

iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

Iklan

iklan

Arsip Blog