30 April 2017

MenPAN-RB Minta Padang Konsisten Terapkan Manajemen ASN Sistim Merit


PADANG, (GemaMedianet.com) – Saat ini cukup banyak Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bekerja sesuai dengan tugas dan kewajiban saja. Tidak berinovasi. Karena itu, Menteri PAN-RB Asman Abnur menginginkan setiap ASN bekerja profesional dan menjadi tulang punggung daerah. 

'Pangek Pisang' Makanan Bawaan 'Induak Bako' Ketika Melihat Bayi

SOLSEL, (GemaMedianet.com) -- Pangek pisang salah satu makanan khas Solok Selatan (Solsel) yang menjadi menu bawaan oleh 'Induak Bako' (pihak keluarga ayah, red) ketika melihat kelahiran bayi dari pasangan suami- istri sah.

29 April 2017

Menteri PANRB Targetkan Padang Raih Nilai A


PADANG, (GemaMedianet.com) – Hasil evaluasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) tahun 2016 yang dilakukan Kementerian PANRB, Pemerintah Kota Padang berpredikat B. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Asman Abnur, optimis tahun 2017 ini bisa meraih nilai A.

Bermalam di Kawasan Saribu Rumah Gadang, 'Oma-oma' ini Terkesan


SOLSEL,(GemaMedianet.com) -- Bermalam di kawasan Saribu Rumah Gadang (SRG), Nagari Koto Baru, Solok Selatan (Solsel) begitu meninggalkan kesan bagi Oma-oma yang berprofesi sebagai Bidan atau pun pensiunan. Dibilang Oma-oma karena mereka rata- rata berusia antara 45-70 tahun, mereka merupakan alumni Kebidanan Bukittinggi angkatan 1969. Kedatangan mereka pada Jumat malam (28/4/2017) dan menginap di salah satu rumah gadang yang dijadikan homestay di kawasan SRG itu.


Seorang diantara mereka, Mardiana Kisam mengatakan, suasana bermalam di SRG jarang ditemukan pada era saat ini, pasalnya dikarenakan perkembangan zaman. "Suasana Minangkabau tempo dulu sangat kental terasa di SRG, seakan mengenang kembali masa kecil kami dulu. Suasana kampungnya dapat deh," katanya.

Setelah puas bermalam di SRG, kata Mardiana, pada pagi harinya kami melanjutkan perjalanan ke Hot Water Boom (HWB) Sapan Maluluang untuk mandi pagi sambil berendam air panas. "Wah, di sini suasananya sangat asri, dan air panasnya masih alami. Sambil berendam di kolam air panas, kita disuguhi pemandangan alam berupa perbukitan," lanjutnya.

Kemudian Mardiana menambahkan, perjalanan dilanjutkan ke kawasan perkebunan teh Liki di Sungai Lambai, Lubuk Gadang Selatan atau berjarak sekitar 20 kilometer dari HWB. Menikmati hamparan hijau yang terbentang luas di kaki Gunung Kerinci. "Kami sebetulnya masih ingin berkunjung ke Air Terjun Kembar Bangun Rejo, namun dikarenakan waktu sudah sore sehingga kami harus melanjutkan perjalanan menuju Solok. Semoga saja kunjungan berikutnya kami masih berkesempatan ke sini (Solsel.red)," tambahnya.

Kedatangan alumni Kebidanan Bukittinggi 1969 ini ikut didampingi oleh tim Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar) Solsel sebagai pemandu. "Oma-oma ada yang berasal dari Jakarta, Bukittinggi dan Batam. Mereka reuni untuk keliling Sumbar,  mulai dari Padang,  Solsel,  Solok,  Bukittinggi, Maninjau dan kembali ke tempat masing-masing," kata Pegawai Disbudpar Solsel yang ikut mendampingi, Dewi. (Okt)

28 April 2017

Ini Delapan Rekomendasi DPRD Padang Terhadap LKPj Walikota 2016


PADANG, (GemaMedianet.com) – Sebanyak delapan butir rekomendasi DPRD Kota Padang terkait Laporan Pertanggungjawaban Walikota Padang Tahun 2016 disampaikan pada rapat paripurna, Jumat (28/4/2017). 

Putra Terbaik Tanah Datar M.Fikhi Dilepas ke Peristirahatan Terakhir



TANAH DATAR, (GemaMedianet.com) – Cuaca mendung menyelimuti hari seakan turut berduka atas kehilangan salah seorang putra terbaik Tanah Datar. Betapa tidak, Muhammad Fikhi meninggal dalam usia muda yakni 22 tahun saat usai bertugas memadamkan kobaran api yang melahap rumah penduduk Malalo, Selasa (25/4/2017) malam.

Plt. Sekda Padang Panjang Indra Gusnady Kawal Tiga Proyek Besar


PADANG, (GemaMedianet.com) – Tahun ini Kota Padang Panjang yang dipimpin H. Hendri Arnis, BSBA makin giat melakukan pembangunan. Baik pembangunan fisik maupun pembangunan mental spritual. 

Nelayan Kota Padang dan Pasaman Barat Terima Paket BBG 2017


PADANG, (GemaMedianet.com) – Sebanyak 24.000 paket perdana konversi BBM ke BBG tahun ini akan didistribusikan kepada nelayan kecil kepada 14 Kabupaten/Kota di 10 propinsi. Kota Padang dan Kabupaten Pasaman Barat merupakan dua daerah di Provinsi Sumatera Barat yang penerima paket perdana konversi tersebut. 

27 April 2017

Pemilik Cafe dan Hiburan Malam Ogah Penuhi Undangan Sosialisasi Pekat


SOLSEL, (GemaMedianet.com) – Upaya Pemerintah Kabupaten Solok Selatan (Solsel) mensosialisasikan Peraturan daerah (Perda) Nomor 21 Tahun 2007 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Maksiat sepertinya dianggap angin lalu oleh sejumlah pengusaha cafe dan hiburan malam di Negeri Seribu Rumah Gadang ini. 

156 Pelajar se-Solsel Lulus SNMPTN, Terbanyak dari SMAN 3 Solsel

SOLSEL, (Gema Medianet .com) -- Dari 156 pelajar tingkat SMA se- Solok Selatan (Solsel) yang lulus Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) melalui jalur prestasi atau mahasiswa undangan, jumlah terbanyak pelajar yang diterima berasal dari SMAN 3 Solsel. Hal ini disampaikan ketua Majelis Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMA/SMK, Syamsuria melalui sambungan seluler, Kamis (27/4/2017).

"SMA se-Solsel berjumlah sebelas sekolah, namun yang ikut jalur prestasi hanya sembilan sekolah yakni SMAN 1 sampai SMAN 9 untuk SMAN 10 dan SMAN 11 belum memiliki pelajar kelas XII,"katanya.

Kemudian, lanjut Syamsuria dari sembilan sekolah yang ikut seleksi hanya tujuh sekolah yang berhasil mengikuti seleksi yakni SMAN 1 sampai SMAN 7. Sedangkan, pelajar SMAN 8 dan SMAN 9 belum berhasil menembus seleksi SNMPTN jalur prestasi 2017 ini.

Adapun rincian jumlah tiap sekolah yang lulus SNMPTN 2017 di Solsel adalah, SMAN 3 sebanyak 63 orang pelajar, SMAN 1 sebanyak 31 orang, SMAN 2 sebanyak 2 orang, SMAN 4 sebanyak 10 orang, SMAN 6 sebanyak 4 orang, SMAN 7 sebanyak 9 orang dan SMAN 5 sebanyak 37 orang. "Sehingga jumlah keseluruhan 156 orang, dan jumlah terbanyak berasal dari SMAN 3,"katanya.

Untuk sekolah yang akreditasi A jumlah yang ikut seleksi adalah 50 persen dari jumlah siswa kelas XII dan untuk akreditasi B sekitar 20 persen dan sekolah akreditasi C sekitar 15 persen dari jumlah pelajar akhir. "Di Solsel ada 4 SMA yang akreditasi A dan termasuk SMAN 3.  Kita ada 251 orang pelajar akhir (kelas XII) yang bisa ikut seleksi cuman 108 dan Alhamdulillah lulus 63 orang,"lanjutnya.

Ia menambahkan, jumlah tersebut merupakan hasil final seleksi jalur prestasi disejumlah Perguruan Tinggi Negeri di Indonesia. "Untuk Solsel sudah kami kirimkan datanya ke Provinsi Sumbar untuk dilakukan rekapitulasi,"tutupnya.(Okt)





KPK Minta Kepala Daerah Komit Wujudkan Pemerintahan Bersih

BUKITTINGGI, (GemaMedianet.com) - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Republik Indonesia meminta seluruh kepala daerah berkomitmen dalam pencegahan dan penindakan korupsi. Termasuk unsur legislatif dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) agar melakukan aksi untuk mewujudkan pemerintahan yang bersih.

Padang Raih Nominasi Anugerah Pangripta Nasional 2017

PADANG, (GemaMedianet.com) - Kota Padang, Sumatera Barat berhasil meraih nominasi Anugerah Pangripta Nusantara 2017 dari Kementerian Perencanaan Pembangunan (PPN/Bappenas). Penghargaan ini diberikan secara langsung oleh Menteri PPN/Bappenas Bambang Brodjonegoro kepada Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah Dt Marajo di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Rabu (26/4/2017).

Trans7 Kembali Liput Wisata Solsel, Ini Lokasinya

SOLSEL, (GemaMedianet.com) -- Trans7 kembali melakukan liputan di Solok Selatan (Solsel) mengenai tema wisata adat budaya, religi, kerajinan tangan serta wisata kuliner khas daerah itu pada Kamis, (27/4/2017). Peliputan dihadiri, Wakil Bupati Solsel, H. Abdul Rahman beserta jajaran Dinas Budaya dan Pariwisata Solsel.

Lokasi yang dipilih tim liputan Trans7 tersebut diantaranya. Pertama, Masjid Kurang Aso 60 yang merupakan situs religi dan sejarah di nagari Pasir Talang, Sungai Pagu. Kedua, menikmati kuliner Pangek Pisang khas Solsel yang meraih rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) di Istano Tuanku Daulat Alam Surambi Sungai Pagu yang terletak berdekatan dengan Masjid Kurang Aso 60.


Ketiga, liputan kerajinan Sulam Timbul khas Solsel di Pakan Rabaa, Koto Parik Gadang Diateh. Keempat, Surau Menara di Koto Baru, Sungai Pagu dimana Surau ini berdiri diatas satu tiang penyangga yang juga kaya akan nilai religi dan sejarah. Kelima, kawasan Saribu Rumah Gadang  (SRG) yang terletak di Koto Baru, Sungai Pagu. Kawasan SRG ini tidak diragukan lagi sensasi heritagenya dan telah mendunia.

Menurut, Kabid Pengembangan dan Pemasaran Pariwisata Solsel, Yolni Hendra hal ini dalam rangka mempromosikan Wisata Halal di Sumatera Barat, dalam Program Journey Of  Backpacker season III (JOB III) yang akan ditayangkan selama bulan suci Ramadan. "Dengan durasi 24 menit. Pembawa acara JOB III tersebut adalah Reaf Haggag penyanyi muslim internasional asal Amerika Serikat,"katanya. (Okt)

26 April 2017

Pejabat Padang Panjang Dilarang Terima Gratifikasi

PADANG PANJANG, (GemaMedianet.com) - Gratifikasi dalam bahasa sehari-hari sama dengan hadiah. Pemberian hadiah merupakan hal yang biasa terjadi dalam keseharian. Kendati demikian pejabat di lingkungan Pemko Padang Panjang harus berhati-hati dalam menerima hadiah,  karena hadiah itu ada yang boleh diterima dan ada yang tidak.

Wow, 63 Orang Pelajar SMAN 3 Solsel Lulus SNMPTN di Pelbagai PTN

SOLSEL, (GemaMedianet.com) -- "Alhamdulilah sudah 63 orang siswa SMAN 3 Solok Selatan (Solsel) yang lulus SNMPTN 2017 diberbagai perguruan tinggi di Indonesia melalui jalur prestasi atau siswa undangan,"ungkap Kepala Sekolah SMAN 3 Solsel, Syamsuria haru pada awak media, Rabu (26/4/2017).

Menurutnya, pelajar atau siswa yang diterima SNMPTN diantaranya, UGM, UNSUD, UNAND, USU, UNP, UNIMED, UNRI, UNSYAH , UNIBEL dan lainnya. "Syukur kami Ya Allah,"lanjutnya.

Kedepan, pada 2018 pihaknya menargetkan 120 orang pelajar asal sekolahnya untuk lulus melalui jalur prestasi. "Salah satu upaya dengan menggenjot metode pembelajaran, melengkapi buku perpustakaan dan melengkapi jaringan internet di labor komputer, tujuannya agar siswa dapat belajar dengan bahan sesuai kebutuhan pelajar,"lanjutnya.

Pada 2016, imbuhnya pelajar SMAN 3 yang di undang 82 orang, sebab waktu itu akreditasi A jatahnya 75 persen yang ikut. Sekarang, akreditasi A 50 persen yang boleh ikut.(Okt)

Tiga Besar Nasional, Lemhanas RI Apresiasi Lingkungan Hidup Kota Padang

PADANG, (GemaMedianet.com) – Lembaga Pertahanan Nasional (Lemhanas) RI melakukan kajian lingkungan hidup di Kota Padang. Kajian tersebut perlu dilakukan karena dianggap penting untuk masa yang akan datang. Tidak hanya di Kota Padang Provinsi Sumatera Barat, kajian lingkungan hidup juga dilaksanakan di Provinsi Kalimantan Timur dan Provinsi Gorontalo.

DRPD Padang Paripurnakan Hasil Pembahasan LKPj 28 April 2017



PADANG, (GemaMedianet.com) – Laporan hasil pembahasan masing-masing Panitia Khusus (Pansus) DPRD Kota Padang terkait LKPj terdiri dari Pansus Belanja Langsung, Pansus Belanja Tidak Langsung serta Pansus Pendapatan dan Pembiayaan dijadwalkan disampaikan dalam rapat paripurna, pada 28 April 2017. 

25 April 2017

Resmikan Asrama Santri dan MCK, Wabup Apresiasi Pondok Pesantren Bustanul Huda


SOLSEL, (GemaMedianet.com) – Wakil Bupati Solok Selatan (Solsel) H. Abdul Rahman mengapresiasi prestasi yang telah dicapai oleh Pondok Pesantren Bustanul Huda, yang terakhir santriwati berhasil mendapat juara 3 nasional untuk lomba busana muslim.

Kapolres Solsel Komitmen Sikat Penyalahgunaan Narkoba


SOLSEL, (GemaMedianet.com) – Kepala Kepolisian Resor Solok Selatan, AKBP Mochamad Nurdin, SIK menghimbau ASN sekaligus pelajar di Solsel untuk tidak terlibat dalam peredaran narkoba atau bahkan menggunakan narkoba.

Pessel Revitalisasi Pasar Tradisional Secara Bertahap

PESSEL, (GemaMedianet.com) Pemerintah Daerah Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) secara bertahap terus meningkatkan kenyamanan pasar tradisional melalui revitalisasi dan peningkatan sarana dan prasarana, sehingga pasar tradisional bisa dijadikan sebagai penopang kekuatan ekonomi masyarakat di daerah.

Duta Narkoba Korong Gadang Dikukuhkan

PADANG, (GemaMedianet.com) – Unsur pencegahan menjadi hal yang paling penting dalam penanggulangan penyalahgunaan narkoba. Oleh sebab itu, semua lapisan masyarakat harus menjadi pegiat anti Narkoba. Terutama para generasi muda, karena generasi muda merupakan target utama dalam penyalahgunaan narkoba.

OPD Harus Melek dan Care Dengan IT

PADANG, (GemaMedianet.com) - Di tengah derasnya arus globalisasi dan perkembangan teknologi, Walikota Padang H. Mahyeldi Ansharullah Dt Marajo menekankan agar seluruh pegawai di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup kerjanya agar melek Informasi Teknologi (IT). Seluruh pegawai diharapkan mampu paham dengan sistem informasi melebihi masyarakat.

24 April 2017

Warga Sebut Betonisasi Jalan Lingkung Multifungsi



PADANG, (GemaMedianet.com) – Kompleks perumahan di kawasan Kuranji itu tampak ramai. Terutama di waktu sore. Anak-anak bermain riang gembira. Berkejaran dengan sebaya.Di tempat lain, seorang ibu mendorong kereta bayi. Sesekali si ibu itu berhenti, menyuapkan nasi kepada anaknya yang berbaring di dalam kereta. Tak jauh dari kereta itu, beberapa anak lelaki bermain sepakbola.

23 April 2017

Masyarakat Kampung Alai Gunung Pangilun Kini Punya Forum Anak Nagari


PADANG, (GemaMedianet.com) – Kemajuan zaman yang ditandai dengan perkembangan teknologi dewasa ini membawa implikasi terhadap pergeseran nilai-nilai budaya, etika dan moralitas di tengah masyarakat.

Car Free Day di Pantai Padang, Masyarakat Leluasa Berolahraga


PADANG, (GemaMedianet.com) – Walikota Padang Mahyeldi meresmikan kawasan Lapau Panjang Cimpago (LPC) Pantai Padang sebagai kawasan Car Free Day (CFD) setiap hari Minggu mulai pukul 06.00 WIB – 09.00 WIB. 

22 April 2017

Turnamen Bola Voly Kapolda dan Danrem Cup Dihelat 26 April 2017

PADANG, (GemaMedianet.com) - Untuk mencari bibit-bibit atlet Voly berprestasi yang nantinya dapat membawa nama Sumatera Barat di tingkat nasional, Kapolda Sumbar dan Danrem 032 Wirabraja bekerjasama dengan DPD Pekat Sumbar menggelar Turnamen Bola Voly Cup 2017.

Pansus II DPRD Kota Padang Kunker ke Yogyakarta



PADANG, (GemaMedianet.com) – Dalam rangka memperbandingkan masalah pembagian anggaran pada Belanja Tidak Langsung (BTL) untuk Tunjangan Penghasilan Pegawai (TPP), Pansus II DPRD Padang yang membahas Belanja Tidak Langsung (BTL) melakukan kunjungan kerja (kunker) ke DPRD Kota Yogyakarta.

Pembunuh dan Pembakar Satu Keluarga Terancam Hukuman Mati


MEDAN, (GemaMedianet.com) – Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Medan menilai, kepolisian wajar menerapkan pasal berlapis yakni Pasal 340, 338 juncto 82 Undang Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak, dengan ancaman pidana penjara seumur hidup bahkan hukuman mati terhadap pelaku dua kasus yang menewaskan anak.

Cegah Bahaya Pornografi, Perkuat Ketahanan Keluarga


SLEMAN, (GemaMedianet.com) –Untuk melindungi generasi muda bangsa dari bahaya pornografi, terlebih Indonesia dalam beberapa tahun ke depan dipastikan segera menikmati bonus demografi, maka fungsi dan peran keluarga sebagai yang pertama dan utama untuk membentengi anak dari bahaya pornografi kembali dipertegas.

21 April 2017

Gantikan Edwar Juliartha, Indra Gusnady Plt Sekda Padang Panjang

PADANG PANJANG, (GemaMedianet.com) - Walikota Padang Panjang H.Hendri Arnis, BSBA  telah menunjuk Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Indra Gusnady sebagai Pelaksana Tugas (PLT) Sekdako Padang Panjang melalui  Surat Perintah Pelaksana Tugas Nomor: 800/III/BKPSDM-PP/IV-2017 tertanggal 18 April 2017.

Kabid Kepegawaian Badan Kepegawaian dan Pembangunan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Januardi, Jum'at, (21/4/2017), mengatakan, penunjukan Indra Gusnady oleh walikota menyusul surat pengunduran diri Edwar Juliartha, sejak hari Senin, (17/4), lampau. Dalam suratnya, Edwar mohon berhenti dari jabatan Sekda Padang Panjang terhitung Kamis, (20/1).

"Pak Edwar mengundurkan diri dengan alasan ingin berkarir pada dinas atau instansi yang lain," katanya.

Oleh sebab itu kata Januardi, Wako Hendri Arnis, sejak Selasa, (18/4), telah menunjuk Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Indra Gusnady sebagai Pelaksana Tugas (PLT) Sekdako Padang Panjang untuk sementara waktu.

"Mulai hari Jum'at, (21/4), Indra Gusnady sudah menempati ruangan Sekda Padang Panjang," kata jelasnya.

Walikota Hendri Arnis, mengucapkan terimakasih kepada Mantan Sekda Prof.DR. H.M.Edwar Juliartha, MM yang telah berbakti di Padang Panjang lebih kurang satu tahun.

"Saya mengucapkan terimakasih kepada Saudara Edwar, yang telah membantu kerja saya setahun lebih. Kini dia mengajukan surat berhenti demi mengembangkan karir di tempat lain," kata Hendri seperti disampaikan Kabid Informsi dan Komunikasi Publik Diskominfo, Ampera Salim, Jum'at, (21/4).

Dikatakan, sebagai atasan walikota tidak bisa melarang atau menghambat stafnya untuk berkarir di tempat lain atau di tempat yang lebih tinggi. "Saya bangga jika mantan staf saya mengembangkan karirnya di tempat lain dengan posisi yang lebih baik," katanya.

Kepada Edwar, Hendri juga menyampaikan ucapan terimakasih dari masyarakat Kota Serambi Mekkah. Meski baru setahun di Padang Panjang, masyarakat kota sejuk itu cukup mengenal Edwar yang sebelumnya berkarir di Pemko Palembang, Sumatera Selatan.

Edwar Juliartha dalam surat pengunduran dirinya juga mengucapkan terimakasih yang sebesar besarnya kepada walikota. "Saya mengucapkan terimaksih sebesar besarnya atas bimbingan dari Bapak. Serta kesempatan yang Bapak berikan untuk mengabdi di Kota Padang Panjang," tulis Edwar. (hms)

Akses Utama ke Kawasan Wisata Bahari Sungai Pisang Disiapkan

PADANG, (GemaMedianet.com) – Jalan baru sepanjang lebih kurang 9 KM dari Teluk Kabung ke Sungai Pisang telah disiapkan pemerintah sebagai akses utama menuju kawasan wisata bahari Sungai Pisang. Pemko Padang bersama Balai Jalan Provinsi Sumbar telah melakukan survei dan pemancangan, namun di beberapa titik ada yang perlu dikaji ulang.

Wakil Walikota Padang Emzalmi, saat meninjau daerah tersebut bersama Camat Bungus Teluk Kabung Zulkadri, Rabu (19/4/2017), mengatakan, dari hasil pemantauan di lapangan dan kajian Pemerintah Kecamatan Bungus Teluk Kabung bersama Kelurahan Teluk Kabung dan Kelurahan Sungai Pisang, bahwa Pemko Padang akan kembali mengusulkan kepada Balai Jalan Sumbar untuk mengkaji kembali pembangunan jalan ke Sungai Pisang, terutama pada posisi nol kilometer di Kelurahan Teluk Kabung dan kilometer 7,5 hingga kilometer 9 di Kelurahan Sungai Pisang.

Dijelaskan Emzalmi, pada nol kilometer rencana awal pembangunan jalan tersebut, berada di jalan yang lama atau jalan yang ada sekarang, dan ada beberapa rumah yang harus dibebaskan terlebih dahulu. Sedangkan perencanaan Pemko Padang adalah pembuatan jalan baru yang tidak menempuh rumah warga.

“Pengalihan pembangunan jalan yang kita rencanakan tersebut ada sepanjang 200 meter di nol kilometer, setelah itu akan kembali tersambung dengan jalan yang lama,” ujar Emzalmi. “Dengan tidak menempuh pemukiman warga, berarti kita menghemat anggaran untuk ganti rugi untuk rumah warga,” tambah Emzalmi.

Selanjutnya, Pemko Padang juga akan mengusulkan pada kilometer 7,5 hingga 9 sepanjang 800 meter pembangunan jalan tersebut tidak memasuki kawasan perkampungan dan pusat pemerintahan Sungai Pisang, atau berada di jalan yang sudah ada sekarang. Karena intesitas kendaraan akan meningkat tajam ketika jalan baru yang direncanakan tersebut memiliki lebar 14 meter, dan itu akan memicu terjadinya kecelakaan.

“Kita ingin, dengan dibangunnya jalan ini, juga berimplikasi kepada pengembangan kawasan Sungai Pisang. Ketika jalan yang 800 meter tersebut diarahkan ke daerah pinggir Sungai Pisang, tentunya pembangunan daerah ini juga akan berkembang,” terang Emzalmi.

Ia juga menyebutkan, Pemko Padang akan terus melakukan penguatan ke Balai Jalan Sumbar untuk bersama-sama kembali membahas usulan Pemko Padang ini, agar kedepannya pembangunan jalan bisa mengembangkan kawasan wisata bahari dan pembangunan wilayah Sungai Pisang. Apalagi pembangunan jalan tersebut juga direncanakan akan tembus ke daerah wisata Mandeh di Kabupaten Pesisir Selatan.

“Pemprov Sumbar akan membantu pembebasan lahan sebesar 30 Miliar di anggaran perubahan 2017 ini. Berarti, pada tahun 2018 pembangunan fisik jalan Sungai Pisang telah bisa dimulai,” tutur Emzalmi. (LL/Fsl).

Dalami LKPj, Pansus I DPRD Kota Padang Kunjungi PT. Semen Tonosa dan Kemenkeu


PADANG, (GemaMedianet.com) – Dalam rangka menindaklanjuti pembahasan (LKPj) Walikota Padang yang telah disampaikan beberapa waktu lalu, Pansus I DPRD Kota Padang membahas bidang Pendapatan Daerah melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke PT. Semen Tonosa Makassar dan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) di Jakarta, terhitung 17 hingga 21 April 2017.

20 April 2017

Pengembangan Kawasan Wisata Bahari Sungai Pisang Mendesak

PADANG, (GemaMedianet.com) – Dengan ditetapkannya Kelurahan Sungai Pisang Kecamatan Bungus Teluk Kabung Kota Padang sebagai kawasan wisata bahari, maka diperlukan suatu grand desain terhadap wilayah tersebut, agar pembangunan pariwisata memiliki pedoman pengembangan wisata secara berkelanjutan dan terencana dengan baik, termasuk pengelolaan maupun dari sisi pembangunan infrastruktur.

Hal itu dikatakan Wakil Walikota Padang, Emzalmi saat melakukan kunjungan kerja ke Kelurahan Sungai Pisang didampingi Camat Bungus Teluk Kabung Zulkadri, Lurah Sungai Pisang Nurhayati, dan Ninik Mamak Sungai Pisang, Rabu (19/4/2017).

Dijelaskan Emzalmi, kawasan wisata bahari Sungai Pisang tidak bisa dipisahkan dengan kawasan wisata Mandeh di Kabupaten Pesisir Selatan, karena berada pada posisi yang berdekatan dan berbatasan langsung, termasuk pulau-pulau yang menjadi tujuan wisata, seperti pulau Sikuai, Sirandah, Sironjong, Pasumpahan dan yang lainnya. Oleh sebab itu, fasilitas pendukung sangat diperlukan di daerah Sungai Pisang, sebagai penunjung kawasan tersebut sebagai destinasi wisata.

“Untuk infrastruktur jalan, saat ini Balai Jalan Sumbar telah memetakan pembangunan atau peningkatan jalan dari Teluk Kabung ke Sungai Pisang,” ujar Emzalmi.

Ditambahkannya, saat ini kawasan Sungai Pisang juga memerlukan beberapa pembenahan lokasi objek wisata, terutama pantai yang berada disepanjang Sungai Pisang yang rawan abrasi, dan itu perlu segera untuk dinormalisasi kembali. Disamping itu, pulau-pulau yang ada belum dikelola dengan baik. Begitu juga dengan pengawasan terhadap penggunaan pulau oleh para wisatawan.

Dan satu hal yang terpenting lagi, pemberdayaan masyarakat setempat dengan segala potensi yang ada juga diperlukan untuk menjaga nilai-nilai adat dan budaya, karena alam Minangkabau sangat kaya dengan adat dan budaya sebagai pendukung pariwisata.

“Grand desain wisata bahari Sungai Pisang akan kita usahakan memiliki kekuatan hukum, baik itu berbentuk keputusan Wali Kota maupun Perda. Agar, pembangunan kawasan ini terencana dan terkonsep dengan baik, dan tidak terjadinya pembangunan tambal sulam,” kata Emzalmi.

“Dan sepertinya, kita harus banyak belajar dari Bali dan meniru konsep pariwisata mereka yang melibatkan masyarakat dalam pengembangan pariwisata. Hal itu tentunya disesuaikan dengan adat dan budaya kita,” tambahnya lagi. (LL/Fsl)

Kunker Wawako Pastikan Pelayanan Publik Setiap Kecamatan Tetap Berjalan Baik

PADANG, (GemaMedianet.com) – Untuk melihat langsung kinerja dan pelayanan setan persoalan aktual di tengah masyarakat, Wakil Walikota (Wawako) H.Emzalmi melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke masing-masing kecamatan di Kota Padang.

"Kunker ke setiap kecamatan ini merupakan kegiatan yang telah saya programkan sejak awal tahun anggaran 2017. Tujuannya yang paling penting yaitu untuk mengevaluasi dan melihat langsung kinerja aparatur di kecamatan. Terutama sekali terkait pelayanan publik bagi masyarakat,” terang mantan Sekretaris Daerah (Sekda)di Pemko Padang itu, di aula kantor Kecamatan Koto Tangah, kemarin.

Ia menyebutkan, kunker di Koto Tangah kali ini merupakan yang ke empat kali dilakukannya. Sebelumnya sudah didahuli di Kecamatan Padang Barat, Padang Timur dan Lubuk Begalung.

"Alhamdulillah, saya sudah menerima informasi cukup banyak dari camat dan para lurah di kecamatan ini. Dan itu akan saya tindak lanjuti dengan observasi lapangan, sekaligus melihat kondisi pelayanan publik yang diberikan," ujar Emzalmi di hadapan camat, para lurah dan Aparatur Sipil Negara (ASN) di kecamatan tersebut.

Emzalmi menilai, dari pengamatannya Pemerintah Kecamatan Koto Tangah telah mengupayakan peningkatan pelayanan publik. Seperti dilihat dari telah menyediakan berbagai sarana pelayanan yang cukup nyaman. Tidak saja untuk loket dan ruang tunggu yang kondusif, namun juga telah menyediakan tempat bagi anak-anak bermain dan ruangan ibu menyusui.

"Ini melihatkan upaya pemerintah kota dalam memberikan pelayanan publik secara prima, dekat dan melayani. Semoga, kondisi seperti ini akan semakin lebih baik lagi ke depan,” imbuhnya.

Ia menambahkan, selaku wakil walikota khusus di bidang pengawasan akan selalu menjaga agar setiap persoalan-persoalan yang ditemukan di setiap kecamatan dapat teratasi secara baik.

''Seperti di Koto Tangah ini, masalah yang sedang aktual yaitu ‘sengkarut’ tanah Lehar yang mesti diselesaikan secara baik dan benar. Maka itu, kepada para aparatur di kelurahan dan kecamatan diharapkan juga bisa memahami masalah ini dengan baik, sehingga turut mampu membantu penyelesaiannya,” tukas wawako mengakhiri. (David/LL/Fsl)

Swasembada Pangan Masih Terganjal Kebijakan Pangan

PADANG, (GemaMedianet.com) – Pangan salah satu kebutuhan yang paling mendasar bagi kehidupan manusia, diharapkan bisa senantiasa terjaga dengan baik dan berkelanjutan. Apalagi dilihat dari potensi produksi komoditas pangan di Indonesia yang sebenarnya cukup besar, namun akan tetapi masih belum tereksplorasi secara optimal sejauh ini.

Sehingga perlu adanya upaya pemerintah menuju target swasembada pangan demi mengatasi berbagai permasalahan tersebut. Sebagaimana dari data yang ada, kebutuhan pangan Indonesia hampir semuanya dipenuhi melalui impor. Baik itu kebutuhan beras, daging sapi, gula, gandum, bawang putih dan jagung.

Hal itu mengemuka dalam Seminar Nasional Pertanian yang membahas topik "Potensi dan Hambatan Indonesia Menuju Swasembada Pangan" di Convention Hall kampus Universitas Andalas (Unand) Padang, Rabu (19/4). Kegiatan tersebut dibuka secara resmi Wali Kota Padang H. Mahyeldi Ansharullah Dt Marajo dengan diikuti peserta perwakilan mahasiswa Fakultas Pertanian dari berbagai perguruan tinggi se-Indonesia.

“Untuk Kebutuhan pangan di Kota Padang sendiri, hingga saat ini masih sekitar 30 persen sehingga 70 persen lagi dipasok dari luar daerah dan luar provinsi.  Semoga, melalui diskusi bersama dalam seminar nasional ini dapat menghasilkan berbagai solusi demi mendukung program swasembada pangan khususnya bagi Kota Padang ke depan,” imbuh Mahyeldi dalam acara yang menghadirkan nara sumber Mantan Menteri Pertanian RI periode (2004-2009) Anton Apriyantono, MS dan Kepala Badan Ketahanan Pangan Sumbar Ir Efendi, MP itu.

Disebutkannya, Indonesia sebenarnya memiliki potensi yang sangat besar dalam bidang pertanian dan pangan. Namun, tidak dipungkiri di Sumatera Barat (Sumbar) khususnya Kota Padang sampai saat ini masih menemukan kendala seperti beberapa faktor yang yang menghambat salah satunya adanya kesalahan dalam kebijakan pangan.

“Masalah kebijakan pangan tersebut, seperti masih tergantung kepada daerah atau negara lain soal pangan sehingga tidak mandiri di bidang pangan. Maka itu, Pemerintah Kota Padang melalui OPD terkait telah melakukan upaya dengan bersinergi bersama pemerintah daerah yang ada di Sumbar serta bersama beberapa perguruan tinggi termasuk Unand dan lainnya,” tukuknya. (David/Nanda)

59 Warga Binaan Rutan Muaro Labuah Gelar Khatam Alquran

SOLSEL, (GemaMedianet.com) -- Sebanyak 59 orang warga binaan Rumah Tahanan (Rutan) cabang Muaro Labuah menggelar mengaji bersama sampai khatam Alquran di rutan setempat, Kamis (20/4/2017).

Kacab Rutan Muaro Labuah, Asep Junaaedi mengatakan program tersebut serentak dilakukan diseluruh rutan/lapas di Indonesia. "Setidaknya ada sekitar 50.000 orang nara pidana (napi) se- Indonesia,"katanya.

Menurutnya, Bang napi se-Indonesia ingin membuktikan jika didalam Lapas/Rutan tidak melulu soal narkoba seperti yang di sorot media. "Padahal banyak sekali kegiatan yang mengedukasi, agar Bang napi tobat dan diterima oleh masyarakat kelak. Salah satunya adalah kegiatan Khataman Al quran,"tambahnya.

Ia menambahkan, khataman Alquran merupakan satu bentuk implementasi pembinaan kepribadian revolusi mental bagi warga binaan Pemasyarakatan (WBP) yang beragama Islam, untuk menjadi manusia seutuhnya dan lebih mendekatkan diri pada Allah SWT sekaligus memperingati Isra Miraj nabi Muhammad SAW.

Ayat-ayat suci Alquran yang dilantunkan oleh 50.000 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) seluruh Indonesia akan tercatat dalam Museum Rekor Indonesia atau MURI.

Berbalut pakaian nan suci, para WBP melantunkan Kalam Illahi dalam kegiatan bertajuk Khataman Al Quran Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Mengaji sebagai rangkaian peringatan Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-53 Tahun 2017. (Okt)

19 April 2017

Kemenangan Pasangan Anies Baswedan - Sandiaga Uno Tak Terbendung



JAKARTA, (GemaMedianet.com) – Hasil hitung cepat (Quick Count) pelaksanaan Pilkada DKI putaran kedua yang digelar hari ini, Rabu (19/4/2017). pasangan Anies Sandi hampir pasti terpilih menjadi Gubernur DKI periode 2017-2022 setelah mengalahkan perolehan suara Ahok-Djarot.

Raker Pansus RPJMD 2016 - 2021, Bahas Peningkatan Pajak Daerah dan Aspek Legalitas

PADANG, (GemaMedianet.com) - Kalangan Anggota Panitia Khusus tentang Perubahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (Pansus Perubahan RPJMD) DPRD Provinsi Sumatera Barat mengharapkan adanya upaya strategis dari Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dalam peningkatan pendapatan daerah yang harus masuk ke dalam pembahasan RPJMD 2016 - 2021.

Pejabat di Lingkup Dinas Dukcapil Dikukuhkan, Evaluasi Kinerja Terus Dilakukan


PADANG ARO, (GemaMedianet.com) – Bupati Solok Selatan (Solsel) diwakili Sekretaris Daerah H.Yulian Efi, MM mengukuhkan 13 orang Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrator dan Pejabat Pengawas Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Solsel di Aula Kantor Dukcapil setempat, Rabu (19/4/2017).

114 Kepala Sekolah SD dan SMP di Solsel Mutasi Sebagai Guru

SOLSEL, (GemaMedianet.com) -- Setidaknya 114 orang Kepala Sekolah (Kepsek) Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Solok Selatan (Solsel) mutasi sebagai guru. Hal ini dikarenakan sesuai Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) No 28 tahun 2010 tentang penugasan Guru menjadi Kepsek yang merupakan kewenangan Kemendiknas.

Dari 114 Kepsek yang mutasi sebagai guru itu diantaranya 8 orang guru berasal dari SMP dan sisanya 106 merupakan Kepsek SD. "Ya, tadi telah dilakukan pelantikan Kepsek SD/SMP oleh Sekda Solsel, Yulian Efi. Pelantikan mengacu pada Permendiknas," kata Sekretaris Dinas Pendidikan Solsel, Novrizon pada awak media, Rabu (19/4/2017).

Sesuai aturan, imbuhnya setiap Kepsek masa jabatan itu hanya dua periode, masing-masing periode empat tahun, itu pun periode kedua harus dianggap memiliki prestasi. "Sehingga agar tidak melabrak aturan dilakukan mutasi tersebut," terangnya.

Kemudian, Apabila sekolah yang Kepseknya masih dijabat oleh penjabat sementara (Pj) imbuhnya, dalam jangka waktu satu tahun harus memenuhi syarat yakni, memiliki sertifikat pendidik, ijazah minimal Starta1 (S1), Nomor Unik Kepala Sekolah (NUKS) serta golongan kepangkatan minimal IIIc. "Dalam satu tahun bagi Pj Kepsek syarat itu harus dipenuhi," ulasnya.

Kemudian, setelah pelaksanaan pelantikan dimasing kecamatan selesai, maka sesudah pelaksanaan Ujian Nasional serah terimajabatan Kepsek baru bisa dilakukan. "Minimal kita tuntaskan dulu UN ini baru sertijab," lanjutnya.

Ia mengatakan, mutasi Kepsek tingkat SD sekitar 142 orang dimana, di kecamatan KPGD 22 orang, Sungai Pagu 28 orang, Pauh Duo 17 orang, Sangir 31 orang, Sangir Balai Janggo, 9 orang, Sangir Jujuan 13 orang dan Sangir Batang Hari 22 orang. "Untuk Kepsek SMP sebanyak 36 orang," tutupnya. (Okt)


1,5 ton Pupuk dan 1.000 Bibit Cabai Disalurkan ke Rutan Muaro Labuah

SOLSEL, (GemaMedianet.com) -- Dinas Pertanian Solok Selatan (Solsel) menyalurkan bantuan berupa 1.000 batang bibit cabai, 1.000 polybeg dan 1.500 kg pupuk kompos ke Rumah Tahanan (Rutan) Muaro Labuah pada, Rabu (19/4/2017).

Penyerahan bantuan langsung diberikan oleh Kepala Dinas Pertanian Solsel, Tri Handoyo melalui Kabid Hortikultira, Risa Herfina kepada Kacab Rutan Muaro Labuah, Asep Junaedi. " Bantuan ini menggunakan dana APBD 2017 Solsel,"katanya.

Menurutnya, bantuan diberikan atas permintaan pihak rutan Muaro Labuah sekitar sebulan lalu. "Pada saat itu kita belun bisa memenuhi permintaan dikarenakan bibit cabai saat itu masih dalam keadaan penyemaian. Nah, ketika telah bibit mencukupi umur untuk dipindahkan ke Polybag barulah sekarang kita salurkan,"tambah Risa.

Ia berharap, bantuan tersebut bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin  seiring dengan target pemkab Solsel menanam 1juta polybag cabai guna mengantisipasi gejolak harga ditengah masyarakat.

Kacab Rutan Muaro Labuah, Asep Junaedi menyampaikan apresiasi dan rasa terimakasih atas bantuan yang telah diberikan oleh pihak Pemkab Solsel. "Semoga bantuan ini menjadi berkah dan bisa dimanfaatkan khususnya dilingkup rutan. Apalagi mendekati Ramadan. Setidaknya bisa membantu memenuhi kebutuhan akan cabai disini,"tutupnya. (Okt)

Pejabat Profesional Ga’ Pake’ Malas

PADANG, (GemaMedianet.com) - Walikota Padang Mahyeldi Ansharullah Dt. Marajo kembali mewanti-wanti seluruh kepala OPD Pemko Padang agar lebih profesional dalam bekerja.

"Tidak ada alasan bagi kita untuk tidak bekerja dengan sungguh-sungguh. Ingat! Kita telah punya komitmen, dan memikul jabatan atas nama tuhan," tegas Mahyeldi saat pelaksanaan rapat staf Pemko Padang di aula Bagindo Aziz Chan Balai Kota Padang, Senin (18/4/2017).

Dijelaskannya, pengelolaan negara memerlukan keseriusan dan kerja tanpa kenal waktu, demi kepentingan negara, daerah dan rakyat.
"Kewajiban kita lebih banyak dari pada waktu yang kita miliki. Mari bekerja dengan skala prioritas" ujar Mahyedi. "Apa kita tidak malu, ketika masyarakat tidak sejahtera," tambahnya lagi.

Ia juga menyampaikan, menjadi pejabat harus mampu menyelesaikan persoalan dan bukan membuat masalah. Oleh sebab itu, yang menjadi pejabat itu adalah yang bisa bertanggungjawab serta mampu merencanakan apa yang akan dilakukan dan melakukan apa yang direncanakan.

"Jadi klo hanya sakit ringan, seperti flu dan pilek, bukan alasan untuk tidak hadir pada rapat ini. Jenderal Sudirman saja menggunakan tandu dalam perjuangannya sebagai bentuk tanggung jawab kepada negara," kata Mahyeldi.

Dikesempatan itu, Mahyeldi meminta kepada Sekda Kota Padang Asnel untuk mempercepat proses evaluasi seluruh pejabat Pemko Padang secara terperinci, mulai dari eselon II hingga eselon IV, termasuk Lurah dan Camat.

"Dengan demikian, kita akan tahu siapa personal yang pemalas dan yang punya integritas serta tanggung jawab. Mana yang layak, dan yang tidak layak jadi pimpinan," ungkap Mahyeldi.

Seperti diketahui, rapat staf Pemko Padang dilaksanakan sekali dalam sebulan yang diikuti oleh seluruh pimpinan OPD, Camat, Kepala BUMD, dan instansi terkait seperti Forkopimda, BPS, BPN, dan Kemenag.

Pada rapat staf tersebut dibahas seluruh capaian kinerja Pemko Padang, evaluasi program dan kegiatan masing-masing OPD, serta penyelesaian persoalan-persoalan yang dihadapi Pemko Padang. Agar pelayanan kepada masyarakat terus meningkat.

Rangkaian kegiatan rapat staf dimulai dengan sholat subuh berjamaah di Masjid Ukhwah Balai Kota, dilanjukan dengan Kultum yang disampaikan oleh Kepala OPD. Setelah itu baru diteruskan dengan agenda rapat yang diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Quran oleh peserta rapat staf. (LL)

18 April 2017

Operasi Antik, Polda Sumbar Ringkus 139 Tersangka Pengedar Narkotika

PADANG, (GemaMedianet.com) – Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumatera Barat kembali menangkap 139 tersangka pengedar narkoba dalam Operasi Antik yang dilaksanakan selama dua pekan terakhir. Total barang bukti yang berhasil diamankan, 96 gram shabu-shabu, 62 kilogram daun ganja kering, 3 batang pohon ganja, serta 4 butir pil ekstasi. 

Kejuaraan Bola Voli Nagari Cup Tingkat Sumbar Ditabuh

SOLSEL, (GemaMedianet.com) - Bupati Solok Selatan (Solsel) H.Muzni Zakaria menyampaikan dukungannya terhadap kegiatan keolahragaan di tengah masyarakat, sebagai salah satu aktivitas positif, terutama bagi generasi muda.

Potensi Pajak Restoran Pemko Padang Menggiurkan


PADANG, (GemaMedianet.com) –  Pemko Padang terus memaksimalkan potensi penerimaan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang berasal dari pajak restoran, karena sekitar 9,5 persen PAD Kota Padang berasal dari pajak restoran tersebut. Kali ini, target penerimaan pajak restoran berasal dari kegiatan makan dan minum OPD atau unit kerja di Pemko Padang yang bernilai lebih kurang sebesar 3,2 Miliar. 

Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional, Warga Ikuti Simulasi Bencana


PADANG, (GemaMedianet.com) – Simulasi bencana dilaksanakan untuk membiasakan dan menjadikan masyarakat Kota Padang lebih siaga lagi terhadap bencana yang tidak diharapakan itu. Dengan simulasi bencana, diharapkan masyarakat lebih terlatih dan terbiasa dalam kesiapsiagaan bencana. 

Sepuluh Ruang Sekolah akan Direhabilitasi di Solsel

SOLSEL, (GemaMedianet.com) -- Pada 2017 ada sekitar sepuluh ruang Sekolah Dasar (SD) di Solok Selatan (Solsel) yang mendapatkan rehabilitasi ruang kelas melalui Dana Alokasi Khusus (DAK). "Namun untuk proses pelaksanaan pekerjaan masih menunggu surat keputusan serta petunjuk teknis (juknis) dari kementerian pendidikan," kata Kepala Dinas Pendidikan dan Pemuda Olahraga Solsel didampingi Kabid Pendidikan Sekolah Dasar dan Menengah, Adriono, Minggu (16/4/2017).

Terkait jumlah anggaran belum diketahui, imbuhnya dikarenakan harus sesuai juknis yang dikeluarkan kementerian pendidikan. "Sehingga berapa luas tiap ruangan yang mendapat rehab tersebut belum bisa ditentukan. Misal untuk tiap ruangan tersebut mendapat kisaran luas 10x5 meter persegi, kita tunggu juknis dulu," katanya.

Selain rehabilitasi ruang kelas, katanya juga ada dana untuk pengadaan buku untuk 29 SD dan untuk SMP, pengadaan ruang kelas baru, perpustakaan, labor serta enam paket alat peraga.
Jika melihat DAK dan DAU 2015 pada pembangunan fisik SMP di Solsel setidaknya mendapat alokasi Rp3,6 miliar dari 19 SMP. 

Dengan rincian, rehabilitasi ruangan 17 unit dengan nilai tiap unit Rp45 juta. RKB 13 unit dengan nilai tiap unit Rp163.853.000. Pembangunan labor 1 unit dengan nilai Rp265.641.000 dan pembangunan Perpustakaan 1 unit Rp298.846.000.

Sementara, untuk DAK dan DAU 2015 pada pembangunan fisik SD di Solsel setidaknya mendapat alokasi Rp3,7 miliar dari 36 SD. Dengan rincian, Rehabilitasi beserta perabot sekolah 53 unit dan RKB beserta perabot 3 unit.

Disamping itu, DAK dan DAU 2015 pada pengadaan peralatan pendidikan SMP mendapat alokasi sebesar Rp1,1 miliar dari 34 SMP. Dengan kebutuhan alat peraga Matematika 33 paket, IPA 4 paket, IPS 22 paket, Labor komputer 1 paket, alat kesenian 10 paket dan alat olahrga 10 paket.

Kemudian, DAK dan DAU 2015 pengadaan peralatan pendidikan SD mendapat alokasi sebesar Rp1,3 miliar dari 62 SD. Dengan kebutuhan alat peraga Matematika 12 paket, IPA 25 paket, IPS 47 paket, Bahasa 25 paket, Olahraga 13 paket, Senibudaya dan Keterampilan 53 paket dan peralatan komputer 3 paket. "Kita berharap pada masing-masing sekolah yang mendapatkan DAK dan DAU bisa memanfaatkan semaksimal mungkin yang seiring dengan peningkatkan kualitas sekolah," tutupnya. (Okt)

Empat Pelajar Solsel Ikut Seleksi Paskibra Provinsi Sumbar

SOLSEL, (GemaMedianet.com) -- Empat pelajar asal Solok Selatan (Solsel) mengikuti seleksi paskibraka tingkat Provinsi Sumatera Barat (Sumbar). Empat pelajar tersebut diantaranya berasal dari SMAN 1 Solsel sebanyak tiga orang dan satu orang dari SMAN 6 Solsel.

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN

Iklan

POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Pasang Iklan Anda Di Sini

   

iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

Iklan

iklan

Arsip Blog