31 Maret 2017

Baru Saja dikukuhkan, Forum Kabupaten Sehat Solsel Lakukan Pembenahan

SOLSEL, (GemaMedianet.com) -- Tim Forum Komunikasi Kabupaten Sehat (FKKS) Solok Selatan (Solsel) kian berbenah mempersiapkan verifikasi tim penilai kabupaten/kota sehat 2017 dari pusat. Kendati, terbilang seumur jagung semenjak dikukuhkan pada (23/3/2017) oleh Bupati Solsel, Muzni Zakaria telah menunjukkan trend positif.

Tim yang dikomandoi oleh Afrizal Amir ini lebih bersemangat untuk mewujudkan Solsel sehat. "Jabatan merupakan amanah dan suatu kewajiban yang harus ditunaikan. Kita adalah tim, tidak ada yang bisa saya perbuat apabila sendirian. Kerjasama serta solidaritas rekan-rekan tim pengurus FKKS sejauh ini cukup bersemangat. Saya apresiasi itu dan kedepan harus kita tingkatkan lagi,"ujar pria yang akrab disapa AA ini, Jumat (31/3).

AA menyebutkan, langkah awal dengan melaksanakan rapat kerja dan menetapkan program kerja. Kemudian, lanjutnya, pendelegasian pengurus Forum bersama beberapa orang tim teknis untuk turun kemasing-masing kecamatan yang ditetapkan menjadi fokus penilaian kabupaten sehat Solsel 2017.

Tidak itu saja, tim FKKS juga telah melakukan sosialisasi kabupaten sehat pada seluruh walinagari di Solsel pada 22 Maret 2017 lalu. Selain itu, dimasing-masing kecamatan juga kembali dilakukan sosialisasi tentang kabupaten sehat dengan melibatkan seluruh unsur kecamatan yang telah ditetapkan lokasi penilaian.

AA juga tidak menampik, jika pihaknya tengah mempersiapkan bentuk sinergi antara FKKS dengan beberapa OPD terkait di Solsel dalam rangka mewujudkan masyarakat Solsel yang betul-betul berprilaku sehat.

Bahkan, imbuh AA,  tujuan forum untuk mendukung program pemerintah Solsel, menjadikan masyarakatanya betul-betul berprilaku sehat dalam kehidupan sehari-hari. "Alhamdulillah kami dapat dukungan bupati Solsel melalui Surat Edaran Bupati untuk OPD agar mendukung kegiatan FKKS guna menuju lomba Sawastisaba Padapa,"tandas pria berkumis ini.

Artinya, kata dia,  Solsel mempersiapkan diri untuk diverifikasi tim pusat untuk dua tatanan wajib dan satu tatanan tambahan. Dua tatanan wajib yang akan diikuti Solsel itu menurut AA adalah kawasan pemukiman, sarana dan prasarana umum dan kehidupan masyarakat sehat yang mandiri. Sedangkan, tatanan tambahan adalah kawasan pariwisata sehat.

Sementara itu, untuk melihat kesiapan dan keseriusan Solsel mengikuti verifikasi Kabupaten/Kota Sehat 2017, tim Pembina dari Provinsi Sumatera Barat yang di pimpin Ir. Gusti Rufita, MP dengan tiga orang anggota, berkunjung ke Solsel.

Rombongan pembina Kabupaten/Kota Sehat Provinsi Sumbar disambut Sekertaris Dinas Kesehatan Vera, Ketua FKKS Solok Selatan Afrizal Amir, pengurus Forum dan Tim Teknis Kabupaten Sehat Solok Selatan di ruang rapat Dinas kesehatan Solsel, Kamis (30/3/2017).

Rombongan pembina Kabupaten/Kota Sehat Provinsi Sumbar saat itu berharap untuk keseriusan seluruh steakholder di Solsel mendukung kegiatan Kabupaten/Kota Sehat ini. tidak kala penting, setiap kegiatan yang dilakukan harus dilengkapi dengan bukti.(Okt)

Bekali Warga Binaan, Wako dan Lapas Muaro Kelas II Padang MoU

PADANG, (GemaMedianet.com) - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) adalah institusi hukum yang juga berperan mencegah  berbagai tindak pidana di internal lapas.  Baik itu pungutan liar (pungli), penyimpangan  Narkorba dan lain  sebagainya.

Legenda Syekh Labai Kuduang di Tanah Abai, Solsel

SOLSEL (GemaMedianet.com) -- Syekh Labai Kuduang konon adalah sosok yang pertama kali membawa Silat tradisi Minangkabau aliran Pedang Panjang ke nagari (desa adat) Abai, Kecamatan Sangir Batang Hari, Solok Selatan (Solsel). "Ada yang percaya beliau (Syekh Labai Kuduang.red) adalah orang yang sama dengan Syekh Burhanuddin yang di Ulakan Pariaman," kata Pegiat Silat Solsel, Rino Satria, Jumat (31/3/2017) melalui seluler.

Legenda Syekh Labai Kuduang sebagai pembawa Silat tradisi beraliran Pedang Panjang, hingga kini masih dipercaya sebagian masyarakat di sana. Bahkan, dikatakan Rino,  cerita yang beredar di tengah masyarakat. Ada seorang keturunan pewarih (guru silat Pedang Panjang) yang hingga sekarang masih hidup. "Pewarih ini yang menjelma jadi sosok Harimau. Konon yang menjadi 'penjaga' Nagari Abai," katanya.

Disinyalir, aliran silat ini terancam punah disebabkan silat tradisi ini hanya dikuasai oleh dua orang guru yang telah tua. "Kalau tidak ada dua orangtua ini, maka bisa dipastikan Silek Pedang Panjang punah," ungkapnya.

Ia menyebutkan, apabila hal ini tidak cepat ditindaklanjuti, maka ciri khas aliran Silat tradisi Solsel bisa hilang.  Sebab imbuhnya, sampai saat ini aliran Silat Pedang Panjang hanya memiliki dua orang guru dan dua murid. "Untuk yang pandai Silat ini banyak, namun hanya sekedar pandai saja tapi tidak menguasai seluruh teknik," ungkapnya, Kamis (30/3/2017).

Menurut sejarahnya, silat Pedang Panjang merupakan Silat kaum raja-raja. "Tapi seiring perkembangan zaman keberadaannya terlupakan," jelasnya.

Ia menambahkan, Pedang yang menjadi media yang digunakan dalam latihan adalah pedang asli yang digunakan kaum raja-raja di Abai dahulunya. Berukuran panjang sekitar 120-150 cm, dan serupa dengan pedang yang digunakan oleh bangsa Arab. "Pedang ini masih ada sekitar empat unit lagi, dan itu digunakan untuk latihan silat," tutupnya. (Okt/Rel)

30 Maret 2017

DPD LPM Solsel Dikukuhkan, Partisipasi Dalam Pembangunan Dinantikan


SOLSEL, (GemaMedianet.com) – Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kabupaten Solok Selatan diharapkan mampu berpartisipasi dalam pelaksanaan pembangunan sesuai dengan tugas dan fungsi lembaga kemasyarakatan. 

Menantikan Penobatan Raja Baru di Kerajaan Alam Surambi Sungai Pagu


SOLSEL, (GemaMedianet.com) – Kerajaan Alam Surambi Sungai Pagu merupakan salah satu kerajaan Minang yang ada di Solok Selatan (Solsel). Pasca wafatnya Raja Zulkarnain Daulat Yang Dipertuan Bagindo Sultan Besar Tuanku Rajo Disambah (alm) sekitar empat tahun lalu, saat ini kerajaan dalam keadaan vacum sebab belum dilakukan pengangkatan raja.

Silat Pedang Panjang, Aliran Silat Tradisi yang Nyaris Punah


SOLSEL, (GemaMedianet.com) – Silat Pedang Panjang yang merupakan salah satu aliran Silat khas tradisi Minangkabau yang ada di Solok Selatan (Solsel) terancam punah. Pasalnya, aliran silat yang menggunakan Pedang Panjang ini hanya dikuasai oleh dua orang guru yang telah tua.

Mengkhawatirkan ! Perusahaan Rokok Sengaja Bidik Anak Sekolah


PADANG, (GemaMedianet.com) –  Perusahaan rokok terus mencoba merusak generasi muda di Indonesia. Berdasarkan penelitian sebuah LSM di Padang, perusahaan rokok beriklan secara massive di sekolah-sekolah. Hampir 90 persen sekolah di Padang dikepung iklan rokok. 

Rangkum Data Kependudukan 2017 Disdukcapil Bekali Pemutakhiran Data


PADANG PANJANG, (GemaMedianet.com) – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Padang Panjang mengadakan acara pembekalan kegiatan monitoring, evaluasi, validasi, dan pemutakhiran data kependudukan tahun 2017 se Kecamatan Padang Panjang Timur, Rabu (29/3/2017). 

29 Maret 2017

Tim Repository Setjen DPR RI Studi Banding ke DPRD Sumbar

PADANG,  (GemaMedianet.com) -  Tim Repository Sekretariat Jenderal (Setjen)  DPR RI mengunjungi Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat, Rabu (29/3/2017) pagi.

Tertangkap Maksiat, Ini Sanksi dan Trik Khusus Efek Jera Satpol PP Padang


PADANG, (GemaMedianet.com) –  Terhitung 1 April 2017, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Padang memiliki trik khusus untuk memberi efek jera kepada pelaku maksiat. Diantaranya yakni tes HIV / AIDS dan diantar pulang ke rumah dengan mobil patroli.

Pemko Padang Gencarkan Sosialisasi Atasi Pekat


PADANG, (GemaMedianet.com) – Penyakit Masyarakat (Pekat) seperti narkoba, "Miras", Judi dan sebagainya merupakan gejala sosial yang harus ditanggulangi secara bersama. Apabila dibiarkan dan tidak dilakukan upaya-upaya pencegahannya, tentu masalah ini semakin rumit dan dikhawatirkan semakin mewabah di tengah kehidupan masyarakat.

Pemko Padang Evaluasi Lokasi Krematorium


PADANG, (GemaMedianet.com) – Pemerintah Kota Padang lakukan evaluasi dan koordinasi dengan masyarakat kawasan Pondok terkait lokasi krematorium yang dikelola oleh organisasi kematian Himpunan Bersatu Teguh (HBT) di Jalan Pasar Borong III Padang Selatan yang diduga berada di lokasi padat penduduk.

Satu dari 12 Kecamatan di Sumbar, Sungai Pagu Wakili Solsel Dalam Penilaian GSB

Solsel, (GemaMedianet.com) -- Kecamatan Sungai Pagu, Solok Selatan (Solsel) merupakan satu dari 12 kecamatan di Sumatera Barat (Sumbar) yang ikut penilaian Gerakan Sumbar Bersih (GSB) tahun 2017.

Persoalan pengelolaan sampah masih menjadi perhatian serius Pemerintah untuk menciptakan suasana lingkungan yang sehat,bersih dan nyaman. Untuk mewujudkan hal ini butuh kerjasama yang baik antara pihak pemerintah dengan masyarakat.

Melalui tim GSB, pemerintah provinsi Sumbar mengadakan penilaian di 12 kecamatan dan 7 kelurahan di beberapa kabupaten/kota di Sumbar. 

Ketua Tim GSB yang menilai Kecamatan Sungai Pagu, Zulkifli menyebutkan tim mengapresiasi sejumlah hal yang sudah dilakukan masyarakat. Di sana, sungai terpelihara dengan baik, karena tidak ada sampah yang dibuang ke dalamnya. "Pemukiman penduduk masih asri, karena masyarakat memelihara pepohonan dan tanaman dengan baik. Hal itu hendaknya dapat dipertahankan dan dapat ditingkatkan,"jelasnya Senin (27/3) ketika melakukan penilaian.

Dalam penilaian GSB ini, ada beberapa titik pantau yang dinilai tim. Mulai dari perkantoran, sekolah, tempat ibadah, sarana kesehatan, jalan, sungai, dan lainnya. Manajemen pengelolaan sampah dibeberapa kawasan di Kecamatan Sungai Pagu belum mengacu pada pola 3R atau Reduce, Reuse, dan Recycle. Di sana, sebagian  masyarakat masih membakar sampah dan membuangnya ke tempat pembuangan akhir tanpa pemilihan. "Ini menjadi salah satu dari beberapa catatan tim penilai GSB yang menilai kecamatan itu,"katannya.

Menurut keterangan beberapa orang warga kepada tim mengatakan, untuk memusnahkan sampah, mereka langsung membakarnya disekitar rumah yang merupakan lahan kosong. Mereka tidak tahu, bila membakar sampah bisa berdampak pada lingkungan. "Sampah kami bakar saja, pak. Belum tahu, kalau dengan membakar banyak buruknya," kata seorang warga di Nagari Pasia Talang Timur.

Sementara di kawasan saribu rumah gadang, sampah sudah ada yang mengangkut setiap harinya. Sayangnya, sampah yang dikumpulkan dan diangkut petugas sampah, belum dipilah oleh warga. Semuanya masih bercampur antara sampah organik dan non organik. "Kita menyayangkan hal ini. Namun, semua tidak dapat disalahkan kepada warga. Butuh bimbingan dari pemerintah daerah agar mereka lebih memahami pentingnya menjaga lingkungan dari berbagai kerusakan akibat membakar sampah ataupun membuang sampah tanpa pemilihan,"tambahnya.

Ia mengharapkan warga kedepan dalam mengelola sampah bisa mengacu pada prinsip 3R dalam mengelola sampah di sekitar mereka. Adapun prinsip 3R itu adalah Reduce dengan mengurangi penggunaan barang yang akan menghasilkan sampah seperti membawa kantong sendiri. Reuse, yaitu menggunakan kembali barang yang sudah dipakai, seperti plastik kresek  atau di sekolah menggunakan kertas timbal balik pada saat membuat draf serta Recycle dengan melakukan daur ulang terhadap barang yang masih bernilai guna. Untuk ini, pengembangan bank sampah disarankan tim sangat penting dilakukan, sehingga sampah bisa memberi manfaat bagi ekonomi masyarakat.

Kepala Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman dan dan Lingkungan Hidup Solsel, Jon Kapi mengakui masih terdapat beberapa kekurangan di kecamatan tersebut. Namun, pihaknya berjanji akan melakukan pembinaan kepada masyarakat, sehingga warga bisa secara bersama dengan pemerintah menjaga lingkungan.

Sebelumnya tim yang terdiri dari unsur Dinas Lingkungan Hidup Sumbar, LSM dan wartawan ini disambut Asisten I Sekdakab, Fidel Efendi yang mewakili bupati Solsel. Camat Sungai Pagu, Yuli Sastra John, Danramil Kapten Syahrial, Kapolsek Aiptu Agustinus Pigay dan unsur Forkompinka lainnya.

Dalam sambutannya, Asisten I Sekdakab Solsel, Fidel Efendi berharap, Kecamatan Sungai Pagu bisa meraih peringkat satu dalam penilaian Kecamatan Bersih dan Hijau dalam rangkaian GSB tersebut. Ia sangat optimis, kecamatan tersebut bisa menang dengan beberapa keunggulan yang dimiliki kecamatan penuh sejarah tersebut. "Masyarakat dan unsur terkait sudah melaksanakan gotong royong," katanya.

Ia berpesan pula pada jajarannya dan masyarakat, agar upaya menjaga kelestarian lingkungan tidak hanya dilakukan saat penilaian, tapi dapat terimplementasi dalam keseharian.

Camat Sungai Pagu, Yuli Sastra John merupakan salah satu kecamatan tertua di Solsel. Lokasinya yang berada pada 400 hingga 800 meter dari permukaan laut (mdpl) terdiri dari 11 nagari. Di sana melintas sejumlah sungai, seperti Sungai Batang Suliti, Sungai Batang Lawe, Sungai Batang Lolo, dan Sungai Batang Bangko. "Kecamatan ini merupakan daerah yang unik dengan ikon saribu rumah gadang,"tutupnya. (Okt/Rel)

28 Maret 2017

DPP-PA Sumbar 'Roadshow' ke Solsel


SOLSEL, (GemaMedianet.com) – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPP-PA) Sumatera Barat (Sumbar) menggelar kegiatan yang berorientasi pada peningkatan kapasitas perempuan dalam pembangunan, terutama pembangunan keluarga. Kegiatan yang melibatkan warga di Nagari Lubuk Gadang Timur dan Lubuk Gadang Utara, Kecamatan Sangir Solok Selatan (Solsel) dilaksanakan di Hotel Pesona Alam Sangir, Senin (27/3/2017).

Ditemukan Mayat Mengapung di Batang Suliti


SOLSEL, (GemaMedianet.com) - Masyarakat Nagari Pasir Talang, Kecamatan Sungai Pagu, Solok Selatan (Solsel) gempar ketika ditemukan sosok mayat yang mengapung di tepian Batang Suliti dengan kondisi memprihatinkan, Selasa  (28/3/2017).

UNP Wisuda Lulusannya Tiga Hari Berturut-turut


PADANG, (GemaMedianet.com) – Universitas Negeri Padang (UNP) kembali mewisuda 3.048 lulusan, terdiri dari 23 doktor, 487 magister, satu konselor, 528 lulusan S1 dan D4 Non Kependidikan, 1.659 lulusan S1 dan D4 Kependidikan, 315 lulusan Diploma III dan 36 lulusan Diploma II.

27 Maret 2017

Wako Padang Apresiasi Pejuang Pers Berantas Maksiat dan Premanisme


PADANG, (GemaMedianet.com)Walikota Padang H.Mahyeldi Ansharullah didampingi Kasat Pol PP Dian Fakri melakukan dialog langsung bersama Insan Pers dalam memberantas Maksiat dan Premanisme, di Palanta, Senin (27/3/2017).

Puluhan Ribu Bibit Tanaman Produktif Ditanam di Lambuang Bukik


PADANG, (GemaMedianet.com) – Warga dan para pemuda Batu Busuak, Kelurahan Lambuang Bikik supaya jeli melihat potensi di daerahnya sendiri. Soalnya banyak sekali lahan-lahan kosong yang tidak dimanfaatkan, sehingga ditumbuhi rerumputan yang tidak ada manfaatnya.

Sidak Komisi V DPRD Sumbar Nilai Kadis Kebudayaan Tak Paham Manajerial


PADANG, (GemaMedianet.com) – Merespon aspirasi masyarakat yang berkembang Komisi V DPRD Provinsi Sumatera Barat melakukan inspeksi mendadak (sidak) di dua unit pelaksana teknis di bawah Dinas Kebudayaan Provinsi Sumatera Barat, Senin (27/3/2017). Dua unit pelaksana teknis dinas tersebut, yakni UPTD Museum Adityawarman dan UPTD Taman Budaya.

Polsek Sangir Gagalkan Sindikat Pencurian Hewan Ternak


SOLSEL, (GemaMedianet.com)Jajaran personil Polsek Sangir berhasil meringkus lima orang sindikat spesialis Pencuri Ternak (Peter) di Solok Selatan (Solsel) Sumatera Barat, Senin (27/3/2017) sekitar pukul 4.30 WIB.

Bright Gas 5,5 Kg Diluncurkan, Varian Baru Kebutuhan Keluarga Dinamis

PADANG, (GemaMedianet.com) – Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno bersama General Manager Pertamina MOR I, Eldi Hendry didampingi Marketing Branch Manager Sumbar–Riau, Rahman Pramono Wibowo melaunching varian terbaru produk Elpij Bright Gas 5,5 kilogram (Kg), Sabtu (25/3/2017) pagi di Muaro Lasak Kota Padang. 

26 Maret 2017

Humas Kota Padang Ikuti Deklarasi Melawan Hoax


BALI, (GemaMedianet.com) – Wabah hoax yang merebak di tengah masyarakat beberapa tahun terakhir kian meresahkan. Pasalnya, berita palsu jika dikampanyekan terus-menerus berpotensi dianggap menjadi kebenaran yang menyesatkan, dan ujungnya akan melemahkan kredibilitas dan kepercayaan bangsa.

Tim Penggerak PKK Solsel Optimalkan Nagari Binaan 2017

Ny.Suriati Muzni Meninjau Tanaman HATINYA PKK

SOLSEL, (GemaMedianet.com) – Untuk mewujudkan harapan terbangunnya kesejahteraan masyarakat lewat pemberdayaan kesejahteraan keluarga, Tim Penggerak PKK Solok Selatan bersama-sama dengan TP PKK Kecamatan, mengoptimalkan pengurus PKK untuk melakukan pembinaan ke Nagari Binaan Gerakan PKK Tahun 2017 yang tersebar di 5 kecamatan dari tujuh kecamatan yang ada di kabupaten berjuluk Sarantau Sasurambi ini. 

Jembatan Rusak di Pinti Kayu, Ketua TP PKK Solsel Akan Surati OPD Terkait Untuk Memperbaiki

SOLSEL, (GemaMedianet.com) -- Ketua Tim Penggerak PKK Solok Selatan (Solsel), Ny.Suriati Muzni akan menyurati Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait rusaknya jembatan di Pinti Kayu nagari Pakan Rabaa Timur. Hal ini menindaklanjuti laporan walinagari setempat, Yaldison ketika TP PKK Solsel tengah melakukan pembinaan, Jumat (24/3/2017) lalu.

Solsel Bersiap Jadi Tuan Rumah Lomba Lari Jarak Jauh se-Sumbar

SOLSEL, (GemaMedianet.com) -- Pemerintah Solok Selatan (Solsel) akan mengadakan iven olahraga lari 10 kilometer se-Sumatera Barat (Sumbar). Iven itu nantinya, peserta akan melewati kawasan Saribu Rumah Gadang (SRG) yang merupakan lokasi finis. Dengan mengusung tema '10K Saribu Rumah Gadang'.

25 Maret 2017

Presiden Jokowi Resmikan Tugu Titik Nol Peradaban Islam Indonesia di Kota Tertua Barus

BARUS,  (GemaMedianet.com) -  Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan tugu titik nol peradaban Islam di Nusantara di dari Kota Tua Barus Tapanuli Tengah,  Sumatera Utara, Jum'at (24/3/2017).

SOP Pelayanan Informasi Publik Pemko Padang Disosialisasikan

PADANG,  (GemaMedianet.com) – Keberadaan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di Pemerintah Kota (Pemko) Padang sangat penting selaku pengelola dan penyampai dokumen yang dimiliki badan publik sesuai amanat Undang Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP).

Kota Padang Raih Award "Media Relations" Terbaik 2017

BALI,  (GemaMedianet.com) - Hubungan harmonis kepemimpinan Mahyeldi-Emzalmi, Kota Padang dengan insan pers kembali mendapatkan apresiasi.

24 Maret 2017

Pewarta Solsel Kecam Intimidasi Oknum Sekuriti Terhadap Wartawan Saat Meliput

Ilustrasi
SOLSEL, (GemaMedianet.com) Sekelompok Pewarta Solok Selatan (Solsel) mengecam tindakan oknum Sekuriti (petugas keamanan) di Juliet Pub and Karaoke, Kota Padang. Oknum sekuriti yang diduga melakukan tindakan intimidasi saat pewarta sedang meliput razia pekat oleh Sat Pol PP di tempat hiburan tersebut pada, Jumat (24/3/2017) pukul 02.30 WIB dinihari seperti diberitakan harianhaluan.com.

Bisa Dicoba Kiat Sukses ala Ali Sabri Abbas

SOLSEL, (GemaMedianet.com)- Perjalanan karir Ali Sabri Abbas ini terbilang bagus. Mulai berkarir sebagai PNS golongan rendah kemudian sebagai walinagari hingga saat ini menjadi ketua partai dan wakil di DPRD Solsel."Saya berusaha memberikan yang terbaik namun butuh dukungan bersama,"ucapnya.

Kunker ke Barus, Presiden Jokowi Tiba di Tapanuli Tengah


TAPANULI TENGAH, (GemaMedianet.com) – Usai melakukan kunjungan kerja (kunker) di Batam, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo melanjutkan perjalanan menuju Tapanuli Tengah, Sumatra Utara melalui Bandara Internasional Hang Nadim, Kamis (23/3/2017) pukul 17.10 WIB dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan RJ-85. 

23 Maret 2017

Pemko Pindahkan Ratusan Pedagang Pasar Bandar Buat


PADANG, (GemaMedianet.com) — Pemerintah Kota Padang memindahkan ratusan pedagang Pasar Bandar Buat Kecamatan Lubuk Kilangan yang menempati tempat parkir dan badan jalan ke lantai II bangunan pasar tersebut. Proses pemindahan berjalan lancar berkat kerjasama antara pedagang, TNI, POLRI, Satpol PP, dan pegawai Dinas Perdagangan Kota Padang.

TPA yang Represantatif Hadir di Pasar Raya


PADANG, (GemaMedianet.com) — Kesibukan orang tua bukan alasan untuk menelantarkan anak-anaknya. Tidak terkecuali orang tua yang berdagang atau beraktifitas di Pasar Raya Padang, karena saat ini sudah disediakan Tempat Penitipan Anak (TPA) yang representatif. 

Bupati Solsel Kukuhkan Tim Teknis dan FKSS Periode 2016 - 2018

SOLSEL, (GemaMedianet.com) --- Tim teknis dan Forum Kabupaten Sehat Solok Selatan (FKSS) periode 2016-2018 dikukuhkan Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria. Pengukuhan bertempat di aula Sarantau Sasurambi, Kamis (23/3/2017), dan dihadiri ketua TP-PKK Ny.Suriati Muzni Zakaria, Kepala Dinkes Novirman dan beberapa orang kepala OPD Kabupaten Solok Selatan.

LKKS Sumbar Berikan Bantuan di Solsel


SOLSEL, (GemaMedianet.com) – Tahun ini Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Keluarga (LKKS) Sumatera Barat melaksanakan program Pembangunan 1000 Jamban Sehat di 9 Kabupaten/Kota di Sumatera Barat, yaitu Kab. Solok, Pasaman Barat, Lima Puluh Kota, Padang Pariaman, Sijunjung, Dharmasraya, Solok Selatan, Kota Payakumbuh dan Kota Padang.

22 Maret 2017

Layang-layang Putus Jadi Petaka, Yudi "Dipermak" Belasan Orang


PADANG,  (GemaMedianet.com Hanya karena persoalan layangan putus,  Yudi (28) jadi korban dugaan pengeroyokan belasan orang di Jembatan Pemancungan Pasa Gadang, Padang Selatan,  Rabu (22/7/2017) sore.

Warga Hilang, TNI Bersama Masyarakat Bersiap Susuri Hutan TNKS

Danramil 03/Muaro Labuah, Kapt. Inf. Syarial bersama warga

SOLSEL,  (GemaMedianet.com) –  Tak kunjung kembalinya rombongan  warga pemikat burung dari kawasan TNKS Nagari Luak Kapau Pauh Duo Kecamatan Pauh Duo, Solok Selatan (Solsel) ke pangkuan keluarga masing-masing.

Ratusan Anak TK Padati Polres Solsel

SOLSEL, (GemaMedianet.com) - Ratusan anak sekolah Taman kanak-kanak (TK) memadati Mako Polres Solok Selatan (Solsel). Diperkirakan berjumlah 200 anak. Mereka didampingi orangtua bertemu langsung Kapolres Solsel, AKBP Ahmad Basahil dan Kasat Lantas, AKP Mazwanda pada Selasa (21/3/2017).

21 Maret 2017

Nagari Lubuak Malako dan Padang Ganting Dapat Pendampingan Walhi


SOLSEL, (GemaMedianet.com) — Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Sumatera Barat (Sumbar) menggulirkan program Pengelolaan Hutan untuk kesejahteraan perempuan di dua nagari di Solok Selatan (Solsel).

Kepala MAN 2 Padang Sampaikan Aspirasi Lingkungan dan Kemacetan


PADANG, (GemaMedianet.com) – Jelang ujian mid semester, siswa-siswi MAN 2 Gunung Pangilun Padang melaksanakan gotong royong (Goro) bersama di lingkungan sekolah, Sabtu (11/3/2017). 

Yufrinaldi Ketua Umum IKPS Batam Periode 2017-2022


BATAM, (GemaMedianet.com) – Yufrinaldi terpilih menjadi ketua umum Ikatan Keluarga Pesisir Selatan (IKPS) Kota Batam setelah meraih suara terbanyak dalam musyawarah besar (Mubes) IKPS di Asrama Haji Batam Center, Minggu (19/3/2017). 

20 Maret 2017

KKI Warsi Berikan Pendampingan Pertanian Organik di Simancuang


SOLSEL, (GemaMedianet.com) – Komunitas Konservasi Indonesia (KKI) Warsi ikut mendukung dalam upaya kemandirian pangan di Solok Selatan (Solsel) yang berbasis kearifan lokal. Hal ini diwujudkan dengan melatih petani di daerah Simancuang, Nagari Alam Pauh Duo, Kecamatan Pauh Duo untuk membudidayakan pertanian organik. 

Dahsyat, 10 Objek Wisata Solsel Diusulkan Nominasi Anugerah Pesona Indonesia

SOLSEL, (GemaMedianet.com) -- Sepuluh objek wisata Solok Selatan (Solsel) diusulkan untuk nominasi anugerah pesona Indonesia dari 14 kategori yang diminta dinas Pariwisata Sumbar. "Untuk 4 kategori lainnya kita tidak punya sebab yang berkaitan dengan potensi wisata laut seperti berselancar dan menyelam," sebut Kepala Bidang Pengembangan dan Pemasaran Pariwisata, Dinas Budaya dan Pariwisata Solsel, Yolni Hendra, Minggu (19/3/2017).

SMK N 1 Sumbar Sekolah Boarding School Pembangun Karakter Bangsa



PADANG, (GemaMedianet.com) – Meski Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Sumatera Barat merupakan sekolah kejuruan, namun sekolah ini tidak hanya diajarkan mata pelajaran umum. Di sekolah yang beralamat di Jalan M.Yunus Lubuk Lintah Kecamatan Kuranji Kota Padang ini juga diajarkan mata pelajaran tambahan, seperti pendidikan agama tingkat lanjut, tausiyah, kegiatan ekstrakurikuler, dan pendidikan yang berorientasi pada pembangunan karakter bangsa.

Wakil Ketua DPRD Kota Padang Wahyu Iramana Putra, Jemput Aspirasi Masyarakat Tiga Kecamatan



PADANG, (GemaMedianet.com) – Wakil Ketua DPRD Kota Padang, Wahyu Iramana Putra memanfaatkan reses masa persidangan pertama DPRD Kota Padang tahun 2017 di wilayah daerah pemilihan (dapil) Padang, Utara, Padang Barat, dan Nanggalo guna menjemput aspirasi masyarakat.

Bersama Polres Padang Panjang, Wako Hendri Arnis Pimpin Langsung Razia Balapan Liar


PADANG PANJANG, (GemaMedianet.com) — Personel gabungan razia/balap liar yang dilakukan Pemerintah Kota Padang Panjang dan Polres Padang Panjang, Minggu Pagi (19/3), sekira pukul 02-30, berhasil menjaring puluhan sepeda motor, di sepanjang Jl Sudirman dan Jl M. Yamin, 

19 Maret 2017

Wako Padang Resmikan Rumah di Pidie Jaya Aceh


PIDIE JAYA (GemaMedianet.com) — Walikota Padang, Sumatera Barat, H. Mahyeldi Ansharullah, SP, Senin (20/3/2017) meresmikan rumah untuk korban gempa di Gampong Blang Iboh, Kecamatan Bandar Baru Kabupaten Pidie Jaya (Pijay), Provinsi Aceh.

H.Abdul Rahman Blusukan ke Pasar Tradisional Sungai Lambai

SOLSEL, (GemaMedianet.com) -- Wakil Bupati Solok Selatan (Solsel) H. Abdul Rahman melakukan blusukan ke pasar tradisional di Jorong Sungai Lambai, Nagari Lubuk Gadang Selatan (LGS), Kecamatan Sangir, Minggu (19/3/2017).

18 Maret 2017

Persemaian Budaya dan Film Memperkuat Kebangsaan Hadir di Padang Panjang


PADANG, (GemaMedinet.com) – Pemerintah Kota Padang Panjang melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga bekerjasama dengan Direktorat Sejarah, Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI menyelenggarakan acara Persemaian Nilai Budaya 2017 dengan tema “Media Inspiratif Memperkuat Kebangsaan”.

Walikota Padang Kagumi Sosok Erdogan


PADANG, (GemaMedianet.com) – Walikota Padang Mahyeldi menyampaikan kekagumannya terhadap Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan dalam menghormati lambang negaranya. Hal itu dikatakan Mahyeldi di depan ASN Pemko Padang, disela-sela pelaksanaan upacara bulanan Pemko Padang di pelataran parkir GOR H. Agus Salim, Jumat (17/3/2017).

PRAKIRAAN CUACA

eqmap

SOLOK SELATAN

Iklan

POLDA SUMBAR

iklan

TwitterFacebookGoogle PlusInstagramRSS FeedEmail

Statistic Views

Pasang Iklan Anda Di Sini

   

iklan

Terkini

Iklan

FACEBOOK - TWEETER

Iklan

BUMN

Iklan

REMAJA DAN PRESTASI

Iklan

iklan

Arsip Blog